20+ Peluang Usaha di Desa yang Sangat Menjanjikan

Oleh
December 12, 2023
Share this:

Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak sekali kontribusi masyarakat Desa dalam menopang perekonomian nasional. Di mana banyak sekali produk-produk usaha desa yang banyak diminati oleh masyarakat kota bahkan ada juga yang sukses ke luar negeri. Hal ini tentunya didukung dengan penentuan jenis usaha yang tepat dengan kebutuhan masyarakat. 

Jadi, tidak melulu di perkotaan, kamu yang tinggal di desa pun bisa mulai usahamu sendiri, lho. Apabila dilakukan dengan serius, tentu membuka bisnis di desa jauh lebih menguntungkan. Lalu, apa saja peluang usaha di desa yang paling menjanjikan? 

Peluang Usaha di Desa

1. Membuka Usaha Galon

peluang usaha di desa
Gambar: freepik.com

Membuka usaha isi ulang galon bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan. Alasannya, karena desa kaya sumber mata air dan memiliki kualitas air tanah yang sangat baik. Kemudian kamu bisa dengan mudah menemukan alat instalasi untuk membuka usaha depot air minum. Terlebih jika penggunaan dispenser di desa semakin meningkat, hal itu akan sangat berpengaruh pada usaha isi galon dan memiliki prospek yang cukup baik ke depannya.

2.  Membuka Usaha Pertanian Hidroponik

Bagi kamu yang masih asing mendengar hidroponik, ini adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam air serta ditambahkan banyak jenis nutrisi. Meskipun usaha ini sedang banyak dilakukan di perkotaan, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk jadi peluang usaha di pedesaan. Seperti yang kita tahu, bahwa umumnya masyarakat desa memang telah hidup dengan pertanian sehingga ketika membuka usaha pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit. 

3. Membuka Usaha Ternak Ayam Kampung

Selanjutnya adalah membuka usaha ternak ayam kampung. Peluang usaha yang satu ini terbilang cukup menjanjikan karena umumnya di desa memiliki lahan yang luas dan juga lingkungan kondusif untuk beternak ayam. Tidak seperti beternak kambing atau sapi yang membutuhkan modal banyak, membuka usaha ternak ayam kampung hanya membutuhkan modal yang cukup kecil. Keuntungan lain membuka usaha ternak ayam kampung yaitu dapat bermitra dengan berbagai perusahaan yang bergerak di bidang peternakan dan pangan. 

4. Membuka Usaha Sewa Alat Pertanian

Memiliki modal yang cukup banyak dan memang mencari peluang bisnis di pedesaan, sebaiknya cobalah untuk membuka usaha sewa alat pertanian. Usaha yang satu ini terbilang paling jelas karena memiliki target pasar yang selalu tetap atau bahkan bisa meningkat setiap tahunnya. 

5. Membuka Usaha Jasa Titip ke Kota

Kebanyakan orang hanya membuka usaha jasa titip ke luar negeri saja, padahal menawarkan jasa titip ke kota untuk masyarakat pedesaan bisa menjadi peluang usaha yang baik.Perlu kamu tahu bahwa peluang usaha di pedesaan ini sangat menguntungkan bagi kedua pihak. Baik untuk pekerja jasa titip maupun untuk masyarakat desa. 

6. Membuka Usaha SPBU Mini

peluang usaha di desa
Gambar: freepik.com

Umumnya yang kita tahu untuk membuat stasiun pengisian bahan bakar akan membutuhkan dana cukup besar, bukan? Namun, kamu bisa membuka usaha SPBU mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina dengan modal yang tidak terlalu besar, lho. Usaha SPBU Mini ini bisa jadi salah satu peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan karena jumlah stasiun pengisian bahan bakar yang masih terbatas.  

7. Membuka Usaha Pembuatan Pot Tanaman 

Kini permintaan akan tanaman hias memang semakin meningkat, hal itu membuat pembuatan pot tanaman tentu juga terus bertambah. Oleh karena itulah, membuka usaha pembuatan pot tanaman bisa menjadi peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Selain itu, modal yang dibutuhkan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing karena terdapat banyak pilihan seperti tanah liat, semen, kayu, plastik dan lain-lainnya. 

8. Usaha Kerajinan Mebel 

Seperti yang kita tahu, umumnya di desa memang masih memiliki pepohonan dengan ukuran besar, di mana bisa menjadi bahan baku untuk dibuat kerajinan mebel berupa kursi, meja, lemari, tempat tidur dan lain-lainnya. 

Meskipun usaha kerajinan mebel memang membutuhkan modal yang cukup banyak untuk berbagai macam kebutuhan operasional, namun keuntungan yang didapat pun juga cukup menjanjikan. Pasalnya, usaha kerajinan mebel ini memiliki pasar yang jangkauannya cukup luas. Tidak hanya sekadar kota-kota besar dalam negeri, tapi juga bisa diekspor ke luar negeri.

BACA JUGA: 44 Ide Bisnis Rumahan Tahun 2023 yang Berpotensi Untung Besar, Apa Saja Ya?

9. Usaha Ikan Asin 

Bagi kamu yang tinggal di sekitar daerah laut atau sungai, bisa coba menjajal usaha ikan asin. Namun, pastikan kamu memiliki lahan cukup luas untuk melakukan penjemuran, ya. Selain itu, kamu juga harus memastikan beli langsung dari nelayan agar harga yang didapat tidak terlalu mahal. 

10. Usaha Penginapan 

Apabila kamu tinggal di desa yang memiliki banyak destinasi wisata, bisa coba membuka usaha penginapan. Biasanya akan ada banyak sekali pengunjung yang datang dan menetap untuk beberapa hari, hal tersebut tentu saja bisa dimanfaatkan untuk menawarkan usaha penginapan milikmu. Tidak perlu mewah seperti penginapan hotel, pastikan saja bahwa tempat yang kamu miliki bersih, menyediakan makanan sarapan atau bisa juga tambahkan akses WiFi bila memungkinkan. Agar pengunjung bisa menikmati suasana alam desamu, cobalah untuk menata penginapan secara natural. 

Demi usaha penginapan yang sukses, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa tempat wisata di sekitar tempatmu dan memaksimalkan layanan media sosial untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan lebih luas.

11. Usaha Rental Playstation 

peluang usaha di desa
Gambar: freepik.com

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak sekali yang gemar memainkan PS atau Playstation. Melihat hal tersebut, tentu membuat usaha rental Playstation di desa bisa cukup menjanjikan. 

Apalagi, belum semua orang bisa membeli alat PS karena harga yang cukup mahal jadi mereka akan tertarik untuk menyewa daripada membelinya. Pastikan saja bahwa kamu memberikan harga sewa yang cukup terjangkau, jadi penyewa Playstation akan semakin banyak.  

12. Usaha Warnet 

Warnet atau Warung Internet, tidak lagi hanya dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan, tapi orang-orang pedesaan juga mulai membutuhkan akses internet untuk bisa mendapatkan berbagai macam informasi paling terbaru. Di mana informasi-informasi tersebut dapat mendukung kemajuan desa dalam hal sekolah hingga bisnis. 

Melihat kebutuhan masyarakat desa akan akses internet tersebut, tentu menjadi peluang usaha warnet cukup menjanjikan. Hampir sama dengan usaha rental Playstation di atas, pastikan saja bahwa harga sewanya cukup terjangkau. Cobalah untuk menyesuaikan dengan kemampuan orang-orang di desa. 

13. Usaha Jasa Bimbingan Belajar 

Sedikit berbeda dengan usaha-usaha lainnya, membuka jasa bimbingan belajar ini mungkin tidak terlalu menghasilkan keuntungan yang besar. Tapi kamu bisa membantu mendapatkan pemasukan tambahan serta membantu pelajar di desa untuk memahami pelajaran di sekolah. 

14. Usaha Minuman Ringan 

Membuka usaha minuman ringan juga cukup menguntungkan, apalagi jika tempat berjualannya berada di poros desa atau berada di dekat tempat seperti sekolah. Usaha satu ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar lho, pasalnya kamu hanya membutuhkan bahan baku yang mudah diperoleh dan plastik minuman untuk menyajikannya. 

16. Usaha Pulsa

Usaha lainnya yang juga cukup menjanjikan adalah jualan pulsa. Pasalnya, hampir semua kelas ekonomi di kalangan masyarakat akan membutuhkan pulsa untuk berbagai keperluan seperti telepon, akses internet, SMS, dan lain-lainnya. Usaha satu ini cukup mudah untuk dijalankan karena agen atau distributor dari berbagai operator cukup tersebar luas dan banyak.

17. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak lele ini sebenarnya sudah cukup banyak dijalankan, namun peluang kamu untuk mendapatkan banyak keuntungan masih besar karena permintaan pasar yang masih tinggi dan bahkan jalan ekspor ke berbagai negara telah terbuka.

Selain itu, bibit ikan lele sendiri terbilang mudah untuk didapatkan di marketplace atau datang secara langsung ke penjualnya. Bahkan menariknya, kamu tidak perlu memiliki  lahan yang luas, lho. 

Tapi sebelum memulai usaha ini pastikan membuat strategi pemasaran yang baik, ya. Cobalah untuk melakukan pemetaan pedagang pecel lele yang potensial, mencari kesempatan kerjasama dan cara memasarkannya melalui media sosial. Apabila beberapa strategi di atas telah dimaksimalkan, maka budidaya lele dapat menjadi usaha di pedesaan yang menjanjikan.

18. Usaha Pangkas Rambut 

peluang usaha di desa
Gambar: freepik.com

Usaha satu ini menjadi peluang yang cukup menjanjikan karena masyarakat desa pasti juga akan membutuhkan jasa pangkas rambut. Peminat usaha pangkas rambut di desa sendiri tentu terbilang banyak karena masyarakat desa tidak perlu lagi pergi jauh ke kota. 

Kamu yang ingin membuka usaha pangkas rambut, bisa coba mengikuti pelatihan terlebih dahulu untuk mempersiapkan menjadi barber handal. Agar lebih menarik perhatian masyarakat desa, kamu bisa menjalankannya dengan fleksibel. Maksudnya, datang ke tempat kita ataupun dengan mobile sesuai permintaan pelanggan. 

19. Usaha Bakso Aci

Seperti yang kita tahu, bakso aci jadi salah satu makanan pedas paling diminati saat ini. Baik oleh anak-anak, remaja bahkan hingga orang dewasa. Harga bakso aci sendiri juga cukup terjangkau, bisa mulai dari 7 ribuan dan membuat usaha satu ini tidak pernah sepi peminat. 

Menariknya lagi, kamu juga bisa menjual bakso aci frozen food, jadi pembeli masih bisa menyimpan sampai beberapa minggu kedepan, dan cara menyajikannya cukup mudah karena sudah tersedia bumbu-bumbu beserta krupuk dalam satu bungkus. 

20. Usaha Jahit 

Semakin canggihnya teknologi saat ini membuat mesin jahit terus berinovasi menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Di mana kini tersedia pilihan mesin jahit yang bisa digunakan dengan lebih mudah dan praktis. Bahkan kamu bisa membelinya secara kredit atau menyewanya saja, sehingga biaya operasionalnya tidak terlalu mahal untuk mulai menjalankan usaha. 

Peluang usaha jahit di desa ini bisa sangat menguntungkan, mengingat banyaknya orang yang membutuhkan jasa satu ini ketika ingin membuat pakaian dalam rangka acara-acara tertentu. Jadi, masyarakat desa tidak perlu lagi pergi ke kota untuk menjahit baju. 

21. Usaha Toko Kelontong 

peluang usaha di desa
Gambar: freepik.com/jcomp

Membuka toko kelontong juga menjadi salah satu usaha menjanjikan karena menjual beragam kebutuhan masyarakat sehari-hari seperti sembako, gas, air galon, obat-obatan, bumbu dapur dan masih banyak lagi. Umumnya, toko kelontong tidak akan sepi karena permintaan pelanggan setiap hari pasti meningkat demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika produk-produk yang dijual harganya terjangkau.  

Lalu, bagi kamu yang ingin melakukan belanja grosir untuk kebutuhan toko kelontong secara online bisa langsung kunjungi Youtap BOS karena lebih cepat, praktis, dan murah. Yuk segera beli seluruh kebutuhan usaha toko kelontong milikmu melalui Belanja Stok.

22. Usaha Souvenir Tradisional

Apabila desamu memiliki banyak barang-barang kerajinan yang unik dan khas, tak ada salahnya untuk menjual ke wisatawan yang berkunjung sebagai souvenir atau oleh-oleh. Usaha souvenir tradisional pasti menjadi peluang yang cukup menjanjikan karena memiliki banyak peminat. Baik orang-orang dari dalam negeri maupun luar negeri. 

23. Usaha Seblak 

Makanan pedas yang populer lainnya adalah seblak. Ini merupakan makanan khas sunda yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Seblak sendiri ada versi frozen food yang tentunya bisa disimpan hingga beberapa minggu ke depan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk usaha seblak juga terbilang mudah ditemui di berbagai tempat seperti bumbu penyedap, kerupuk, cikur atau kencur, dan juga beberapa topping lain yang bisa menyesuaikan selera seperti bakso dan sosis. 

24. Usaha Reseller  

Biasanya orang-orang desa akan membutuhkan waktu untuk bisa membeli barang-barang tertentu karena harus belanja ke kota. Peluang ini tentunya bisa kamu manfaatkan dengan menjadi reseller yang menjual produk baju, skincare atau produk kecantikan serta perawatan, makanan, dan lain-lainnya. 

25. Usaha Jualan Kue Tradisional 

Terakhir adalah usaha jalan kue tradisional yang memiliki banyak sekali peminat. Biasanya kue-kue tradisional dibeli untuk makanan camilan, acara pernikahan, pengajian, dan kegiatan lainnya. Banyak orang yang membeli kue tradisional karena rasanya yang enak dan harganya murah. Beberapa jenis kue tradisional yang paling ramai diminati yaitu Kue Lapis, arem-arem, kue putu, pie susu, onde-onde, mendoan, tahu isi, lumpia, dan nagasari. 

Beberapa peluang usaha di desa yang telah disebutkan di atas tentunya bisa disesuaikan dengan potensi di tempat masing-masing orang. Kamu bisa lebih dulu melakukan riset terkait dengan peminat di pasaran, baru membuka usaha yang diinginkan. 

Kemudian, untuk mendukung usaha tetap berjalan lancar, praktis dan mudah, kamu bisa mulai menerapkan sistem digital dengan Aplikasi Kasir Youtap yang bisa mencatat setiap uang keluar dan masuk dengan detail sehingga kemungkinan pencurian menjadi lebih kecil. Aplikasi Kasir Youtap ini mampu membantu kamu melakukan pembayaran online, pencatatan riwayat transaksi secara real time, bisa Cetak Struk Sekali Tap dan lain-lainnya. Kamu juga bisa dapatkan banyak informasi lainnya seperti tips, promo, hingga event di Blog Youtap.

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat