5 Ide Usaha Sampingan Saat Puasa yang Mudah Dilakukan

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Memasuki bulan puasa, kamu akan menemukan banyak sekali jajanan makan dan minum. Mulai dari es buah, gorengan, bahkan hingga kue-kue kering. Tanpa disadari hal itu bisa menjadi ide usaha sampingan saat puasa, lho. Selain bahan-bahannya mudah didapatkan, kamu juga tidak membutuhkan banyak modal. Bagi yang tertarik, simak yuk beberapa ide usaha sampingan saat puasa berikut. 

Ide Usaha Sampingan Saat Puasa 

1. Ide Usaha Takjil

ide usaha sampingan saat puasa
Gambar: freepik.com/azerbaijan-stockers

Takjil adalah salah satu menu yang paling dicari banyak orang saat berbuka puasa. Melihat banyaknya peminat, kamu bisa jadikan ini sebagai ide usaha sampingan saat puasa. Takjil sendiri ada bermacam-macam seperti gorengan atau minuman es segar. . 

2. Ide Usaha Kartu Lebaran

Ketika menjelang Lebaran banyak orang akan berkirim hampers yang disertai dengan kartu-kartu ucapan. Ini bisa menjadi ide usaha sampingan bagi kamu yang memiliki skill di bidang desain. Selain menjual kartu Lebaran dalam bentuk fisik, kamu juga bisa menawarkan versi digitalnya. Sehingga tidak membutuhkan banyak modal. 

Baca juga: 10 Ide Usaha Minuman Segar di Bulan Puasa yang Banyak Peminat

3. Ide Usaha Kembang Api

ide usaha sampingan saat puasa
Gambar: freepik.com/lifeforstock

Seperti yang kita tahu, suasana Ramadan pasti akan ramai dengan kembang api atau petasan. Dengan mempertimbangkan peminat kembang api yang besar, tidak ada salahnya ini kamu jadikan ide usaha saat puasa. 

4. Ide Usaha Ketupat

Ketupat adalah salah satu makanan identik saat Ramadan sampai Lebaran. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki keahlian untuk membuat ketupat sendiri. Memanfaatkan momen puasa, kamu bisa jadikan sebagai ide usaha. 

Cara mengolahnya kamu cukup membuatnya dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa muda. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ketupat ini juga terbilang cukup terjangkau sehingga bisa sangat menguntungkan. 

5. Ide Usaha Hampers Lebaran

ide usaha sampingan saat puasa
Gambar: freepik.com/KamranAydinov

Usaha sampingan saat puasa yang bisa kamu coba adalah menjual hampers Lebaran. Banyak perusahaan yang memberikan hampers lebaran untuk para karyawannya. Jika memungkinkan, kamu bisa memanfaatkan koneksi dengan teman atau keluarga untuk menawarkan produk usahamu. Alternatif lain, share jualan melalui media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan menawarkan promosi yang menarik. 

Itulah beberapa ide usaha sampingan saat puasa yang mudah dilakukan. Kemudian, agar pengelolaan usaha semakin mudah dilakukan karena seluruh sistemnya berjalan otomatis, maka gunakan Aplikasi Youtap. Pasalnya, aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur canggih seperti pembuatan laporan, pencatatan transaksi hingga analisis penjualan yang tentunya akan mempermudah operasional usaha.  

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat