Syarat dan Ketentuan Umum Layanan

1. Definisi

1.1Kata-kata berikut yang digunakan di dalam Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini memiliki arti sebagai berikut:

  1. “AFILIASI” berarti pihak pengendali salah satu Pihak, anak perusahaan salah satu Pihak atau pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan salah satu Pihak.

  2. “MITRA” adalah penjual barang dan/atau jasa yang bidang usahanya tidak dilarang oleh perundang-undangan di Indonesia dan yang memiliki gerai yang bekerjasama dalam penyediaan layanan YOUTAP INDONESIA, termasuk telah setuju untuk memberikan data yang diperlukan oleh YOUTAP INDONESIA dan telah menggunakan platform YOUTAP INDONESIA, yang kemudian dimanfaatkan untuk menggunakan Layanan.

  3. “PELANGGAN” adalah konsumen MITRA yang melakukan Transaksi.

  4. “PARA PIHAK” adalah YOUTAP INDONESIA dan MITRA secara bersama-sama.

  5. “YOUTAP INDONESIA” adalah PT. Mitra Digital Sukses, sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia yang menyediakan solusi digital termasuk layanan perangkat lunak untuk kasir pencatatan penjualan, layanan pembayaran, serta perangkat keras penunjang pemrosesan transaksi pembayaran.

  6. “SYARAT DAN KETENTUAN UMUM LAYANAN” adalah syarat dan ketentuan YOUTAP INDONESIA dan sebagaimana dapat diubah dan ditambah dari waktu ke waktu oleh YOUTAP INDONESIA.

  7. “FORMULIR APLIKASI” adalah formulir yang berisi mengenai detil jenis layanan yang akan diberikan kepada MITRA yang ditandatangani Para Pihak yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini.

  8. “LAYANAN” adalah penyediaan layanan, berupa hardware dan software oleh YOUTAP INDONESIA kepada MITRA sesuai dengan jenis layanan yang dirinci pada Formulir Aplikasi serta Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini, termasuk namun tidak terbatas pada layanan digital untuk transaksi non-tunai menggunakan kartu debit/kredit/uang elektronik dan layanan POS.

  9. “POS” berarti Hardware dan Software untuk kasir digital atau point of sales.

  10. “SOFTWARE” berarti perangkat lunak sistem kasir yang digunakan untuk registrasi transaksi penjualan.

  11. “HARDWARE” adalah perangkat keras yang disediakan oleh YOUTAP INDONESIA untuk jasa pemrosesan Layanan, termasuk untuk digunakan di tempat MITRA yang berfungsi untuk membaca dan memproses data elektronis dari YOUTAP INDONESIA, melakukan autorisasi dan validasi transaksi pembayaran.

  12. “UANG ELEKTRONIK” adalah layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh masing-masing penerbit Uang Elektronik bagi pengguna yang telah mendaftar dan tercatat sebagai pengguna layanan Uang Elektronik.

  13. “HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL” berarti nama, logo, merek dagang, paten, hak cipta, rahasia dagang, desain industri atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya yang dilindungi oleh Negara dan diatur dalam undang-undang.

  14. “HARI KERJA” berarti standar jam kerja operasional YOUTAP INDONESIA yang dari jam 9:00 sampai jam 17:00 WIB setiap hari tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur di Indonesia atau sebagaimana diinformasikan secara tertulis dari waktu ke waktu oleh YOUTAP INDONESIA.

  15. “KEADAAN MEMAKSA” berarti suatu kejadian yang di luar kekuasaan Pihak yang bersangkutan dan terjadi bukan karena kesalahan atau kelalaian Pihak tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas, kebakaran, badai, banjir, gempa bumi, ledakan, kecelakaan, tindakan musuh, perang, pertentangan, pemberontakan, sabotase, epidemi, pembatasan karantina, perselisihan perburuhan umum, embargo transportasi, pemadaman listrik atau tindakan atau kelalaian (termasuk penolakan atau kegagalan untuk menyetujui) dari setiap orang ketiga, termasuk karyawan, subkontraktor, pemasok, dan Layanan Pihak Ketiga, yang mengakibatkan Pihak tersebut tidak dapat memenuhi kewajiban kinerjanya berdasarkan kesepakatan.

  16. “PIHAK KETIGA” berarti institusi lain di luar dan selain YOUTAP INDONESIA yang tidak memiliki koneksi langsung ke layanan, tetapi memungkinkan berperan untuk performa Layanan (contohnya penyedia jaringan telekomunikasi, kurir).

  17. “TRANSAKSI” berarti setiap transaksi untuk penyediaan barang dan atau jasa yang diproses menggunakan dan melalui Layanan.

1.2Layanan serta Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini berlaku untuk jangka waktu sebagaimana tertuang dalam Formulir Aplikasi (“Masa Berlaku”) yang secara otomatis akan diperpanjang terus-menerus, kecuali salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan tertulis untuk tidak memperpanjang Layanan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum habisnya Masa Berlaku.

2. Ruang Lingkup dan Mekanisme Layanan

2.1Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini mengatur kerjasama dalam pemberian Layanan oleh YOUTAP INDONESIA kepada Mitra.

2.2MITRA dengan ini setuju dan menunjuk YOUTAP INDONESIA berdasarkan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini, dan memberikan kewenangan kepada YOUTAP INDONESIA untuk memproses Transaksi sebagai bagian dari Layanan.

2.3Mekanisme Layanan:
  1. Pelanggan melakukan Transaksi di toko MITRA dengan cara-cara yang ditentukan melalui Layanan.

  2. Nominal Transaksi dimasukkan dengan cara-cara yang ditentukan melalui Layanan.

  3. Pelanggan melakukan otorisasi Transaksi.

3. Hak dan Kewajiban

3.1Hak dan kewajiban YOUTAP INDONESIA

  1. YOUTAP INDONESIA berhak mendapatkan pembayaran atas Layanan yang diberikan kepada MITRA maupun biaya lainnya sesuai dengan ketentuan dalam Formulir Aplikasi serta Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini.

  2. YOUTAP INDONESIA wajib melakukan pembayaran kepada MITRA atas Transaksi yang dilakukan melalui Layanan.

  3. YOUTAP INDONESIA dapat sewaktu-waktu atas kebijakannya sendiri, dengan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada MITRA untuk melakukan pengakhiran Layanan.

  4. Dalam hal terjadi pengakhiran, YOUTAP INDONESIA berhak untuk melakukan penarikan semua Hardware maupun peralatan lainnya yang telah disediakan kepada MITRA.

  5. YOUTAP INDONESIA berhak untuk mengalihkan hak dan kewajibannya, sebagian maupun keseluruhan kepada Afiliasinya tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari MITRA.

  6. YOUTAP INDONESIA berhak untuk menghentikan Layanan untuk MITRA apabila berdasarkan temuan dan keputusan YOUTAP INDONESIA, terdapat indikasi dan/atau bukti bahwa MITRA melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini dan/atau Formulir Pemesanan dan/atau ketentuan hukum yang berlaku.

  7. YOUTAP INDONESIA wajib menyediakan Layanan sesuai dengan jenis layanan yang dirinci dalam Formulir Aplikasi.

  8. YOUTAP INDONESIA dapat sewaktu-waktu memberikan update terbaru, baik terhadap Hardware maupun Software.

3.2Hak dan kewajiban MITRA
  1. MITRA berhak untuk mendapatkan Layanan sesuai dengan jenis layanan yang dirinci dalam Formulir Aplikasi.

  2. MITRA berhak untuk mendapatkan dukungan teknis maupun operasional, serta menerima edukasi terkait penggunaan POS.

  3. MITRA wajib melakukan pembayaran atas Layanan yang digunakan sebagaimana tercantum dalam Formulir Aplikasi.

  4. MITRA wajib memberikan informasi yang dibutuhkan YOUTAP INDONESIA seperti identitas perusahaan/bisnis serta penanggungjawabnya dan informasi terkait usaha MITRA seperti logo, daftar produk/layanan MITRA, harga maupun keterangan lainnya.

  5. MITRA wajib memastikan semua cabangnya untuk menerima semua perwakilan resmi YOUTAP INDONESIA dan mengetahui mengenai penggunaan Layanan, serta menginformasikan kepada YOUTAP INDONESIA apabila ada cabang tambahan atau cabang yang ditutup.

  6. MITRA wajib mematuhi ketentuan terhadap prosedur penggunaan yang berkaitan dengan Layanan yang diberikan oleh YOUTAP INDONESIA kepada MITRA, baik itu secara tertulis ataupun pada saat kunjungan langsung.

  7. MITRA wajib berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga dan memelihara dengan baik POS yang berada pada gerai MITRA.

  8. MITRA wajib untuk sesegera mungkin memberitahukan kepada YOUTAP INDONESIA apabila terdapat gangguan/kerusakan/kehilangan terhadap POS.

  9. MITRA wajib untuk memiliki seluruh lisensi dan perizinan yang diperlukan untuk terlibat dalam kegiatan usaha penyediaan barang/jasa sesuai dengan bidang usaha MITRA.

  10. MITRA wajib untuk menjamin dan memastikan bahwa MITRA tidak melakukan kegiatan usaha yang tidak melanggar hukum, peraturan perundang-undangan, ketertiban umum, termasuk MITRA menjamin tidak menjual/menyediakan/mengunggah produk-produk/jasa/gambar yang mengandung unsur kekerasan, perjudian, bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, norma-norma yang berlaku di masyarakat.

  11. Dalam hal pengakhiran Layanan, MITRA wajib untuk mengembalikan seluruh Hardware beserta peralatan pendukung lainnya yang diberikan kepada MITRA.

4. Biaya dan Pembayaran

4.1Atas penyediaan Layanan, maka MITRA sepakat untuk membayar sejumlah biaya kepada YOUTAP INDONESIA sebagaimana tercantum dalam Formulir Aplikasi.

4.2YOUTAP INDONESIA berhak mendapatkan pembayaran atas Layanan yang diberikan kepada MITRA maupun biaya lainnya sesuai dengan ketentuan dalam Formulir Pemesanan serta Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini.

4.3MITRA memahami dan menjamin bahwa MITRA akan bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran pajaknya sendiri sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.

4.4Biaya Layanan dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu dari MITRA melalui cara dan sarana yang ditentukan oleh YOUTAP INDONESIA.

5. Kehilangan atau Kerusakan POS

5.1MITRA bertanggung jawab dalam hal terjadi kehilangan atau kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada POS dan dengan ini setuju bahwa MITRA akan memberitahukan YOUTAP INDONESIA, yang akan bertanggung jawab untuk memperbaiki atau mengganti seluruh atau sebagian POS yang hilang atau rusak atas biaya yang harus dibayar oleh MITRA sebagaimana diatur pada Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini. YOUTAP INDONESIA akan memberikan laporan layanan untuk MITRA yang mencantumkan deskripsi kerusakan.

5.2MITRA dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan selamanya membebaskan YOUTAP INDONESIA dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, kewajiban, tindakan, tuntutan, kerugian, penyelidikan, proses atau putusan yang akan ditimbulkan atau harus dibayar oleh YOUTAP INDONESIA sehubungan dengan setiap kehilangan, atau kerusakan atas Hardware. YOUTAP INDONESIA akan menanggung biaya perbaikan POS yang rusak, dengan syarat kerusakan tersebut (sebagaimana diuraikan dalam laporan pemeriksaan yang akan disediakan oleh YOUTAP INDONESIA untuk MITRA) tidak disebabkan oleh kelalaian, penanganan yang tidak tepat, penyalahgunaan (termasuk penggunaan POS tidak sesuai dengan spesifikasi teknis, operasional atau spesifikasi pabrikan lainnya yang telah diberitahukan oleh YOUTAP INDONESIA kepada MITRA atau sebagaimana tercantum dalam petunjuk penggunaan POS atau Dokumentasi atau apabila POS telah dimodifikasi atau digunakan dengan perangkat lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari YOUTAP INDONESIA) oleh MITRA.

6. Pernyataan dan Jaminan POS

MITRA menyatakan dan menjamin hal berikut:

6.1MITRA memiliki kewenangan yang sah secara hukum untuk menandatangani Formulir Pemesanan dan dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan terkait pelaksanaan Layanan ini serta melaksanakan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini dan mempunyai segala izin dan persetujuan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

6.2Dalam melaksanakan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini, MITRA setuju untuk mematuhi dan bekerja sama dengan YOUTAP INDONESIA untuk mematuhi kebijakan Know Your Customer (KYC) yang diadopsi oleh YOUTAP INDONESIA sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku, namun tidak terbatas pada mengumpulkan seluruh dokumentasi dan informasi lainnya dari MITRA yang diperlukan.

6.3MITRA dengan ini menyatakan persetujuannya untuk agar YOUTAP INDONESIA dapat menggunakan informasi kontak bisnis MITRA, karyawan dan kontraktornya untuk hubungan bisnis dengan YOUTAP INDONESIA dan afiliasinya serta untuk memberikan penawaran jasa lainnya.

6.4MITRA tidak memindahkan POS tanpa sepengetahuan dan/atau pemberitahuan ke pihak YOUTAP INDONESIA dan/atau memindah tangankan POS ke pihak yang tidak berwenang dan/atau tidak sesuai dengan jenis usaha yang telah diinformasikan.

6.5MITRA tidak mengalihkan hak dan kewajibannya, baik sebagian maupun keseluruhan berdasarkan Layanan ini, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari YOUTAP INDONESIA.

6.6Dalam melaksanakan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini, MITRA tidak menawarkan, menjanjikan, menyetujui dan mengesahkan setiap pembayaran atau pemberian, baik secara langsung maupun tidak langsung, barang atau materi yang memiliki nilai (termasuk namun tidak terbatas pada hadiah, hiburan, makanan, diskon atau kredit pribadi, atau manfaat lainnya yang tidak dibayarkan pada nilai pasar) yang mempunyai tujuan atau efek penyuapan dan korupsi yang berlaku di Indonesia atau peraturan dan hukum yang melarang setiap tindakan yang melanggar hukum untuk tujuan mendapatkan manfaat komersil bisnis.

7. Ganti Rugi dan Pembatasan Tanggung Jawab

7.1MITRA dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan selamanya membebaskan YOUTAP INDONESIA dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, kewajiban, tindakan, tuntutan, kerugian, penyelidikan, proses atau putusan yang akan ditimbulkan atau harus dibayar oleh YOUTAP INDONESIA sehubungan dengan:

  1. Tindakan penipuan, kriminal atau tindakan tidak sah apapun yang dilakukan dengan menggunakan Hardware dan/atau Software yang disediakan oleh YOUTAP INDONESIA kepada MITRA, baik tindakan tersebut dilakukan oleh MITRA (sebagaimana adanya) atau perwakilan, agen, karyawan atau kontraktornya.

  2. Setiap akses pihak ketiga yang tidak sah atau ilegal terhadap Informasi Rahasia dari MITRA dan/atau pelanggan MITRA yang terjadi bukan karena kesalahan atau kelalaian YOUTAP INDONESIA.

  3. Setiap tindakan kelalaian atau yang disengaja atau kealpaan oleh MITRA (sebagaimana adanya) atau Perwakilannya masing-masing.

  4. Segala pelanggaran atas syarat dan ketentuan terkait Layanan oleh MITRA dan tidak terbatas atas pelanggaran peraturan perundang –undangan untuk pelaksanaan penggunaan layanan/jasa.

  5. Setiap kehilangan, atau kerusakan atas Hardware dan Software maupun POS atau kerugian langsung.

7.2Kewajiban YOUTAP INDONESIA atas setiap klaim yang diajukan sehubungan dengan pemberian Layanan tidak akan melebihi jumlah yang setara dengan keseluruhan biaya yang dibayarkan oleh MITRA kepada YOUTAP INDONESIA sehubungan dengan pemberian Layanan dalam periode 3 (tiga) bulan sebelum terjadinya pelanggaran.

7.3MITRA setuju untuk melepaskan YOUTAP INDONESIA dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga. MITRA wajib untuk memberitahu YOUTAP INDONESIA sesegera mungkin jika MITRA mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga YOUTAP INDONESIA dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.

7.4YOUTAP INDONESIA tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, konsekuensial, insidental atau hilangnya data, peluang pendapatan, keuntungan, gangguan usaha atau biaya asuransi terlepas dari apakah kerugian tersebut dapat diduga atau salah satu Pihak memperkirakan atau telah diberitahu akan kemungkinan kerugian tersebut.

7.5YOUTAP INDONESIA tidak bertanggung jawab atas klaim, pengeluaran, kewajiban, ganti rugi atau biaya lainnya yang muncul akibat dari pelanggaran oleh MITRA terhadap ketentuan apapun dari Perjanjian termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan Hardware dan Software yang disediakan oleh YOUTAP INDONESIA yang dipadankan dengan peralatan, perangkat lunak atau layanan lain, penggunaan mana belum disetujui oleh YOUTAP INDONESIA atau adanya modifikasi atau perubahan Hardware dan Software yang disediakan oleh YOUTAP INDONESIA yang tidak sah.

8. Hak dan Kekayaan Intelektual (HAKI)

8.1Nama, logo, merek, atau segala jenis HAKI lainnya yang merupakan milik masing-masing pihak menjadi milik masing-masing pihak.

8.2MITRA dilarang menggunakan nama, logo, merek, atau segala jenis HAKI lainnya yang dimiliki oleh YOUTAP INDONESIA tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari YOUTAP INDONESIA.

9. Penilaian Kerjasama

YOUTAP INDONESIA berhak atas kebijakannya sendiri, mempertimbangkan kelanjutan penyediaan Layanan kepada MITRA apabila terjadi hal-hal berikut:

  1. MITRA tidak menunjukkan itikad baik dengan tidak mematuhi Formulir Aplikasi, Syarat dan Ketentuan Umum Layanan, dan Ketentuan Layanan yang disetujui oleh MITRA.

  2. Apabila dalam waktu 7 (tujuh) hari tidak terdapat Transaksi, YOUTAP INDONESIA berhak melakukan follow up kepada MITRA terkait penggunaan Layanan.

  3. Apabila tidak terdapat konfirmasi dari MITRA dan keadaan tidak terdapat Transaksi berlangsung selama 14 (empat belas) hari, secara sepihak YOUTAP INDONESIA dapat sewaktu-waktu memutuskan untuk memberhentikan Layanan dan melaksanakan pengakhiran sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini tanpa konsekuansi dan ganti rugi untuk MITRA.

10. Informasi Layanan

10.1Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Layanan, maka MITRA dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis melalui titik pelayanan YOUTAP INDONESIA.

Situs:

www.youtap.id

Layanan Pelanggan: Senin sampai dengan Jumat (09.00-17.00)
Telpon/WhatsApp messaging: 0811-1500-523
Call Center: 1500-523
Email: halo@youtap.id

Social Media:
Facebook: Youtap Indonesia
Instagram: @youtap.id
Twitter: @Youtapid

10.2YOUTAP INDONESIA akan melakukan verifikasi data MITRA yang tersimpan pada sistem YOUTAP INDONESIA dan YOUTAP INDONESIA berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan MITRA dalam hal data MITRA yang diverifikasi tidak sesuai dengan data MITRA yang tersimpan pada sistem YOUTAP INDONESIA.

10.3YOUTAP INDONESIA akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pertanyaan/keluhan/pengaduan MITRA serta memberikan jawaban kepada MITRA sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di YOUTAP INDONESIA setelah YOUTAP INDONESIA menerima pertanyaan/keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 5 hari kerja.

11.Konsekuensi dan Pengakhiran

11.1Dalam hal MITRA memutuskan untuk memberhentikan Layanan, MITRA dapat menghubungi YOUTAP INDONESIA selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum pengakhiran.

11.2Pengakhiran dapat dilakukan apabila salah satu pihak mengalami pailit.

11.3Pada habisnya masa berlaku atau pengakhiran dari Layanan sesuai dengan ketentuan Syarat dan Ketentuan Umum Layanan, YOUTAP INDONESIA berhak melakukan penarikan semua Hardware, Software, dan peralatan lainnya, telah disediakan kepada MITRA, atau salinan yang diperkenankan, sehubungan dengan penyediaan Layanan. MITRA wajib memberikan keterangan lengkap yang dibutuhkan, termasuk tetapi tidak terbatas pada lokasi peralatan, dan kontak dari penanggung jawab. Untuk menghindari keragu-raguan, kegagalan MITRA dalam memberikan keterangan tersebut tidak menghalangi YOUTAP INDONESIA dalam melaksanakan hak ini.

11.4Dalam waktu maksimal 7 (tujuh) hari kalender setelah pengakhiran Layanan, YOUTAP INDONESIA akan memberikan tagihan atas seluruh jumlah yang harus dibayarkan oleh MITRA berdasarkan Formulir Aplikasi. MITRA akan membayar jumlah tertagih dalam waktu maksimal 5 (lima) hari kalender sejak penerimaan tagihan.

11.5Apabila diminta oleh YOUTAP INDONESIA, MITRA akan mengembalikan semua Hardware, Software dan peralatan lainnya dan semua materi lain yang telah disediakan oleh YOUTAP INDONESIA, termasuk salinan yang diizinkan, dan menghapuskan seluruh Software milik YOUTAP INDONESIA dan materi lain dari sistemnya. Setelah pengembalian atau penghapusan tersebut, MITRA juga akan menerbitkan sertifikat tertulis kepada YOUTAP INDONESIA sebagai konfirmasi pengembalian dan/atau penghapusan semua hak milik dan informasi dari YOUTAP INDONESIA (yang mana yang berlaku), termasuk Hardware, Software dan peralatan lainnya.

11.6Dalam hal Layanan diakhiri, seluruh kewajiban dari tiap pihak akan berakhir dan tidak ada pihak yang dapat mengajukan tuntutan terhadap pihak lain sehubungan dengan hal apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan Layanan ini kecuali untuk (a) pelanggaran kewajiban sebelumnya berdasarkan Layanan; dan (b) kewajiban atas biaya yang harus dibayarkan oleh pihak yang bersangkutan berdasarkan penggunaan Layanan.

11.7MITRA setuju untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga pengakhiran yang dimaksud dapat dilakukan tanpa memerlukan putusan pengadilan dan cukup dilakukan dengan pemberitahuan tertulis dari MITRA atau kesepakatan antara MITRA dan YOUTAP INDONESIA.

12. Kerahasiaan

12.1“Informasi Rahasia” adalah data dan informasi-informasi yang:

  1. Diberikan oleh YOUTAP INDONESIA kepada MITRA, ataupun oleh MITRA kepada YOUTAP INDONESIA, sehubungan dengan pelaksanaan pemberian Layanan dari YOUTAP INDONESIA kepada MITRA termasuk data pribadi dan identitas MITRA, data transaksi, merupakan hak milik dari, mengenai atau dibuat oleh salah satu Pihak.

  2. Mengenai salah satu pihak yang memberikan pihak tersebut suatu manfaat bisnis.

  3. Atau kesempatan untuk memperoleh manfaat tersebut atau pengungkapan dari hal mana dapat merugikan kepentingan pihak tersebut.

12.2Informasi Rahasia tidak termasuk informasi yang:

  1. Telah dikuasai oleh pihak yang menerima informasi tersebut sebelum pengungkapan oleh pihak lainnya.

  2. Telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima informasi.

  3. Diterima oleh salah satu pihak dan pihak ketiga tanpa adanya kewajiban untuk merahasiakan, atau

  4. Menjadi tersedia bagi masyarakat umum tanpa adanya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini.

12.3MITRA untuk tidak mengungkapan Informasi Rahasia apapun dari YOUTAP INDONESIA ke pihak ketiga lainnya tanpa memperoleh terlebih dahulu persetujuan dari YOUTAP INDONESIA dan akan mengambil langkah-langkah yang dinilai wajar guna mencegah pengungkapan Informasi Rahasia tersebut.

12.4MITRA setuju bahwa akses terhadap Informasi Rahasia hanya akan diberikan kepada Direktur, karyawan, akuntan dan/atau penasehat, afiliasi atau agen masing-masing Pihak, yang memerlukan akses terhadap Informasi Rahasia untuk penggunaan Layanan dan dengan basis Need to Know masing-masing Pihak bertanggung jawab atas penggunaan Informasi Rahasia oleh pihak-pihak tersebut di atas.

12.5YOUTAP INDONESIA berhak untuk mengungkapkan Informasi Rahasia jika diwajibkan atau diminta atas perintah pengadilan atau oleh otoritas pemerintah manapun.

12.5YOUTAP INDONESIA berhak untuk mengungkapkan Informasi Rahasia jika diwajibkan atau diminta atas perintah pengadilan atau oleh otoritas pemerintah manapun.

13. Keadaan Memaksa (Force Majeur)

13.1Dalam hal terjadi Keadaan Memaksa, maka pihak yang mengalami hal tersebut wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya mengenai terjadinya Keadaan Memaksa tersebut selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal terjadinya Keadaan Memaksa. Segera setelah diterimanya pemberitahuan tertulis tentang adanya Keadaan Memaksa tersebut, MITRA dan YOUTAP INDONESIA akan mengadakan musyawarah untuk menentukan akibat dari kejadian tersebut serta cara penyelesaiannya.

13.2Kelalaian atau keterlambatan dalam memenuhi kewajiban sebagaimana dimaksud di atas oleh pihak yang mengalami Keadaan Memaksa mengakibatkan tidak diakuinya keadaan yang menimpa pihak tersebut sebagai Keadaan Memaksa.

14. Yuridiksi

14.1Hubungan hukum yang timbul berdasarkan Layanan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.

14.2Segala perselisihan yang timbul dari Layanan ini, MITRA setuju untuk menyelesaikannya secara musyawarah mufakat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak salah satu pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya sengketa.

14.3Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu sebagaimana disebutkan di atas, MITRA setuju menyelesaikannya melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

15. Lain-lain

15.1YOUTAP INDONESIA menerima dan menjalankan setiap instruksi MITRA sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan layanan YOUTAP INDONESIA dan karenanya YOUTAP INDONESIA tidak mempunyai kewajiban kepada MITRA untuk menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud dan oleh karena itu intruksi tersebut sah mengikat MITRA, kecuali MITRA dapat membuktikan sebaliknya.

15.2MITRA setuju bahwa YOUTAP INDONESIA dapat menyimpan, mengolah, dan memberikan informasi sehubungan dengan data MITRA yang ada pada YOUTAP INDONESIA, baik yang diberikan sendiri oleh Pemegang atau timbul akibat penggunaan Layanan, termasuk menggabungkan, memisahkan, atau melakukan tindakan lain yang dibutuhkan termasuk menyerahkan data kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas pada mitra, afiliasi atau perusahaan-perusahaan terkait lainnya yang dianggap pantas oleh YOUTAP INDONESIA dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam rangka penyelenggaraan Layanan.

15.3MITRA setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran atau informasi terkait dengan produk-produk maupun program marketing YOUTAP INDONESIA dan pihak yang bekerja sama dengan YOUTAP INDONESIA sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan oleh YOUTAP INDONESIA.

15.4YOUTAP INDONESIA dapat mengubah, melengkapi, atau mengganti Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini setiap saat dengan pemberitahuan kepada MITRA atau melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan YOUTAP INDONESIA. Setiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini mengikat MITRA, dan diharapkan MITRA secara aktif dan periodik melakukan akses ke jalur-jalur yang disediakan YOUTAP INDONESIA untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku.

15.5MITRA setuju untuk wajib tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku YOUTAP INDONESIA serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa fasilitas dan transaksi yang dicakup oleh Layanan, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh YOUTAP INDONESIA dalam bentuk dan melalui sarana yang ditentukan oleh YOUTAP INDONESIA.

15.6Terhadap hal-hal yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini, MITRA menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan dan prosedur operasional yang seumumnya berlaku di YOUTAP INDONESIA dan layanan lainnya seperti namun tidak terbatas pada prosedur verifikasi baik tanda tangan maupun verifikasi secara elektronis.

15.7Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini, MITRA mengikatkan dan menyatakan bahwa YOUTAP INDONESIA telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik Layanan yang akan dimanfaatkan oleh MITRA dan MITRA telah mengerti serta memahami segala konsekuensi pemanfaatan Layanan YOUTAP INDONESIA termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada Layanan.

15.8MITRA akan membebaskan YOUTAP INDONESIA dari segala tuntutan apapun, dalam hal sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan ataupun kemampuan Youtap Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya sistem atau transmisi, gangguan listrik, gangguan jaringan telekomunikasi operator, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Youtap Indonesia.

15.9MITRA setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti Transaksi dan penggunaan Layanan yang ditransmisi secara elektronik antara Para Pihak, termasuk dokumen dalam bentuk SMS, tape/cartridge, print out komputer, salinan, atau bentuk penyimpanan informasi yang lain sebagaimana dimaksud sebagai Dokumen Elektronik dan Informasi Elektronik dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut seluruh perubahannya dari waktu ke waktu (apabila ada), dan semua alat atau dokumen lainnya yang ditentukan YOUTAP INDONESIA sebagai bukti Transaksi dan penggunaan Layanan, kecuali MITRA dapat membuktikan sebaliknya.

15.10Dengan melakukan transaksi dengan menggunakan Layanan, MITRA memberikan persetujuannya atas semua ketentuan yang ditetapkan oleh YOUTAP INDONESIA yang ada pada seluruh layanan atau fasilitas Layanan dan mengakui semua komunikasi dan instruksi yang diterima YOUTAP INDONESIA adalah dari MITRA yang bersangkutan dan dapat diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.

15.11Penggunaan nomor khusus, verifikasi One Time Password, verifikasi sidik jari, dan/atau media identifikasi pribadi lainnya pada Layanan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh MITRA.

15.12Dengan menggunakan dan/atau mengaktivasi Layanan maka MITRA telah menyatakan bahwa seluruh informasi yang disampaikan MITRA kepada YOUTAP INDONESIA adalah benar, dan MITRA tunduk, menyetujui dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Umum Layanan ini

Ketentuan Layanan

Ketentuan Layanan Youtap Indonesia (selanjutnya disebut “Ketentuan Layanan”) ini dibuat dan diadakan pada waktu sebagaimana disebutkan di Formulir Aplikasi Mitra (“Formulir”) yang tergabung dengan Ketentuan Layanan ini, dan di antara:

  1. PT Mitra Digital Sukses, disebut sebagai YOUTAP INDONESIA, suatu perseroan terbatas yang didirikan menurut hukum Negara Republik Indonesia, yang berkedudukan di Jakarta

  2. MITRA, dengan nama dan alamat sebagaimana disebutkan pada Formulir yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan Layanan ini.

MITRA menyatakan bahwa MITRA memahami dan menyetujui hal-hal dibawah ini:

  1. Bahwa YOUTAP INDONESIA adalah sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia yang menyediakan solusi digital termasuk layanan kasir, pencatatan penjualan barang dan jasa, layanan perangkat keras (hardware), layanan pembayaran, dan/atau, layanan lain terkait.

  2. Bahwa MITRA penjual barang dan/atau jasa yang memiliki gerai yang bekerjasama dalam penyediaan layanan YOUTAP INDONESIA, termasuk telah setuju untuk memberikan data yang diperlukan oleh YOUTAP INDONESIA dan telah menggunakan platform YOUTAP INDONESIA, yang kemudian dimanfaatkan untuk menggunakan Layanan.

  3. Bahwa YOUTAP INDONESIA telah mengembangkan layanan untuk mempermudah dan memberikan layanan terbaik kepada MITRA khususnya adalah hal peningkatan pelayanan dan kemudahan cara pembayaran dan pembelian produk yang disediakan oleh MITRA.

  4. Bahwa MITRA bermaksud bekerjasama dengan YOUTAP INDONESIA sehubungan dengan layanan YOUTAP INDONESIA untuk kepentingan transaksi, dan sistem yang terjadi dalam lingkungan usaha MITRA.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, MITRA setuju dan sepakat untuk mematuhi Ketentuan Layanan dengan detail dan syarat-syarat berikut:

PASAL 1: DEFINISI

Kecuali secara tegas ditentukan lain dalam hubungan kalimat di dalam Ketentuan Layanan ini, istilah-istilah yang digunakan dalam Ketentuan Layanan ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. “Bukti Pembayaran” adalah tanda terima atau bukti pembayaran yang dinyatakan sah oleh Para Pihak dengan identifikasi nomor referensi.

  2. “Biaya Layanan” adalah nominal yang dibayarkan MITRA kepada YOUTAP INDONESIA atas penggunaan solusi digital baik berupa perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware)yang disediakan oleh YOUTAP INDONESIA setiap bulannya.

  3. “Biaya Transaksi” adalah nilai nominal yang harus dibayarkan oleh MITRA ke YOUTAP INDONESIA setiap menerima Transaksi dengan menggunakan Layanan, termasuk MDR dan/atau biaya lain yang dikenakan oleh YOUTAP INDONESIA.

  4. “Host YOUTAP INDONESIA” adalah pusat komputer YOUTAP INDONESIA yang berfungsi untuk menerima dan memproses Transaksi, yang mana harus memenuhi standar format pesan yang disepakati oleh MITRA dan YOUTAP INDONESIA.

  5. “Laporan” adalah Informasi yang dapat berupa data-data dan bukti tertulis lainnya yang diberikan terkait dengan pelaksanaan Transaksi pembayaran pada MITRA menggunakan layanan YOUTAP INDONESIA untuk 1 (satu) bulan kalender.

  6. “Layanan” adalah penyediaan layanan, berupa hardware dan software oleh YOUTAP INDONESIA kepada MITRA sesuai dengan jenis layanan yang dirinci pada Formulir, termasuk namun tidak terbatas pada layanan digital berupa perangkat lunak untuk kasir, pencatatan penjualan, pembayaran, serta perangkat keras penunjang pemrosesan transaksi pembayaran.

  7. “Merchant Discount Rate (MDR)” adalah nominal yang dibayarkan MITRA kepada YOUTAP INDONESIA untuk setiap transaksi berhasil yang menjadi komponen dari Biaya.

  8. “Pedagang atau MITRA” adalah penjual barang, dan/atau jasa yang menerima transaksi pembayaran dari Pengguna.

  9. “Pengguna” adalah individu yang menggunakan alat atau aplikasi pembayaran menggunakan non-tunai termasuk uang elektronik / kartu debit / kartu kredit dan hendak melakukan Transaksi dengan MITRA.

  10. “Formulir Aplikasi Mitra” adalah dokumen persetujuan MITRA atas penggunaan Layanan yang terdiri dari Syarat dan Ketentuan Umum Penggunaan Layanan, Ketentuan Layanan dan Formulir, yang seluruhnya merupakan satu kesatuan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

  11. “Produk MITRA” adalah produk atau jasa atau tagihan yang dimiliki oleh MITRA untuk dapat dibayarkan oleh Pengguna melalui Layanan

  12. “Rekonsiliasi” adalah proses penyesuaian Laporan yang dimiliki oleh YOUTAP INDONESIA dan MITRA berdasarkan bentuk dan mekanisme yang telah ditentukan YOUTAP INDONESIA.

  13. “Transaksi” adalah proses penerimaan pembayaran/pembelian yang dilakukan oleh Pengguna melalui layanan YOUTAP INDONESIA.

  14. “Transaksi Berhasil” adalah Transaksi yang dinyatakan disetujui oleh YOUTAP INDONESIA dalam pelaksanakan pembayaran di MITRA menggunakan Layanan.

PASAL 2: RUANG LINGKUP

YOUTAP INDONESIA bertindak sebagai penyelenggara Layanan, dan MITRA akan bertindak sebagai penerima dan penanggung jawab produk dan jasa yang dijual MITRA, dan MITRA mendaftarkan diri untuk dapat menggunakan Layanan, mengikuti dan melengkapi syarat dan ketentuan yang ditentukan YOUTAP INDONESIA, termasuk menyerahkan dokumen persyaratan yang didetilkan dalam Formulir.

PASAL 3: JANGKA WAKTU KERJASAMA

Formulir ini berlaku untuk periode sebagaimana disebutkan dalam bagian awal dari Formulir ini, dan diperpanjang untuk 1 (satu) tahun berikutnya secara terus-menerus kecuali MITRA melakukan pengakhiran penggunaan Layanan sebagaimana diuraikan pada Syarat dan Ketentuan Umum Layanan dan Ketentuan Layanan ini atau YOUTAP INDONESIA melakukan penghentian Layanan sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Umum Layanan dan Ketentuan Layanan ini.

PASAL 4: PAJAK – PAJAK

MITRA memahami dan sepakat bahwa karena kegiatan di Indonesia atau karena mendapatkan penghasilan dari YOUTAP INDONESIA dan MITRA akan bertanggung jawab untuk pembayaran pajak masing-masing dan/atau untuk persyaratan administratif yang berkaitan dengan pajak tersebut. MITRA akan bertanggung jawab dan membayar semua jenis pajak tepat waktu sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

PASAL 5: BIAYA, TATA CARA PEMBAYARAN DAN SANKSI
  1. Biaya & Tata Cara Pembayaran.

    Terhitung sejak ditandatanganinnya Formulir ini, biaya yang menjadi hak YOUTAP INDONESIA yang akan dibayarkan oleh MITRA, akan dipotong langsung oleh YOUTAP INDONESIA dari hasil penjualan, atau rekening penjualan MITRA tersebut.

  2. Atas alasan dan dasar apapun, MITRA dan YOUTAP INDONESIA sepakat untuk tidak mengenakan biaya tambahan apapun dan dalam bentuk apapun kepada pengguna YOUTAP, selain biaya sebagaimana dirincikan dalam Formulir. Pelanggaran terhadap pasal ini dapat mengakibatkan diakhirinya Layanan sebagaimana diatur dalam Ketentuan Layanan.

  3. YOUTAP INDONESIA memproses pembayaran tagihan hasil penjualan yang menjadi hak MITRA untuk setiap Transaksi Berhasil, setelah dikurangi Biaya Transaksi, selambat-lambatnya 3 (tiga) Hari Kerja setelah Transaksi berhasil dilakukan dengan cara transfer ke rekening MITRA sebagaimana tertuang dalam Formulir MITRA.

  4. Sanksi

    MITRA wajib menjaga dan memelihara dengan baik Hardware, dan dalam hal terjadi kerusakan dan/atau kehilangan Hardware, MITRA wajib mengganti biaya kerusakan/ganti rugi kepada YOUTAP INDONESIA dengan detil sebagai berikut:

    1. Biaya Kerusakan Hardware : sesuai dengan jenis kerusakan dan bagian-bagian yang harus diperbaiki dan/atau diganti
    2. Biaya Kehilangan atau Kerusakan Total Hardware : Rp. 2.000.000,00 (dua juta Rupiah) per Hardware
PASAL 6: LAPORAN, REKONSILIASI DAN EVALUASI
  1. MITRA setuju bahwa Laporan atas pelaksanaan Transaksi Layanan dapat dimintakan oleh MITRA kepada YOUTAP INDONESIA.

  2. MITRA dari waktu ke waktu dapat melihat Laporan atas pelaksanaan Transaksi Layanan tersebut pada ayat (1) di atas, melalui sistem aplikasi YOUTAP INDONESIA yang disediakan khusus bagi MITRA.

  3. Apabila MITRA menemukan terdapat perbedaan Laporan antara Laporan dengan data MITRA, maka MITRA dapat mengajukan permintaan Rekonsiliasi selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sejak tanggal Transaksi dan YOUTAP INDONESIA akan melakukan pemeriksaan atas permintaan tersebut.

  4. Jika dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak permintaan Rekonsiliasi tidak tercapai kesepakatan diantara MITRA dan YOUTAP INDONESIA, maka pembayaran akan terlebih dahulu menggunakan data Laporan, dan dimana sisa/kelebihan pembayaran akan dilaksanakan dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja setelah Berita Acara Rekonsiliasi disepakati dan ditandatangani oleh YOUTAP INDONESIA dan MITRA.

PASAL 7: PROMOSI
  1. YOUTAP INDONESIA berhak untuk menempatkan nama dan logo YOUTAP INDONESIA dan MITRA di media-media promosi yang digunakan oleh YOUTAP INDONESIA selama MITRA menggunakan Layanan.

  2. Apabila ada, MITRA setuju bahwa biaya yang dikeluarkan oleh MITRA dalam rangka promosi Layanan yang dilakukan oleh MITRA ditanggung sendiri oleh MITRA

PASAL 8: PENYELESAIAN AKHIR (SETTLEMENT)
  1. YOUTAP INDONESIA bertanggung jawab melakukan pembayaran atas Transaksi Berhasil yang dilakukan MITRA melalui Layanan ke rekening bank milik MITRA yang terdaftar di sistem YOUTAP INDONESIA.

  2. Pembayaran atas Transaksi Berhasil yang dilakukan melalui Layanan akan diproses pembayarannya ke rekening bank MITRA pada hari kerja selanjutnya setelah hari transaksi tersebut (H+1 hari kerja).

  3. YOUTAP INDONESIA hanya akan memproses pembayaran apabila saldo MITRA sudah lebih dari atau sama dengan Rp. 20.000,00 (dua puluh ribu Rupiah) setelah dipotong biaya per-jam 00.00 pada hari pemrosesan penyelesaian akhir. Apabila saldo MITRA belum mencapai batas minimal tersebut, maka saldo tersebut akan digabungkan dengan Transaksi Berhasil pada hari selanjutnya hingga mencapai batas minimal tersebut.

  4. Pembayaran dilakukan berdasarkan rekaman Transaksi Berhasil dan saldo yang dicatat oleh YOUTAP INDONESIA. Apabila terdapat perbedaan antara nilai yang dibayarkan oleh YOUTAP INDONESIA dengan catatan transaksi yang dimiliki MITRA, maka akan dilakukan rekonsiliasi berdasarkan ketentuan Rekonsiliasi dalam Pasal 6 dalam Ketentuan Layanan.

PASAL 9: PELAYANAN PENGGUNA
  1. Setiap pertanyaan dan keluhan MITRA mengenai Layanan dapat disampaikan melalui contact center dan/atau jalur komunikasi yang disediakan YOUTAP INDONESIA sebagaimana tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Umum Layanan.

  2. Penyelesaian pertanyaan dan keluhan MITRA dan Pengguna terkait Layanan akan ditanggapi oleh YOUTAP INDONESIA sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku di YOUTAP INDONESIA.

PASAL 10: INDEMNIFIKASI

MITRA bertanggungjawab untuk dan wajib mengganti kerugian, melindungi, serta membebaskan YOUTAP INDONESIA, dari dan atas setiap klaim, tuntutan biaya-biaya, pembayaran-pembayaran dan pengeluaran-pengeluaran dari pihak ketiga lainnya sehubungan dengan setiap kerugian yang timbul sebagai akibat dari cidera janji MITRA terkait penggunaan Layanan.

PASAL PASAL 11: LAIN-LAIN
  1. Dokumen-dokumen lampiran dalam Formulir ini merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Formulir ini, termasuk Syarat dan Ketentuan Umum Layanan

  2. Setiap judul dalam Pasal-Pasal dalam Ketentuan Layanan ini hanya untuk memudahkan pembacaan saja dan dengan demikian tidak mengubah atau memberi arti tertentu penafsirannya.

  3. Formulir, Syarat dan Ketentuan Umum Layanan dan Ketentuan Layanan ini menggunakan Bahasa Indonesia dan segala hal yang berhubungan dengan masalah pembuktian akan dilakukan dalam Bahasa Indonesia pula.