Umumnya banyak pelaku bisnis yang enggan menerapkan poin reward untuk pelanggan karena hanya dianggap sebagai strategi jangka pendek saja. Padahal kenyataannya, dengan menerapkan strategi poin reward, kamu akan lebih mudah membangun loyalitas pelanggan.
Bahkan kini hampir seluruh perusahaan startup menerapkan poin reward, jadi semakin besar transaksi yang didapat, maka akan semakin besar pula reward yang didapatkan oleh pelanggan. Bagi kamu yang tertarik menerapkan strategi satu ini, simak beberapa contoh cara mem
Poin reward untuk pelanggan adalah salah satu strategi untuk mengapresiasi mereka dengan cara memberikan poin atas setiap tindakan pembelian yang sudah dilakukan. Poin yang telah didapatkan oleh pelanggan tersebut, nantinya dapat ditukarkan dengan barang atau diskon untuk transaksi selanjutnya.
Manfaat dari poin reward ini tentu untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis, sehingga dapat membantu pertumbuhan bisnis. Jadi, kedepannya akan semakin sering pelanggan atau konsumen datang ke bisnis milikmu.
Bahkan jika pelanggan semakin loyal dengan bisnis milikmu, maka mereka tidak akan pikir panjang untuk berbelanja lebih banyak lagi hingga merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya, lho.
Biasanya untuk bisa membeli barang tertentu beberapa pemilik bisnis mengharuskan pelanggannya untuk daftar atau register terlebih dahulu. Lalu, akan ada dua jenis pendaftaran yang bisa diberi dalam bentuk poin, yaitu:
Seperti yang kita tahu bahwa saat pelanggan mengunjungi website, tidak semua bersedia berbagi informasi dengan cara mendaftarkan diri menjadi anggota. Jadi, untuk menarik perhatian mereka, cobalah untuk memberikan insentif dalam bentuk poin.
Selain memberikan poin reward, data dari pendaftaran pelanggan tadi bisa digunakan untuk membuat strategi pemasaran yang lebih personal kedepannya.
Ini adalah salah satu cara penerapan poin reward yang terbilang paling mudah karena hanya dengan melakukan transaksi banyak, mereka bisa mendapatkan poin tinggi.
Setiap orang pasti sangat senang ketika mendapatkan hadiah kejutan, bukan? Sama halnya dengan pelanggan, mereka tentu akan bahagia jika mendapatkan hadiah setelah puas berbelanja. Namun, hadiah yang bisa kamu berikan berupa poin reward.
Pelanggan tentu akan merasa diberikan apresiasi dan semakin terhubung dalam emosi khusus dengan bisnis milikmu.
Ulasan positif memang menjadi salah satu hal penting bagi bisnis untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Oleh karena itulah, ada baiknya kamu mengapresiasi pelanggan yang memberikan ulasan positif terkait produk bisnis. Caranya dengan memberikan poin reward bisa berupa produk bisnis atau potongan harga saat melakukan pembelian selanjutnya.
Jadi, poin reward adalah salah satu strategi jangka panjang untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnismu. Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan, seperti memberikan poin reward saat register, setelah melakukan transaksi, dan lain-lainnya. Lalu, jangan lupa juga untuk membuat seluruh kegiatan bisnismu jadi semakin efektif dan efisien dengan menggunakan Youtap POS yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih.