Wajib Tahu, Ini Hal-Hal yang Dapat Meningkatkan Volume Penjualan!

Oleh
AriantiK
September 27, 2024
Share this:

Pemasaran adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh ketika kamu melakukan penjualan pada sebuah brand bisnis. Saat bisnis dikenal oleh masyarakat di pasaran, tentu penjualan pun akan mengalami peningkatan. Dan berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi volume penjualan. 

Hal-Hal yang Dapat Memengaruhi Volume Penjualan 

Agar dapat menjaga volume penjualan dengan baik, tentu wajib untukmengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi volume penjualan pada sebuah bisnis: 

1. Strategi Pemasaran yang Dilakukan 

Volume penjualan
Gambar: freepik.com/tirachardz

Strategi pemasaran memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan volume penjualan. Apabila strategi pemasaran yang digunakan efektif dan cocok untuk target pasar, volume penjualan akan naik dengan cepat. 

Tetapi, jika pemasaran yang dilakukan tidak menggunakan strategi yang terukur, maka volume penjualan pun bisa turun dan naik atau tidak stabil.

Strategi pemasaran sangat mempengaruhi volume penjualan karena pada tahap ini bisnis milikmu bisa membangun komunikasi dengan konsumen. Pemasaran ini juga yang mampu meyakinkan produk atau jasa yang dijual kepada konsumen. Oleh sebab itu, gunakanlah strategi pemasaran yang tepat. 

2. Penentuan Harga 

volume penjualan
Gambar: freepik.com/ijeab

Selanjutnya adalah faktor harga. Ini menjadi penting dalam meningkatkan volume penjualan karena harga yang sesuai dengan kualitas dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Melalui harga kamu bisa menjelaskan apakah produk yang dijual berkualitas atau tidak. 

Dari sisi pemasaran, harga secara tidak langsung dapat menjadi penilaian bagi produk yang ditawarkan. Karena banyak sekali konsumen saat ini menilai apakah harga yang dipasang sepadan dengan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, harga dapat menjadi faktor yang cukup berpengaruh terhadap volume penjualan. 

3. Arus Distribusi

Volume penjualan
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Arus distribusi yang dimaksud adalah sebuah jalur yang dilalui dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai. Singkatnya proses agen, dealer, pedagang besar dan pengecer.

Arus distribusi yang baik dapat berjalan apabila usaha kamu memiliki stok lancar dengan permintaan penjualan yang tinggi. 

Sehingga kamu dapat menyalurkan produk kepada agen, dealer atau reseller. Distribusi ini digunakan dalam rangka mencapai volume penjualan yang telah ditargetkan. 

4. Kualitas Pelayanan

Volume penjualan
Gambar: freepik.com/lifeforstock

Terakhir adalah faktor pelayanan yang baik. Apabila kamu berhasil memberikan pelayanan yang memuaskan, tentu konsumen akan merasa senang dan membuat peluang mereka kembali membeli produk milikmu juga besar. 

Oleh sebab itu, pelayanan pun juga tidak boleh disepelekan karena menjadi sebuah kunci sukses suatu perusahaan untuk mengikat pelanggannya. Sehingga mereka percaya untuk memakai produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan milikmu.

Setelah penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada empat hal utama yang memengaruhi volume penjualan pada bisnis yaitu strategi pemasaran, penentuan harga, arus distribusi, dan kualitas pelayanan. Lalu, agar dapat memberikan kepuasan konsumen lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan Aplikasi Youtap POS. Di mana seluruh kegiatan untuk mengelola usaha menjadi lebih efektif dan efisien baik untuk penjual saat melayani pembeli. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera  Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat