3 Ide Peluang Usaha Perikanan yang Kreatif dan Inovatif

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada berbagai macam jenis usaha yang mulai berkembang, dan salah satunya perikanan. Bagi kamu yang tertarik menjalankan usaha  perikanan ini, berikut beberapa peluang ide kreatif dan inovatif. Apa saja, ya?

Peluang Usaha Perikanan yang Kreatif dan Inovatif

Tak melulu harus dijual secara mentah, kamu yang menjalankan usaha perikanan pun bisa mengolahnya menjadi berbagai macam jenis makanan lezat. 

1. Membuat Camilan Berbahan Ikan

peluang usaha perikanan

Gambar: freepik.com/azerbaijan-stockers

Camilan berbahan ikan mampu menjadi peluang bisnis kreatif untuk kamu yang berkecimpung dalam usaha perikanan, lho. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ikan hasil budidaya dari kolam sendiri. Sehingga tidak perlu repot-repot mencari ikan dari milik orang lai.

Dengan melakukan budidaya dari kolam sendiri, tentu biaya produksinya pun bisa dikurangi atau diminimalisir. Kemudian dalam proses pemasarannya, kamu bisa coba melalui media sosial atau sharing kerjasama dengan beberapa toko oleh-oleh khas yang ada di kotamu.

2. Membuka Restoran Khusus Olahan Ikan 

peluang usaha perikanan

Gambar: freepik.com/bearfotos

Selanjutnya, kamu yang memiliki modal besar bisa coba mendirikan restoran dengan ikan sebagai olahan utamanya. Selain masih sedikit pesaingnya, para penikmat makanan olahan berbahan dasar ikan pun juga terbilang cukup banyak sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. 

Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa tambahkan sebuah tempat pemancingan tersendiri apabila memiliki lahan yang cukup besar. Dengan begitu, pengunjung bisa mengonsumsi secara langsung ikan dari hasil pancingan mereka sendiri.

Tak hanya sekadar tempat restoran yang menarik, kamu juga wajib memperhatikan kualitas makanan serta minuman yang ada di menu karena akan sangat berdampak pada kemajuan usaha kuliner. 

3. Melakukan Pengembangan Usaha Perikanan 

peluang usaha perikanan

Gambar: freepik.com/bearfotos

Terakhir, kamu bisa mencoba untuk mengembangkan usaha perikanan dengan menyediakan kebutuhan ternak ikan seperti pakan bahkan hingga obatnya.  Bagi yang masih baru terjun ke dunia usaha perikanan tak perlu khawatir karena terbilang cukup mudah untuk memulainya. Kamu bisa menjadi distributor atau menjual pakan ikan hasil olahan sendiri. 

Selain itu, ada juga bahan untuk membuat pakan ikan sendiri dan cukup mudah didapatkan seperti vitamin, dedak halus, tepung kedelai, tepung ikan, dan garam mineral. Tak hanya berpatok pada bahan-bahan di atas saja, tetapi kamu bisa menyesuaikan komposisinya dengan kebutuhan beberapa jenis ikan, ya. 

Itulah beberapa peluang usaha perikanan yang bisa kamu coba. Agar dapat bersaing di pasaran, pastikan bahwa produk yang kamu tawarkan kepada pelanggan memiliki keunikan dan kualitas yang baik. Yuk, Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat