Adanya kemajuan dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu sudah menjadi impian seluruh pelaku bisnis. Namun, untuk bisa mencapainya kamu pasti membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, salah satunya dengan menentukan target pasar. Tetapi agar tidak salah target, kamu perlu memahami terlebih dahulu segmentasi pasar dalam bisnis.
Segmentasi pasar merupakan sebuah pembagian kelompok pembeli atau konsumen dalam pasar tertentu. Pembagian ini biasanya akan didasarkan pada karakteristik, kebutuhan, serta perilaku yang heterogen agar menjadi sebuah pasar yang homogen.
Dalam berbisnis, kamu membutuhkan segmentasi pasar agar bisa menghasilkan jumlah penjualan yang lebih tinggi, karena sudah melakukan pengelompokan konsumen sehingga lebih memahami kebutuhan konsumen secara rinci.
Segmentasi pasar juga dapat membantu mengembangkan produk dengan biaya yang lebih rendah. Ini bisa terlaksana karena kamu bisa langsung mengembangkan atau melakukan inovasi pada produk sesuai dengan kelompok konsumen.
Memahami segmentasi pasar ini sangat penting karena bisa menentukan strategi bisnis lebih efektif daripada harus mencoba menyediakan produk-produk dalam jumlah banyak sekaligus ke beberapa kelompok.
Syarat pertama dalam segmentasi pasar adalah bisa terukur dalam luas, besar hingga daya beli konsumennya.
Syarat kedua segmentasi pasar harus bisa dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan atau sebuah badan bisnis.
Syarat ketiga segmentasi adalah harus cukup besar sehingga bisa menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan
Syarat keempat adalah pastikan segmentasi pasar ini bisa dikelompokkan atau dibedakan dengan jelas dan rinci.
Syarat kelima adalah strategi pemasaran yang sudah dibuat dan direncanakan dapat dilakukan serta melayani pengelompokkan dengan baik.
Dengan menetapkan segmentasi pasar di awal pembangunan sebuah bisnis, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat seperti:
Dalam mengidentifikasi segmen pasar, ada tiga tahap prosedur yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis, yaitu:
Kamu akan melakukan wawancara pada target segmen pasar. Tujuannya agar bisa memahami motivasi, sikap, dan perilaku konsumen. Wawancara ini biasanya dilakukan dalam bentuk kuesioner, secara langsung atau online, dan lain-lainnya.
Setelah melakukan survey, kini saatnya menganalisis pengelompokan konsumen untuk menghasilkan jumlah maksimum segmen yang berbeda.
Jika dua tahap di atas telah selesai dilakukan, maka kini dibentuk kelompok-kelompok berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikologis, psikografis, dan pola media.
Dilihat dari sifat dominan yang telah ditemukan pada kelompok-kelompok tersebut nantinya akan diberikan nama profil pada masing-masing kelompok segmen.
Setelah melakukan proses segmentasi pasar secara tepat, maka kamu bisa lebih mudah menentukan target pasar. Jadi, ada tiga tahap utama agar kamu bisa menentukan segmen pasar yaitu survey, analisis data, baru pembentukan sesuai dengan sikap, perilaku, demografis, dari konsumen.
Selain itu, pengelolaan bisnisnya pun juga harus kamu perhatikan dengan baik. Pastikan agar seluruh proses pengelolaan bisnis sudah dilakukan secara digital sehingga mengurangi risiko kesalahan input data dan lebih praktis karena bisa diakses online.
Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Bisnis Gratis memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola aktivitas bisnis secara digital.