Ketika menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti akan mendapatkan berbagai macam keluhan dari pelanggan seperti kurang puas terhadap barang atau jasa tertentu. Sehingga kamu perlu mengetahui cara menangani keluhan pelanggan yang tepat agar tetap mendapatkan kepercayaan publik. Lebih lengkapnya, berikut beberapa cara tepat untuk menangani keluhan dari pelanggan.
Cara pertama, kamu harus responsif ketika menangani keluhan dari pelanggan. Pasalnya keluhan yang terlalu lama dibiarkan hanya akan membuat pelanggan merasa tidak dihargai dan dianggap kurang serius dalam menangani masalah. Jika begitu, maka citra bisnis akan menjadi rusak dan kurang terpercaya di mata pelanggan.
Baca Juga: Hal Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha UMKM
Cara kedua, pastikan untuk memberikan jawaban singkat dan jelas sehingga pelanggan tidak merasa terlalu rumit saat menyelesaikan masalah mereka. Apabila mereka kurang puas dengan jawaban yang diberikan, sebaiknya sampaikan kamu akan mempelajari masalahnya lebih lanjut dan sesegera mungkin memberikan solusi terbaik.
Cara ketiga, pastikan untuk menyampaikan permohonan maaf ketika pelanggan memberikan keluhan. Agar bisa mengatasi ketidaknyamanan yang dialami oleh pelanggan tersebut, kamu bisa memberikan beberapa penawaran seperti potongan harga, cashback atau dapat berupa voucher. Sebagai solusi alternatif, juga bisa melakukan refund untuk menjaga kepercayaan pelanggan.
Baca Juga: 5 Tips Cara Bisnis Kecil-Kecilan
Cara keempat, tunjukkan rasa empati terhadap keluhan dari pelanggan. Pasalnya, dengan menunjukkan rasa empati terhadap pelanggan, maka mereka akan merasa lebih dihargai.
Cara kelima, pastikan kamu tidak memberikan solusi yang rumit untuk dipahami dan dilakukan oleh pelanggan. Oleh karena itu, buatlah alur pengaduan yang sederhana dan terpusat sehingga pelanggan mudah mengerti dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Baca Juga: 7 Strategi Penjualan Online Paling Efektif Meningkatkan Omzet
Cara keenam, pastikan untuk tetap tenang dan sabar ketika menangani keluhan dari pelanggan. Memang sebagai pegawai yang bertanggung jawab dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan, kamu dituntut untuk tetap tenang dan sabar. Jika kamu mudah terbawa suasana dan cepat emosi maka hanya akan memperkeruh masalah yang ada.
Cara ketujuh atau yang terakhir adalah ucapkan terima kasih atas keluhan dari pelanggan. Pasalnya keluhan tersebut dapat membantu kamu memahami seberapa bagus kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Sederhananya, keluhan pelanggan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk bisnis agar lebih baik lagi.
Baca Juga: 7 Tips Jitu Memulai Usaha Toko Kelontong
Jadi, itulah beberapa cara menangani keluhan pelanggan yang tepat. Umumnya, keluhan pelanggan terhadap bisnis online lebih mudah untuk diselesaikan karena praktis. Apalagi dengan hadirnya customer support yang tersedia pada tiap e-commerce akan membantu kamu menyelesaikan keluhan pelanggan secara cepat.
Kemudian, agar bisa terus menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga untuk menggunakan sistem berbasis digital dalam proses pengelolaannya, ya. Di mana dengan menggunakan aplikasi kasir digital dari Youtap POS kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang salah satunya dapat membantu membuat laporan penjualan.
Lebih menguntungkannya lagi, Youtap POS juga menyediakan berbagai fitur canggih lainnya untuk mengelola usaha seperti, POS Kasir, QRIS dan semua Cashless, E-menu, Analisa Pintar, Cetak Struk Sekali Tap, Riwayat Transaksi, Multi Perangkat Terkoneksi, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk.
Lalu, bagi kamu yang ingin Mulai Usaha bisa langsung menggunakan aplikasi usaha Youtap karena terdapat macam-macam solusi pengelolaan secara lengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga tips-tips, informasi, promo, hingga event menarik lainnya di Blog Youtap. Tunggu apalagi? Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.