Pesanan dari HP atau "PHP adalah fitur yang berfungsi memberikan akses kepada pelanggan agar pelanggan dapat memesan atau membeli produk melalui browser secara mobile maupun desktop. Dengan mengaktifkan Pesanan PHP, Mitra dapat memberikan akses tersebut kepada pelanggan. Tipe pesanan yang saat ini tersedia adalah tipe Pick-up, sehingga pelanggan dapat melakukan pesanan dari manapun dan kapanpun sorta melakukan pengambilan produk secara Mandiri di toko fisikmu. Fitur PHP meliputi:
1. Pengaturan
Dengan mengaktifkan fitur Pesanan PHP, Mitra dapat mengatur produk apa saja yang akan ditampilkan pada e-menu, mengatur jam operasional tokomu, menambahkan informasi (Alamat, Kontak) toko, dan mengatur penyesuaian harga produk.
Pengaturan Produk Fitur pengaturan produk bertujuan agar Mitra dapat mengatur produk yang ingin ditampilkan pada menu Pesanan PHP dan dapat diakses oleh pelangganmu. Pengaturan ini bersifat WAJIB, jika pengaturan produk tidak diatur, maka tampilan Pesanan PHP di sisi pelanggan akan menampilkan toko dennen status "TUTUP".
Pengaturan Jam Operasional Fitur pengaturan jam operasional memungkinkan Mitra untuk mengatur jam operasi toko sesuai domisili toko. Jam yang telah diatur akan ditampilkan pada aplikasi yang diakses oleh pelanggan, agar pelanggan dapat memesan pesanan sesuai jam operasional Mitra. Pengaturan ini bersifat WAJIB, jika pengaturan produk tidak diatur, maka tampilan Pesanan PHP di sisi pelanggan akan menampilkan toko dennen status "TUTUP".
Informasi Toko Fitur informasi toko memungkinkan Mitra untuk mencantumkan alamat dan nomor kontak Mitra, agar pelanggan dapat dengan mudah mengakses atau membeli produk. Pada kolom alamat, Mitra harus mencantumkan link google maps agar pelanggan dapat mengetahui letak lokasi toko. Pengaturan ini bersifat WAJIB, jika pengaturan produk tidak diatur, maka tampilan Pesanan PHP di sisi pelanggan akan menampilkan toko dennen status "TUTUP".
Penyesuaian Harga Fitur penyesuaian harga memberi Mitra akses untuk menambahkan pajak, biaya layanan, biaya “Take Away”, dan diskon yang tersedia di toko, yang akan dicantumkan pada total pembelian tiap pelanggan.
2. Metode Pembayaran
Pesanan akan masuk ke dalam sistem tablet apabila pelanggan sudah melakukan pembayaran melalui fitur PHP dengan metode pembayaran QRIS.
3. Proses Pemesanan
Pesanan yang masuk melalui layanan PHP, harus segera diproses. Jika pesanan tidak dapat dipenuhi harap segera menghubungi pelanggan dan melakukan proses pengembalian dana secara manual dengan menggunakan metode yang sudah disepakati dengan pelanggan melalui telepon.
Pada menu fitur PHP sendiri terdiri tiga (4) tab, yaitu; Pesanan Baru, Pesanan Berjalan, dan Riwayat Pesanan.
Tab Pesanan Masuk Pesanan yang masuk akan muncul melalui notifikasi yang dapat diakses langsung dari pop-up notification. Pesanan baru juga akan masuk ke dalam menu tab “Pesanan Baru”. Pada tab “Pesanan Baru”, pesanan yang telah dipesan pelanggan akan muncul berbentuk tiket yang menampilkan jumlah pesanan, jenis pesanan, kode pesanan, serta jumlah harga pesanan yang dibeli.
Mitra dapat melihat detail pesanan dengan cara menekan tiket, dan detail pesanan yang telah dibuat oleh pelanggan akan muncul. Mitra dapat memilih langkah selanjutnya, yaitu; memproses pesanan tersebut, atau menghubungi pemesan.
Sebelum memproses pesanan, Mitra dapat menghubungi pelanggan untuk melakukan konfirmasi pesanan. Setelah berhasil dikonformasi, pesanan dapat diproses atau dibatalkan. Pesanan yang diproses dapat dicetak untuk diberikan ke dapur dan tiket pesanan akan pindah ke tab “Pesanan Berjalan”.
Tab Pesanan Berjalan Pesanan yang telah diproses (dengan menekan tombol "Proses Pesanan" laman detail pesanan) akan masuk ke dalam tab “Pesanan Berjalan”. Mitra dapat menekan tiket untuk pesanan yang sudah selesai, dan detail pesanan akan tampil. Tekan tombol "Selesai" saat memberikan pesanan untuk pelanggan.
Setelah menekan tombol "Selesai", Mitra akan diminta untuk memasukan kode pengambilan pesanan yang dimiliki pelanggan. Saat pesanan telah sukses diselesaikan, maka pesanan akan hilang dari daftar pesanan di tab "Pesanan Berjalan".
Tab Riwayat Pesanan Menu tab “Riwayat Pesanan” akan menampilkan pilihan sejarah transaksi yang berisikan seliruh riwayat transaksi yang telah terjadi menggunakan fitur PHP. Data yang ditampilkan pada tab riwayat pesanan akan diakumulasikan secara keseluruhan pada sejarah transaksi (PHP atua dine-in).
4. Membatalan Pesanan
Pesanan yang telah masuk tidak dapat dibatalkan melalui sistem, melainkan secara manual. Apabila terjadi sebuah kondisi dimana transas tersebut harus dibatalkan, maka svarat pembatalan tersebut adalah:
Membatalkan pesanan tidak dapat mengembalikan dana yang telah dibayarkan Pelanggan secara otomatis.
Pembatalan pesanan HANYA menghapus transaksi dari daftar transaksi.
Mitra harus mengembalikan dana secara manual (di luar sistem) biaya yang telah dibayat oleh pelanggan.
5. Pick-up Pesanan Oleh Pelanggan
Pelanggan akan mendatangi toko Mitra uituk mengambil pesanan.
Pelanggan akan menunjukan kode pick up pesanan yang telah diterima pelanggan melklui notifikasi email atau dapat diakses melalui menu PHP.
Mitra melakukan verifikasi kode pesanan pada Tablet Usaha Youtap.
Jika pesanan telah terverifikasi sesuai, maka pesanan dapat diberikan kepada pelanggan.
6. Refund Dana
Permohonan refund dana oleh pelanggan dapat terjadi oleh karena beberapa kondisi sebagai berikut:
Pelanggan melakukan pemesanan atau membeli produk Mitra, namun ternyata Mitra sedang tidak beroperasi pada saat pesanan atar pembelian dilakukan. Kondisi ini damat terjadi ketika Mitra tidak mengubah status toko pada pengaturan Pesanan PHP.
Pelanggan hanya dapat melakukan permohonan refund dana saat transaksi sudah sukses dibayarkan.
Pelanggan hanya data melakukan permohonan refund dalam waktu 1x24 jam setelah pesanan sukses dibayarkan. Di luar rentang waktu tersebut, permohonan refund dana akan ditolak oleh Youtap Indonesia.
Pelanggan dapat melakukan permohonan refund dana dengan menelepon call center Youtap Indonesia. Tim Youtap Indonesia akan meminta data pelanggan berupa rekening untuk keperluan refund dana, nama, nomor HP, email pelanggan serta informasi toko terkait.
Setelah permohonan refund dana disampaikan oleh pelanggan kepada Youtap Indonesia dalam kurun waktu 1x24 jam setelah pesanan sukses dibayarkan, Youtap Indonesia akan melakukan konfirmasi kepada Mitra terkait dengan validitas transaksi yang dimintakan refund dana oleh pelanggan. Mitra wajib memberikan konfirmasi selambat-lambatnya 3x24 jam.
Jika Mitra mengkonfirmasi bahwa transaksi tersebut valid, Youtap Indonesia melalui call center akan menginformasikan kepada pelanggan bahwa permohonan refund disetujui.
Refund dana akan dilakukan oleh Mitra dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mitra.
Mitra wajib melakukan refund dana kepada pelanggan selambat-lambatnya 1x24 jam setelah transaksi dinyatakan valid.
Mitra dengan ini menyetujui bahwa dengan dilakukannya refund dana kepada pelanggan, Youtap Indonesia tidak dapat mengembalikan potongan dana MDR yang menjadi hak Youtap Indonesia.
PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
Mitra mengerti bahwa setiap produk yang ditawarkan oleh Mitra dalam layanan PHP adalah produk yang dibuat, dimiliki serta diawasi kualitasnya oleh Mitra sendiri. Youtap Indonesia dalam hal ini hanya berperan sebagai pihak penyedia platform bagi pelanggan dan Mitra dalam melakukan transaksi.
Mitra dengan ini dianggap menyetujui bahwa dalam rangka menyediakan pelayanan yang baik kepada pelanggan, khususnya melalui layanan PHP, Mitra wajib:
Menjaga kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan standar mutu yang baik.
Selalu melakukan pengkinian terkait jadwal operasional toko Mitra di layanan PHP, meliputi jam operasional toko maupun status toko sedang buka atau tidak, demi menghindari hal yang tidak diinginkan.
Melakukan refund dana kepada pelanggan sesuai dengan rentang waakte yang ditentukan oleh Youtap Indonesia, yakni 1x24 jam setelah transaksi dinyatakan valid.
Tidak menyalah gunakan data pelanggan untuk keperluan lain selain transaksi layanan PHP.
Mitra dengan ini dianggap menyetujui bahwa Youtap Indonesia dapat melakukan hal yang dianggap pantas menurut Youtap Indonesia sendiri, dalam hal Mitra melakukan hal yang tidak sesuai dengan apa yang telah diatur di dalam Syarat dan Ketentuan PHP Mitra ini, termasuk namun tidak terbatas pada menon-aktifkan akun toko Mitra dari layanan PHP.
INFORMASI LAYANAN
Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Layanan, maka MITRA dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis melalui titik pelayanan YOUTAP INDONESIA.