Harga memang salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar dalam penjualan sebuah bisnis. Sehingga ketika menetapkan harga jual pastikan kamu menghitungnya dengan rinci, agar bisa mendapatkan keuntungan dan juga tidak terlalu memberatkan pihak pembeli. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menaikkan harga jual jika bahan-bahan dasarnya semakin mahal, lho. Berikut ini strategi menaikkan harga jual yang tepat.
Strategi menaikkan harga jual yang pertama adalah dengan mengganti kemasan atau packaging sebuah produk. Bila kamu menjalankan bisnis kuliner maka bisa ganti plating atau penyajian makanannya.
Kemasan yang dibuat lebih menarik, bernilai estetik, dan juga berkualitas tentu akan membuat konsumen berpendapat bahwa harga yang diberikan memang sebanding dengan produk yang dibeli. Sehingga ketika menaikkan harga jual, hal tersebut tidak akan memengaruhi penjualan bisnis.
Strategi menaikkan harga jual yang kedua adalah menambah segmen market yang dituju. Dengan menambah segmen pasar, tentu kamu akan punya potensi untuk meningkatkan harga jual. Namun, perlu diingat strategi ini tidak bisa berdiri sendiri karena tetap harus terintegrasi dengan beberapa strategi lainnya, ya.
Strategi menaikkan harga jual ketiga adalah menambah pengalaman atau fasilitas pada bisnis. Semakin baik pengalaman yang didapatkan oleh pelanggan tentu akan membuat mereka berani untuk mengeluarkan biaya lebih, karena sebanding dengan apa yang didapatkan.
Selanjutnya, kamu juga bisa mempersiapkan produk spesial yang memang berbeda dari sebelumnya. Jadi, kamu akan mencoba meningkatkan harga jual dengan mengeluarkan menu baru.
Melalui produk baru ini juga diharapkan dapat menggeser produk-produk sebelumnya, sehingga mampu mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Pastikan saja bahwa produk baru yang spesial ini memiliki diferensiasi kuat, dan membuat orang percaya bahwa harganya sesuai dengan kualitas.
Kemudian, menaikkan harga jual juga harus dilakukan secara bertahap. Pertama ketahui harga mana yang dapat dinaikan, kemudian impact-nya terhadap konsumen dan bisnis. Sangat tidak dianjurkan untuk menaikan harga secara agresif sehingga membuat konsumen sadar apabila semua harga naik.
Terakhir, harga juga dapat dinaikkan dengan menggeser atau mengubah brand positioning. Tentu saja strategi satu ini harus diikuti dengan serangkaian aktivitas lain untuk bisa berhasil apalagi terkait dengan peningkatan harga.
Itulah beberapa strategi menaikkan harga jual dalam bisnis. Jadi, pastikan untuk menaikkannya secara bertahap dan lakukan perluasan segmen pasar, peningkatan kemasan, dan lain-lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Kini kamu juga tidak perlu lagi khawatir soal pengelolaan bisnis karena sudah ada Youtap POS yang memiliki berbagai macam fitur canggih seperti pencatatan transaksi secara otomatis, pembuatan laporan hingga analisis keseluruhan sehingga lebih mudah melihat keuntungan dan kerugian yang dialami.