Aset paling penting ketika menjalankan sebuah bisnis adalah pelanggan. Tentu saja kepuasan pelanggan ini harus jadi perhatian utama saat mereka membeli produk maupun menggunakan jasa. Jika tidak, hal itu akan berdampak buruk bagi perkembangan bisnis. Dan berikut beberapa tips menjaga pelayanan terbaik untuk pelanggan setia yang perlu kamu tahu.
Ketika menjalankan sebuah bisnis sebaiknya jangan hanya berfokus pada pemasaran dan promosi, tapi kamu juga harus paham dengan keinginan konsumen. Dengan memberikan perhatian dan tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen, mereka akan menganggap kamu memperlakukannya secara spesial. Jadi tidak hanya cari keuntungan saja, tapi benar-benar profesional karena menunjukkan perhatian dalam pelayanan untuk para pelanggan. Tak hanya sebelum dan saat penjualan, tetapi juga berikanlah perhatian seusai pembelian. Kamu bisa menawarkan produk bergaransi atau menanyakan kepada pelanggan lain terkait apa yang mereka butuhkan.
Interaksi tindak lanjut antara toko dan konsumen selanjutnya adalah rutin follow up. Kamu perlu melakukan hal ini agar bisa memahami kebutuhan konsumen dan bagaimana kualitas produk atau jasa setelah menggunakannya. Kamu perlu mengetahui kepuasan pelanggan terhadap bisnis milikmu. Tanyakan apakah ada kritik dan saran. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, daripada kamu mencari konsumen baru yang belum pernah berinteraksi.
Apapun bentuknya, konsumen pasti suka dengan penawaran menarik seperti potongan harga atau diskon, bonus spesial setelah berbelanja produk hingga voucher hadiah. Namun, harus dengan perhitungan tepat agar tidak merugikan bisnis, jadi pastikan penawaran ini memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku.
Apabila sudah memiliki pelanggan setia, pastikan kualitas produk yang kamu miliki harus tetap terjaga. Hal ini karena citra produk dianggap sudah terpercaya oleh pelanggan, dan pasti akan tersebar dari mulut ke mulut. Secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan produk milikmu. Dengan memberikan produk dan juga pelayanan yang terbaik, hal itu dapat membawa pelanggan setia dengan sendirinya.
Tips agar pelanggan setia tidak pergi kamu bisa membuat sebuah komunitas dengan mengadakan event secara berkala. Sebagai contoh kamu bisa mengadakan forum, gathering, acara bazar, dan kegiatan lain yang temanya masih berkaitan dengan produk atau jasa toko milikmu.
Itulah beberapa tips untuk menjaga pelanggan setia agar tidak beralih ke toko lain. Dalam pengelolaan bisnis kini bisa lebih efektif hanya dengan menggunakan Aplikasi Usaha Youtap. Terdapat berbagai fitur menarik yang dapat kamu gunakan dalam bertransaksi, stok barang dan masih banyak lagi.