5 Cara Branding Produk Bisnis Paling Jitu Agar Lebih Cepat Dikenal Konsumen

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Proses yang terbilang cukup sulit saat merintis usaha adalah mengenalkan produk kepada konsumen atau branding. Khususnya bagi kamu yang memiliki pesaing cukup besar di pasaran. Oleh karena itu, perhatikan beberapa cara branding produk bisnis paling jitu berikut agar lebih cepat dikenal oleh konsumen.  

Cara Branding Produk Bisnis

1. Pastikan Kualitas Produk Baik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memperhatikan kualitas produk agar branding bisa semakin kuat. Salah satu yang menentukan tingkat kepuasan konsumen adalah kualitas produk. Adanya kualitas produk yang baik, ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis milikmu jika dibandingkan dengan kompetitor.

2. Buatlah Kemasan Menarik dan Unik

cara branding
Gambar: freepik.com

Selain kualitas produk, kamu juga harus menciptakan kemasan yang menarik dan unik. Sehingga konsumen lebih cepat mengingat produk milikmu. Menciptakan desain kemasan yang menarik serta mampu melindungi produk dengan aman maka akan meningkatkan minat konsumen. Setelah itu, pastikan juga bahwa konsumen bisa membaca detail informasi produk melalui kemasan sehingga tertarik untuk membelinya. 

3. Membuat Iklan

Hingga saat ini promosi melalui iklan memang masih terbilang efektif untuk proses branding. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa lebih mudah untuk melakukan promosi secara online tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Salah satu caranya dengan membuat iklan online, di mana para pelaku usaha dengan skala kecil maupun besar mampu melakukannya. 

Baca juga: Apa Peran Logo dalam Branding Bisnis?

Keuntungan lain membuat iklan secara online, kamu bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas karena saat hampir seluruh kalangan masyarakat saat ini telah menggunakan media sosial. Beberapa media online yang digunakan untuk kegiatan branding contohnya adalah  media sosial, blog atau website hingga Google Adsense.

4. Ikut dalam Event atau Bazar Tertentu

cara branding
Gambar: freepik.com

Cara branding paling jitu lainnya adalah dengan mengikuti beberapa kegiatan semacam bazar agar produk yang kamu jual jadi lebih dikenal oleh konsumen. Namun, pilih dan sesuaikan bazar yang akan diikuti dengan bidang bisnis milikmu, ya. Nantinya, ketika mengikuti sebuah bazar kamu akan disediakan stand, sehingga bisa memilih lokasi strategis dan menghiasnya dengan menarik. 

5. Berikan Konten Edukasi Selain Menjual Produk

Ketika melakukan branding, kamu juga harus pandai dalam membangun hubungan antara konsumen dan bisnis. Sehingga, buatlah juga konten-konten edukasi ataupun nilai-nilai lain yang masih berkaitan dengan produk milikmu. Cara tersebut dapat meningkatkan citra positif dari brand

Itulah beberapa cara branding produk bisnis paling jitu agar lebih cepat dikenal konsumen. Namun, kamu juga harus memperhatikan terkait pengelolaan bisnis agar bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Solusi terbaik dalam pengelolaan bisnis di era digital saat ini adalah dengan menggunakan Aplikasi Youtap.

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat