5 Peluang Bisnis Pariwisata yang Menguntungkan

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Kini melakukan perjalanan wisata jadi semakin mudah diakses oleh orang-orang dari seluruh dunia. Tempat-tempat wisata di Indonesia pun semakin berkembang karena sukses menarik banyak turis asing. Memanfaatkan peningkatan turis asing tersebut, ini beberapa peluang bisnis pariwisata yang bisa kamu coba kembangkan.

Peluang Bisnis Pariwisata

1. Membangun Bisnis Tour and Travel

peluang bisnis pariwisata
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sama seperti namanya bisnis tour and travel memang menjadi investasi yang paling berkaitan dengan kedatangan turis asing. Jika kamu berhasil mengelola bisnis tour and travel dengan baik, keuntungan yang didapatkan pun bisa sangat menggiurkan. 

Namun, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa modal untuk membangun bisnis pariwisata ini sangat besar. Modal tersebut akan digunakan untuk membeli kendaraan, kantor, menggaji karyawan hingga melakukan pemasaran baik secara online dan offline. Dengan adanya fasilitas lengkap dan kualitas yang baik, tentu akan membuat turis asing puas dan percaya dengan bisnis milikmu. 

2. Menawarkan Jasa Tour Guide

Menawarkan jasa sebagai pemandu wisata atau tour guide juga bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Jasa tour guide ini umumnya sepaket dengan bisnis tour and travel. Namun, ada juga yang hanya fokus menawarkan jasa tour guide saja.

Selain itu, bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis tour guide ini bisa coba lakukan kerjasama dengan perusahaan travel.

3. Membuat Penginapan untuk Turis

peluang bisnis pariwisata
Gambar: freepik.com/pikisuperstar

Peluang bisnis pariwisata lainnya adalah membuat penginapan untuk turis baik lokal maupun asing. Penginapan ini biasanya berupa hotel, homestay atau hostel. Seperti sebelumnya, kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak tour and travel untuk bisa mendapatkan lebih banyak tamu. Salah satu faktor yang membuat tempat penginapan banyak diminati oleh turis asing karena sesuai dengan lokasi dan harga terjangkau.

4. Bisnis Rental Sewa Mobil atau Motor

Ketika ingin memanfaatkan momen kedatangan para turis asing, bisnis rental kendaraan seperti mobil atau motor cukup menggiurkan. Hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis rental kendaraan ini tak hanya sekadar modal besar, tetapi juga pastikan lokasinya strategis seperti dekat dengan tempat penginapan.

5. Bisnis Kuliner

peluang bisnis pariwisata
Gambar: freepik.com/DCStudio

Terakhir yaitu bisnis kuliner. Jenis bisnis yang satu ini paling banyak diminati apabila kedatangan turis asing karena mereka ingin menikmati makanan lokal khas Indonesia.  

Itulah beberapa jenis bisnis pariwisata yang dapat menghasilkan banyak keuntungan bila dikelola dengan baik. Apabila kamu baru terjun ke dunia bisnis, sebaiknya lakukan dari yang mudah dan tidak terlalu banyak membutuhkan modal besar.

Kemudian, untuk mendukung seluruh kegiatan transaksi bisnis setiap harinya, pastikan menggunakan Youtap POS - Kasir Digital yang bisa dipakai multi device di HP maupun tablet. Sistem dalam aplikasi satu ini bisa membantu mencatat laporan keuangan dari seluruh transaksi secara otomatis, dan sudah dilengkapi dengan macam-macam fitur lainnya. 

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat