Seputar Unique Selling Proposition dalam Produk Usaha dan Cara Tepat Menentukannya

Oleh
AriantiK
September 27, 2024
Share this:

Faktor penting yang harus dimiliki setiap brand agar bisa lebih menonjol dari kompetitor adalah unique selling proposition atau biasa disebut dengan USP. Ini sangat dibutuhkan agar produk usaha milikmu bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya di pasaran. 

Apa Itu Unique Selling Proposition (USP)?

unique selling proposition
Gm

Telah disebutkan secara singkat sebelumnya, Unique Selling Proposition atau USP adalah nilai tambah atau value dari penjual yang dijadikan keunggulan sebuah produk atau jasa mereka lebih baik dari kompetitor. Singkatnya, USP ini adalah suatu hal yang harus dibuat oleh setiap brand agar produknya terlihat lebih menarik dari kompetitor. 

Agar para konsumen bisa langsung memilih produk usaha milikmu, maka pastikan harus ada hal spesifik yang ditawarkan. Namun, tidak melulu harus harga termurah dan kualitas yang bagus, tapi bisa coba dengan hal lainnya secara lebih spesifik. 

Cara Menentukan USP untuk Produk Usaha

Unique Selling Proposition

1. Cari tahu dan pahami kebutuhan pelanggan

Hampir seluruh pelaku usaha saat ini sering melakukan kesalahan yaitu melupakan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen. Mereka hanya fokus pada peningkatan kualitas agar bisa menawarkan pada konsumennya.

Oleh sebab itu, hal penting pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan USP adalah menempatkan diri pada posisi konsumen. Agar kamu mengetahui apa yang mereka butuhkan, cobalah untuk melakukan survei langsung atau melalui form online. 

2. Pelajari motivasi konsumen saat membeli produk usahamu

Selanjutnya, mengetahui perilaku konsumen saat membeli produk usaha. Selain, paham dengan kebutuhan konsumen, kamu juga harus mulai cari tahu apa motivasi mereka membeli produk usahamu. 

Apabila produk usahamu bisa sesuai dengan selera konsumen serta ditambah mampu memberikan pelayanan terbaik, pastinya akan mendapatkan customer loyalty.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara Memahami Perilaku Konsumen yang Benar

3. Bandingkan dengan produk kompetitor

Terakhir dalam menentukan USP, kamu juga melakukan perbandingan produk dengan para pesaing di pasaran. Membandingkan produk dengan kompetitor dapat menunjukkan keunggulan dan kelemahan produk usahamu. Kamu akan lebih mudah menentukan USP apabila mengetahui hal positif dan negatif dari produk. Sehingga, bisa menonjolkan keunggulan produk dan menjadikannya USP. 

Itulah pengertian dari Unique Selling Proposition atau USP dalam mengembangkan sebuah produk usaha. Ini sangat dibutuhkan agar produk-produk yang kamu tawarkan mampu bersaing dengan kompetitor di pasaran. 

Oleh karena itu, jadikan value usahamu semakin menarik dengan bergabung menjadi merchant Youtap. Di mana kamu sebagai pelaku usaha tentunya akan sangat terbantu dalam hal pengelolaan usaha karena dilengkapi dengan sistem digital yang canggih. 

Share this:
AriantiK
Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat