5 Strategi Jualan Online yang Mampu Tingkatkan Penjualan Hingga Maksimal, Cek Sekarang Yuk!

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Seperti yang kita tahu salah satu strategi jualan online adalah melakukan promosi. Tujuannya agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa lebih dikenal masyarakat, sehingga mereka tertarik untuk membelinya. Namun, apa saja sebenarnya strategi jualan online paling jitu? Simak penjelasannya berikut ini yuk. 

Strategi Jualan Online Paling Jitu

1. Unggah Foto Produk yang Menarik di Media Sosial

strategi jualan online
Gambar: freepik.com

Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, membuat banyak orang hampir dari semua kalangan menggunakan media sosial. Selain untuk kebutuhan pribadi, media sosial juga menjadi platform promosi produk atau jasa yang kamu jual.

Sehingga sangat penting untuk mengunggah foto produk jualan yang menarik di media sosial. Pastikan bahwa foto-foto yang kamu unggah memiliki kualitas yang bagus dan menarik. Khususnya bagi para pelaku bisnis kuliner, pastikan bahwa fot produk jualannya 30-60 persen lebih enak dari aslinya. Ini sangat penting, karena pelanggan hanya akan memilih produk atau jasa jualanmu secara online 

2. Lakukan Promosi di Grup Chat 

Selain melakukan promosi melalui situs web atau blog, kamu juga perlu menjangkau pasar lebih luas lagi dengan memperkenalkan produk atau jasa jualanmu di grup chat. Grup chat atau forum diskusi online ini adalah tempat yang bagus untuk berbagi tips dan saran industri, menjawab pertanyaan secara cepat bahkan bisa mendapatkan pelanggan baru.

Cobalah untuk membuat Whatsapp bisnis sebagai alat komunikasi dengan pelanggan. Melalui Whatsapp bisnis, tentu akan terlihat lebih terpercaya sehingga meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan untuk membeli produk milikmu. 

3. Mulai Lakukan Penawaran Produk atau Jasa ke Orang Terdekat

Sebagai langkah awal, kamu bisa coba terlebih dahulu untuk melakukan penawaran produk atau jasa ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. 

Ketika orang-orang terdekatmu mempercayakan produk jualan tersebut, besar kemungkinan nantinya juga bisa membawa pelanggan baru karena adanya review atau promosi mulut ke mulut di setiap lingkungan. 

Perlu kamu ketahui bahwa sebanyak 91 persen orang membaca review dan 80 persen orang akan percaya pada apa yang ditulis dalam review.

4. Tingkatkan Keahlian Copywriting

strategi jualan online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Copywriting jadi salah satu aspek penting ketika memasarkan produk. Pasalnya copywriting ini mampu menarik perhatian calon pelanggan baru untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dalam menulis copywriting, pastikan nama produk jelas, gunakan tag dan hashtag, adanya additional value (keunggulan produk atau jasamu jika dibandingkan dengan kompetitor), menyisipkan kata-kata call to action (berupa ajakan cara memesan produk yang sedang kamu pasarkan).

5. Cobalah Membuat Promo Gratis Ongkos Kirim

Terakhir adalah membuat promo gratis ongkos kirim. Pasalnya banyak sekali pelanggan saat ini sangat minat dengan produk-produk yang dijual jika ditambah promo free ongkir. 

Agar tidak merugi saat memberikan promo gratis ongkir, kamu bisa melakukan cara subsidi silang. Di mana kamu memberikan promo gratis ongkir untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Itulah beberapa strategi jualan online paling jitu agar laku keras di pasaran. Selain itu, kamu juga harus mulai gunakan Aplikasi Youtap untuk membantu kelola usaha jadi lebih praktis dan efektif. Di mana fitur-fitur yang tersedia di dalam Youtap POS paling lengkap dan canggih, beberapa contohnya kamu bisa lakukan pembuatan laporan keuangan dengan mudah, analisis penjualan, terdapat metode pembayaran cashless dan lain-lainnya. 

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat