5 Strategi Pemasaran Hotel yang Tepat di Era Digital

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, melakukan promosi secara online tentu sangat dibutuhkan. Apalagi bagi kamu yang memiliki bisnis hotel atau tempat penginapan. Agar memiliki banyak pengunjung pastikan banyak orang bisa mengetahui dan menemukan lokasi penginapan milikmu dengan mudah. Lalu, bagaimana strategi pemasaran hotel yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini, yuk. 

Strategi Pemasaran Hotel yang Tepat di Era Digital

1. Memaksimalkan SEO  

strategi pemasaran hotel
Gambar: freepik.com

Di era serba digital ini, pastikan bahwa hotel atau penginapan milikmu mudah ditemukan secara online. Pasalnya sebagian besar wisatawan, mulai menggunakan mesin pencari untuk menemukan tempat menginap. 

Jadi, memaksimalkan SEO sangatlah penting dalam strategi pemasaran. Gunakan kata kunci atau keyword hotel paling populer di situs website. Selain itu, kamu juga gunakan Google Ads untuk mengiklankan hotel sehingga dapat memperluas jangkauan pengunjung. 

2. Pastikan Menargetkan Audiens yang Tepat

Selain itu, kamu juga harus menentukan target audiens yang tepat. Sebaiknya tawarkan penginapan milikmu sesuai kebutuhan audiens, dan budget-nya. 

Jika perlu, bagi audiens menjadi dua, tiga, atau bahkan empat kampanye terpisah untuk memastikan mengirim pesan ke prospek yang tepat. 

3. Bangun Kemitraan Lokal

strategi pemasaran hotel
Gambar: freepik.com

Ketika membangun hotel, tentu kamu akan memilih tempat strategis sehingga dikelilingi oleh tempat wisata lokal seperti restoran, toko oleh-oleh, atau tempat-tempat lainnya. 

Hal ini pun juga bisa menjadi peluang menguntungkan untukmu. Sebaiknya jalin kerja sama dengan pemilik bisnis lokal untuk bisa saling mempromosikan. 

Misalnya, hotel milikmu bisa bermitra dengan tempat perkebunan teh sekitar untuk dijadikan tempat wisata. 

Membangun hubungan kerja sama dengan mitra lokal seperti ini akan mengarah pada pemasaran yang mudah, efektif, dan terjangkau sehingga meningkatkan tarif pemesanan.

4. Pastikan untuk Memasarkan Daerah Sekitar Hotel 

Selain mempromosikan layanan kamar dan fasilitas lain di hotel,  penting juga untuk mempromosikan daerahnya. 

Sebagai contoh, beri tahu informasi seputar daerah hotel yang menarik untuk dikunjungi. Karena sebagai wisatawan ini akan menjadi momen tak terlupakan selama berkunjung. 

5. Pastikan Situs Website Hotel Menarik

strategi pemasaran hotel
Gambar: freepik.com

Terakhir adalah membuat situs website hotel yang menarik dan user friendly bagi seluruh penjunjung baik lokal dan internasional. 

Situs web sering kali menjadi kesan pertama paling berpengaruh pada seseorang tentang hotel milikmu, jadi buatlah sekreatif mungkin. 

Tidak harus terlalu ramai dengan hiasan-hiasan, namun cukup berikan tampilan sederhana dengan berbagai informasi dan gambar-gambar lengkap terkait layanan kamar dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotelmu. 

Gunakan foto profesional, beresolusi tinggi, dan ditampilkan dalam format serta rasio yang benar agar berfungsi baik di desktop maupun seluler. Kamu juga bisa mengunggah beberapa video untuk menampilkan layanan kamar dan fasilitas secara menyeluruh. Segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

Share this:
AriantiK
Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat