Bagi kamu sedang merencanakan untuk mencapai visi bisnis secara nyata, maka kini saatnya melakukan persiapan action plan. Ini adalah salah satu cara yang dapat membantu kamu membuat sebuah daftar pemeriksaan tentang langkah atau tugas yang perlu diselesaikan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dalam bisnis. Lebih lengkapnya, simak yuk pengertian hingga cara membuat action plan bisnis yang tepat.
Melansir penjelasan dari laman Creately, action plan adalah sebuah dokumen yang isinya menjabarkan secara rinci apa saja tugas-tugas yang perlu diselesaikan untuk meraih tujuan tertentu dalam bisnis.
Sederhananya agar lebih mudah dimengerti, dokumen ini memecah proses tugas-tugas yang nantinya dapat ditindaklanjuti berdasarkan timeline tertentu. Jadi, action plan juga akan menguraikan semua langkah yang perlu dilewati agar bisa mencapai tujuan dengan efektif.
Action plan ini juga akan membantu mencapai target secara efisien dengan menetapkan kerangka waktu, seperti tanggal mulai dan akhir, pada setiap langkah dalam proses menjalankan bisnis.
Secara garis besar, manfaat dari action plan sebenarnya sudah dijelaskan sedikit di atas, yaitu untuk membuat struktur tugas-tugas dalam bisnis menjadi lebih efektif, efisien dan rinci. Namun, ada juga keunggulan lain dari action plan, yaitu memudahkan pelacakan kemajuan dan merencanakan berbagai hal. Berikut beberapa manfaat action plan lainnya dalam bisnis:
Cara pertama dalam membuat action plan adalah tentukan tujuan yang ingin dicapai saat menjalankan bisnis. Kamu bisa mulai dengan menentukan atau menganalisis solusi, kemudian tuliskan tujuannya.
Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, kamu bisa menentukan tujuan bisnis ini dengan menggunakan metode SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely. Berikut ini penjelasan membuat action plan dengan metode SMART:
Cara kedua, buatlah susunan daftar langkah yang perlu dilakukan. Tujuan dari daftar ini untuk mencantumkan tugas apa saja yang perlu diselesaikan, tanggal jatuh tempo atau deadline, dan siapa yang bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.
Pastikan seluruh tim terlibat dalam proses kerja ini dan memiliki akses ke dokumen yang sama. Sehingga, setiap orang dalam tim akan menyadari peran dan tanggung jawab masing-masing dalam proyek, ya.
Cara ketiga adalah memprioritaskan tugas dan deadline pengerjaan. Dalam hal ini sangat penting untuk mengatur ulang daftar rencana nyata dengan memprioritaskan tugas-tugas bisnis. Apabila dibutuhkan, cantumkan tenggat waktu atau deadline yang realistis dalam setiap pengerjaannya. Ada baiknya, kamu juga melakukan diskusi dengan anggota tim yang bertanggung jawab agar bisa lebih memahami perannya sebelum membuat tenggat waktu, ya.
Cara keempat adalah waktu pengerjaan, yang akan membantu tim kerja tetap termotivasi meskipun deadline masih jauh.
Cara kelima atau yang terakhir adalah ketahui sumber daya yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik. Jika kamu tidak mengetahuinya, maka harus membuat rencana terlebih dulu dalam pembuatan anggaran dan alokasi biaya yang dibutuhkan.
Bagi kamu yang masih kesulitan dalam mengelola bisnis, kini ada Youtap POS. Di mana fitur-fitur canggihnya dapat membuat seluruh kegiatan bisnis sehari-hari jadi lebih efektif, efisien dan mudah. Pasalnya, seluruh pencatatan transaksi bisnis setiap harinya dapat dilakukan secara digital.
Kemudian, adanya fitur seperti Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga, Riwayat Transaksi, QRIS dan semua Cashless, POS Kasir, E-menu, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk juga akan memudahkan kamu. Segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store, ya!