Melakukan pengelolaan stok barang di dunia usaha memang menjadi kegiatan penting yang tak boleh dilewatkan. Tentu saja, hal itu didukung oleh belanja stok barang yang efektif dan efisien. Agar lebih sukses dalam melakukannya berikut ini tips belanja stok barang yang tepat.
Sebagai poin utama, sebelum kamu belanja stok barang untuk memenuhi kebutuhan usaha sebaiknya secara data yang ada terlebih dahulu dengan detail. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki data stok barang yang akurat. Tujuan hal ini dilakukan agar kamu mengetahui terlebih dahulu data stok barang dari periode sebelumnya, lalu setelah itu baru bisa menentukan target pembelian selanjutnya. Selain itu, kamu juga harus melakukan diskusi dengan tim pemasaran ketika ingin menentukan angka atau jumlah persediaan stok barang pada gudang.
Selanjutnya, demi menjaga kelancaran mengatur stok barang kamu wajib menetapkan jumlah minimum yang harus selalu ada di gudang. Jadi, ketika jumlah simpanan di gudang sudah ada dibawah atau mendekati angka minimal, kamu bisa langsung belanja stok barang untuk kebutuhan usaha.
Selain itu, kamu juga harus melihat apakah laku banyak saat penjualan atau tidak. Alasannya, karena hal tersebut bisa menjadi acuan untuk meningkatkan jumlah stok barang di gudang. Lalu, lakukan pengecekan untuk menyesuaikan jumlah minimum secara berkala, ya. Kamu bisa melakukan pengecekan ini dengan tren order yang masuk, kemudian sesuaikan bila perlu.
Kamu yang memiliki sebuah usaha dengan menjual berbagai macam produk tertentu sangat penting untuk memahami jumlah sisa inventaris sebelum melakukan pembelian atau penambahan stok. Pada tingkat paling dasar, pembeli harus mengetahui hal-hal berikut sebelum belanja stok barang:
Sebagai bagian dari manajemen stok barang kamu juga harus menganalisis produk tertentu yang memang banyak dicari di pasaran. Bedakan mana produk bernilai tinggi dengan tingkat penjualan rendah, produk bernilai menengah dengan tingkat penjualan menengah serta produk bernilai rendah dengan tingkat penjualan tinggi.
Daripada kamu harus jauh-jauh untuk membeli stok barang ke toko atau pasar tertentu sebaiknya ambil saja dengan supplier yang terpercaya. Inilah alasannya kamu sebagai pelaku usaha harus bisa menjaga hubungan baik dengan supplier tujuannya agar sukses mengoptimalkan stok barang.
Jika kamu berbelanja dengan supplier tentu ada beberapa keuntungan yang didapatkan seperti bisa mengembalikan barang yang kualitasnya kurang baik, mampu mendapatkan stok barang dengan cepat, hingga siap untuk mengatasi masalah produksi atau jenis barang. Kamu juga wajib untuk selalu membicarakan atau bekerja sama dengan supplier saat ada momen tertentu agar dapat membuat promo menarik. Sebagai contoh, saat momen Ramadhan, kamu bisa melakukan kerja sama dengan supplier untuk memberikan potongan harga atau hadiah kepada para konsumen.
Jadi, agar belanja stok barang lebih efisien kamu bisa melakukan beberapa hal di atas terlebih dahulu. Agar lebih mudah, gunakan Aplikasi Youtap untuk melakukan belanja dan pengelolaan stok. Seperti yang kita tahu, bahwa adanya beberapa bentuk inventory pasti akan menyulitkan kamu dalam melakukan pengelolaan stok secara manual. Oleh karena itu, Aplikasi Stok Barang Youtap menyediakan fitur inventory yang membantu pencatatan dan pengelolaan stok barang.
Selain itu, juga bisa melakukan pengaturan dan pencatatan stok produksi dengan jadwal yang rutin serta dapat diakses secara online. Yuk, Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap, caranya hanya dengan bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store.