Lebih Efektif Capai Kesuksesan, Berikut Strategi Pengembangan Bisnis yang Jitu

Oleh
September 27, 2024
Share this:

Strategi pengembangan bisnis menjadi salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya melalui strategi ini akan ada sederet perencanaan, tujuan, dan aktivitas yang harus jelas agar dapat mengidentifikasi peluang bisnis dan mempertahankan keberlangsungan  sehingga bisa mencapai kesuksesan. Agar tidak salah langkah berikut beberapa strategi pengembangan bisnis. 

Strategi Pengembangan Bisnis

strategi pengembangan bisnis
Gambar: freepik.com/pressfoto

1.  Membangun Brand Awareness 

Membangun brand awareness adalah hal paling penting yang perlu dilakukan ketika menjalankan bisnis walaupun masih berskala kecil. Melakukan branding bisa dilakukan melalui media sosial di era sekarang ini karena cukup efektif, jika kamu tidak memiliki biaya terlalu besar untuk pemasaran. 

2. Cobalah Buat Logo Bisnis 

Kemudian, membuat logo di mana akan menjadi representasi bisnis yang kamu jalankan. Pastikan membuat logo yang menarik serta memiliki makna tersendiri yang mampu mewakili bisnis. Sebagai tips, pilihlah warna yang khas serta tidak boleh lebih dari 3 dalam satu logo. 

3. Pastikan Melakukan Riset Pasar

Tren pasar memang selalu berubah-ubah, sehingga kamu sebagai pemilik bisnis harus selalu melakukan riset. Tujuannya agar bisa memahami atau mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk yang dijual dan mengetahui tren di pasaran. Nantinya, hasil riset ini, bisa digunakan untuk menentukan arah bisnis. 

Baca juga: Apa Pentingnya Melakukan Strategi Social Proof dalam Marketing Bisnis?

4. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Ketika Promosi

Telah disebutkan sebelumnya secara singkat, bahwa saat ini promosi menggunakan media sosial terbilang cukup efektif. Alasannya, karena lebih banyak orang suka belanja online, jika dibandingkan harus ke toko langsung. 

Kamu bisa menggunakan platform Instagram, Twitter, Facebook, bahkan Youtube sebagai media promosi bisnis. Pastikan juga untuk selalu menggunakan hashtag dan caption yang sesuai dengan produk sehingga calon pembeli bisa lebih mudah menemukan bisnismu. Melakukan promosi di media sosial sudah terbukti menjadi media pemasaran yang sangat efektif khususnya untuk pelaku usaha yang berskala kecil.

5. Pastikan Melakukan Evaluasi Bisnis

Terakhir, melakukan evaluasi terhadap bisnis. Tujuan evaluasi bisnis ini untuk mengamati apakah mengalami penurunan atau peningkatan penjualan. Jika terjadi penurunan yang cukup signifikan, maka segera cari strategi marketing yang lebih cocok dan baru agar bisa meningkatkan kembali penjualan. 

Jadi, tidak hanya selalu fokus ada promosi, tapi ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menjalankan bisnis. Strategi pengembangan bisnis yang perlu dilakukan untuk capai kesuksesan adalah brand awareness, melakukan riset pasar, logo, menggunakan media sosial, hingga evaluasi bisnis. 

Kemudian, untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari para BOS bisa menggunakan Youtap POS sebagai Aplikasi Kasir Digital yang memiliki fitur terlengkap seperti QRIS dan semua Cashless, POS Kasir, Riwayat Transaksi, E-menu, Analisa Pintar, Cetak Struk Sekali Tap, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Penyesuaian Harga, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk. 

Fitur-fitur tersebut tentunya dapat mengelola sekaligus mengembangkan usaha. Yuk #MulaiUsaha apapun dengan bergabung jadi merchant Youtap menggunakan aplikasi Youtap POS

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat