Seperti yang kita tahu, melakukan pengamatan pada pergerakan kompetitor menjadi salah satu hal penting untuk bisa memperkuat bisnis. Pasalnya, dengan mempelajari seluk beluk kompetitor, Bos dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka. Sehingga lebih mudah membuat strategi untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas bisnis. Lalu, bagaimana cara mempelajari kompetitor bisnis yang tepat?
Cara pertama, coba kunjungi toko kompetitor secara langsung baik itu online maupun offline. Apabila toko kompetitor offline, maka lakukan kunjungan secara rutin, untuk bisa mempelajari layanan hingga produk-produk pesaing.
Sedangkan, jika kompetitor menjalankan bisnis online, maka lakukan sesering mungkin untuk mengunjungi website tokonya. Kemudian, pelajari bagaimana cara kompetitor melakukan pengelolaan situsnya.
Cara kedua, ikuti dan pantau perkembangan media sosial kompetitor. Pasalnya, melalui media sosial ini, para Bos akan lebih mudah mengetahui informasi terbaru dari kompetitor secara real time dengan melihat postingan terbaru mereka.
Cara ketiga, lakukan monitor terhadap komentar dari pelanggan terkait bisnis, karena biasanya pelanggan sering mengulas produk atau jasa yang digunakannya. Kamu bisa coba membaca kolom komentar di media sosial seperti Instagram atau melakukan pencarian secara langsung di Google.
Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Testimoni Pelanggan untuk Bisnis
Cara keempat, cobalah untuk bertanya kepada pelanggan, bagaimana pendapat mereka terkait dengan produk atau jasa bisnis. Bisa saja, ada kenalan yang menjadi pelanggan kompetitor, dari situlah kamu bisa mulai menggali informasi lebih dalam.
Cara kelima, cobalah jadi pelanggan mereka untuk bisa merasakan secara langsung bagaimana pelayanan yang diberikan dan kualitas produknya. Pasalnya, mencoba sendiri adalah cara paling ampuh untuk mempelajari kompetitor.
Tak lupa lakukan pendaftaran membership untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai penjualan dan event kompetitor.
Terakhir, perhatikan juga iklan atau promosi yang dilakukan oleh kompetitor, baik itu online, media cetak, atau pun di media elektronik. Ini menjadi bagian penting yang juga tidak boleh dilupakan agar kamu bisa membuat kampanye promosi yang jauh lebih menarik dan juga efektif untuk merebut hati pelanggan.
Jadi, agar bisa lebih maksimal dalam mengembangkan bisnis, ada baiknya untuk pelajari kompetitor. Di mana nantinya, hasil dari riset tersebut bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kualitas atau pelayanan bisnis menjadi lebih unggul dari pesaing.
Kemudian, untuk mendukung perkembangan bisnis, ada baiknya para Bos menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS yuk. Pasalnya, aplikasi ini memiliki beragam fitur canggih yang mampu bantu kelola bisnis, mulai dari pembuatan laporan, pencatatan transaksi, dan lain-lainnya.