5 Layanan Toko Online yang Wajib Diberikan Secara Maksimal Kepada Pelanggan, Apa Saja?

Oleh
AriantiK
September 27, 2024
Share this:

Banyaknya perubahan perilaku beli masyarakat di era teknologi seperti sekarang membuat banyak pelaku usaha mulai beralih jualan di toko online. Alur transaksi lebih cepat, dan jangkauan bisnisnya pun semakin luas. Namun, dalam menjalankannya tentu harus ada beberapa layanan toko online yang wajib dimaksimalkan. 

Layanan Toko Online Ini Wajib Diberikan Secara Maksimal Kepada Pelanggan

layanan toko online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tak jauh berbeda dengan kamu yang memiliki toko offline, pengelolaan usaha online pun juga perlu dipersiapkan dengan matang.  Jadi, tidak hanya dari sisi kualitas produk, tetapi pelayanan toko kepada pelanggan juga harus dijadikan prioritas utama. Apalagi di era digital seperti sekarang ini membuat kamu harus lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi atau bertindak karena bisa sangat cepat terpublikasi. Banyak kemungkinan pelanggan yang merasa tidak puas dengan cepat membagikan pengalamannya di media sosial. Hal itu bisa berdampak pada kelancaran bisnis. Oleh sebab itu, pelaku usaha harus selalu memastikan kepuasan pelanggan. Dan berikut ini beberapa layanan toko online yang wajib diberikan secara maksimal: 

1. Layanan Toko Online Tentang Pemahaman Sebuah Produk 

Walaupun memang lebih mudah diakses, tetapi kekurangan dari belanja di toko online adalah pelanggan tidak bisa merasakan langsung produk atau jasa yang dijual secara nyata. Alasan tersebut yang memicu banyak calon pelanggan mengajukan beberapa pertanyaan pada penjual, sebelum memutuskan membeli produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.  

Dalam kasus ini tentu membuat kamu selaku karyawan atau pemilik usaha wajib untuk memahami produk atau jasa yang dijual secara menyeluruh. Hal ini sangat dibutuhkan agar bisa menjawab pertanyaan pelanggan secara detail, dan pemahaman produk yang optimal juga bisa meningkatkan kredibilitas toko ke pelanggan. 

2. Layanan Toko Online Tentang Alur Belanja yang Jelas

Agar dapat memberikan layanan toko online yang baik, pihak karyawan atau pemilik juga harus memahami dengan rinci alur belanja yang perlu dilakukan oleh pelanggan. Hal ini nantinya akan membuat kamu lebih bisa memahami sudut pandang dari sisi pelanggan. Sehingga memudahkan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Tak hanya sekadar itu saja, kamu juga wajib mempelajari berbagai jenis platform yang digunakan untuk jualan online. Hal ini karena setiap platform pasti memiliki alur yang berbeda-beda. Pemahaman tentang penggunaan platform penjualan secara online ini dapat membantu kamu menjangkau hingga mendapatkan pelanggan baru yang mungkin saja lebih potensial.

3. Layanan Toko Online Terkait Pengiriman Produk

layanan toko online
Gambar: freepik.com/dragen zigic

Bagian paling krusial dalam sebuah bisnis online yang kerap kali mendapatkan perhatian dari pelanggan adalah pengiriman produk. Umumnya, banyak toko online yang mendapatkan keluhan terkait barang tidak sampai atau telat dari waktu estimasi. 

Kasus tersebut bisa menjadi pelajaran terbaik untuk meningkatkan layanan toko online milikmu, yaitu memaksimalkan alur pengiriman produk hingga sampai ke tangan pelanggan. Jadi, tak hanya sekadar kualitas produk dan pelayanan saat pelanggan berbelanja, tetapi juga terkait proses pengiriman yang aman dan cepat. 

Hal ini penting karena bisa meningkatkan kepuasan pelanggan saat berbelanja di toko online milikmu dan ingin kembali untuk beli. Sebagai alternatif, kamu bisa memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan menawarkan berbagai pilihan pengiriman yang bisa disesuaikan kebutuhan. Tentu saja dengan begitu, pelanggan akan lebih nyaman berbelanja di toko online karena telah dianggap memiliki kualitas baik dan terpercaya.  

4. Layanan Toko Online Terkait Jumlah Stok  

Kamu sebagai pemilik usaha atau toko juga wajib selalu update terkait dengan stok barang yang masih ada. Hal ini untuk menghindari kekecewaan pelanggan karena stok tiba-tiba habis. Pengelolaan stok dengan bantuan Aplikasi Usaha Youtap kini akan lebih memudahkan kamu menjamin ketersediaan produk di toko. Jadi, kamu bisa memastikan ketersediaan stok produk di toko tanpa perlu bolak-balik ke gudang dan hal itu jauh lebih efisien ketimbang dilakukan secara manual. 

5. Berikan Informasi Kepada Pelanggan dengan Cara yang Praktis

layanan toko online
Gambar: freepik.com/our-team

Terakhir, bagian dari layanan toko online juga adalah memberikan informasi dengan cara praktis kepada pelanggan. Mereka cenderung suka sesuatu yang sederhana dan tidak berbelit. Oleh sebab itu buatlah sesuatu dengan lebih sederhana. Kamu bisa coba membuat pelanggan sebuah katalog yang berisi produk dengan deskripsi rinci. Dengan begitu konsumen bisa mudah mendapatkan informasi terkait toko online milikmu.

Itulah beberapa layanan toko online yang wajib diberikan secara maksimal kepada pelanggan. Hal itu penting agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja di toko milikmu. Dalam meningkatkan pelayanan toko online ini, pastikan kamu mengelolanya secara digital menggunakan Aplikasi Youtap.

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat