March 15, 2022

Apa Itu Pre Order, Keuntungan dan Sistem Kerjanya?

Apakah kamu sudah paham apa itu Pre Order, keuntungan melakukannya dan bagaimana sistem kerjanya? Jika belum, simak penjelasan lengkap berikut ini, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kata Pre Order (PO) saat belanja online, bukan? Namun, apakah kamu sudah benar-benar paham apa itu Pre Order, keuntungan melakukannya bagi sebuah bisnis online? Dan bagaimana sistem kerjanya? Jika belum, simak penjelasan lengkap berikut ini, yuk. 

Apa Itu Pre Order?

belanja pre order
Gambar: freepik.com

Pre order (PO) dalam sebuah bisnis online adalah sistem pembelian yang nantinya barang tidak atau belum tersedia secara langsung dari penjual.  Jadi, ketika ada pernyataaan sistem PO artinya pembeli harus memesan dan membayar terlebih dahulu produk yang ingin dibeli, kemudian menunggu sesuai dengan waktu estimasi. Apabila sudah selesai diproduksi, penjual akan segera mengirimkannya ke pembeli. 

Umumnya, penjualan sistem pre order disebabkan barang harus dipesan dari luar negeri atau belum selesai diproduksi untuk dijual pada periode tersebut. Sistem PO ini biasanya dilakukan dengan batasan pemesanan dari penjual, di mana menyesuaikan kuota barang yang telah disediakan. Batas waktu pemesanan yang diberikan oleh penjual bisa sekitar 2-3 minggu, tetapi dapat berubah sesuai kondisi penjual. 

Keuntungan Sistem Pre Order Bagi Bisnis Online

1. Penjualan dan penghasilan bisnis lebih terjamin

Dengan sistem PO ini kamu selaku penjual bisa mendapatkan gambaran dengan pasti jumlah produk yang harus diproduksi. Sehingga penjualan dan penghasilan bisnis lebih terjamin.  Selain itu, karena pembeli juga sudah melakukan pembayaran, maka penjual tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar untuk membeli produk. 

2. Kelola inventaris jadi lebih baik

Kemudian, keamanan dalam menjaga kuantitas stok barang pun juga jadi lebih baik. Dengan sistem PO ini penjual bisa mengetahui secara jelas dan rinci jumlah permintaan, sehingga dapat memperkirakan jumlah stok yang harus disediakan.Kamuu juga bisa mengurangi risiko kelebihan stok hingga terhindar dari kerugian bisnis. 

Baca Juga: Tips Mengelola Stok Barang yang Tepat

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Sistem PO  

Kelola orderan customer
Gambar: freepik.com/jcomp

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa sistem PO ini juga digunakan dalam bisnis online untuk menghindari kerugian akibat stok barang yang tidak laku terjual. Oleh karena itu, kapan waktu yang tepat menggunakan sistem PO dalam bisnis online? Jawabannya, adalah bisa menyesuaikan dengan urgensi atau kebutuhan mendesak bisnis seperti saat awal meluncurkan ke pasar, keluaran produk baru, bahkan bisa untuk produk limited edition

Cara Kerja Sistem PO

Cara kerja sistem PO ini terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Nantinya, pembeli memesan barang yang diinginkan, kemudian membayar uang muka dalam jumlah tertentu. Apabila barangnya telah dikirim dan diterima oleh pembeli, maka mereka harus membayar sisa jumlahnya. Tetapi ada juga sistem PO yang memberlakukan pembayaran penuh di awal.

Jadi, Sudah Siap Buka Sistem PO Bisnis Online? 

Itulah penjelasan mengenai pengertian, keuntungan hingga sistem kerja dari bisnis online dengan sistem pre order. Lalu, untuk mendukung seluruh proses distribusi produk berjalan lancar, apalagi dalam hal transaksi pastikan menggunakan aplikasi usaha Youtap! Aplikasi usaha Youtap diperuntukkan untuk pemilik usaha yang memiliki fitur laporan penjualan dan riwayat transaksi yang telah terintegrasi dengan sistem Point of Sales! Download Youtap BOS atau Youtap POS di Google Play Store atau iOS Store sekarang.

Solusi Lengkap BOS
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama