Apa Itu Segmentasi Pasar dalam Bisnis?

Oleh
AriantiK
September 27, 2024
Share this:

Adanya kemajuan dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu sudah menjadi impian seluruh pelaku bisnis. Namun, untuk bisa mencapainya kamu pasti membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, salah satunya dengan menentukan target pasar. Tetapi agar tidak salah target, kamu perlu memahami terlebih dahulu segmentasi pasar dalam bisnis. 

Apa itu segmentasi pasar? 

Segmentasi pasar merupakan sebuah pembagian kelompok pembeli atau konsumen dalam pasar tertentu. Pembagian ini biasanya akan didasarkan pada karakteristik, kebutuhan, serta perilaku yang heterogen agar menjadi sebuah pasar yang homogen.

Dalam berbisnis, kamu membutuhkan segmentasi pasar agar bisa menghasilkan jumlah penjualan yang lebih tinggi, karena sudah melakukan pengelompokan konsumen sehingga lebih memahami kebutuhan konsumen secara rinci. 

Segmentasi pasar juga dapat membantu mengembangkan produk dengan biaya yang lebih rendah. Ini bisa terlaksana karena kamu bisa langsung mengembangkan atau melakukan inovasi pada produk sesuai dengan kelompok konsumen. 

Memahami segmentasi pasar ini sangat penting karena bisa menentukan strategi bisnis lebih efektif daripada harus mencoba menyediakan produk-produk dalam jumlah banyak sekaligus ke beberapa kelompok.

Apa Saja Syarat Segmentasi Pasar?

segmentasi pasar dalam bisnis
Gambar: freepik.com/storyset

1. Segmentasi pasar harus bisa diukur (measurable)

Syarat pertama dalam segmentasi pasar adalah bisa terukur dalam luas, besar hingga daya beli konsumennya. 

2. Segmentasi pasar harus bisa dijangkau (accessable)

Syarat kedua segmentasi pasar harus bisa  dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan atau sebuah badan bisnis.

3. Segmentasi pasar harus cukup besar (substantial)

Syarat ketiga segmentasi adalah harus cukup besar sehingga bisa menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan 

4. Segmentasi pasar harus bisa dibedakan (differentiable)

Syarat keempat adalah pastikan segmentasi pasar ini bisa dikelompokkan atau dibedakan dengan jelas dan rinci. 

5. Bisa dilaksanakan (actionable)

Syarat kelima adalah strategi pemasaran yang sudah dibuat dan direncanakan dapat dilakukan serta melayani pengelompokkan dengan baik.

Manfaat Segmentasi Pasar

Dengan menetapkan segmentasi pasar di awal pembangunan sebuah bisnis, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti: 

  • Lebih mudah menyesuaikan produk dan strategi pemasaran yang dijalankan sampai ke pendistribusian produk.
  • Dapat mengantisipasi persaingan pasar yang ketat.
  • Bisa memanfaatkan sumber daya perusahaan agar lebih efisien dan efektif.
  • Mampu membidik peluang pasar lebih banyak. 
  • Bisa membandingkan bahkan menemukan berbagai macam kesempatan di pasar.
  • Terakhir, mampu menciptakan daya tarik di bidang pemasaran bisnis. 

Prosedur Tepat untuk Menetapkan Segmentasi Pasar dalam Bisnis 

segmentasi pasar dalam bisnis
Gambar: freepik.com

Dalam mengidentifikasi segmen pasar, ada tiga tahap prosedur yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis, yaitu: 

1. Tahap Melakukan Survey

Kamu akan melakukan wawancara pada target segmen pasar. Tujuannya agar bisa memahami motivasi, sikap, dan perilaku konsumen. Wawancara ini biasanya dilakukan dalam bentuk kuesioner, secara langsung atau online, dan lain-lainnya. 

2. Tahap Melakukan Analisis

Setelah melakukan survey, kini saatnya menganalisis pengelompokan konsumen untuk menghasilkan jumlah maksimum segmen yang berbeda. 

3. Tahap Pembentukan Segmen Pasar

Jika dua tahap di atas telah selesai dilakukan, maka kini dibentuk kelompok-kelompok berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikologis, psikografis, dan pola media. 

Dilihat dari sifat dominan yang telah ditemukan pada kelompok-kelompok tersebut nantinya akan diberikan nama profil pada masing-masing kelompok segmen.

Setelah melakukan proses segmentasi pasar secara tepat, maka kamu bisa lebih mudah menentukan target pasar. Jadi, ada tiga tahap utama agar kamu bisa menentukan segmen pasar yaitu survey, analisis data, baru pembentukan sesuai dengan sikap, perilaku, demografis, dari konsumen. 

Selain itu, pengelolaan bisnisnya pun juga harus kamu perhatikan dengan baik. Pastikan agar seluruh proses pengelolaan bisnis sudah dilakukan secara digital sehingga mengurangi risiko kesalahan input data dan lebih praktis karena bisa diakses online. 

Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Bisnis Gratis memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola aktivitas bisnis secara digital.

Share this:
AriantiK
Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat