6 Ide Promo Akhir Tahun yang Efektif Tingkatkan Penjualan

Oleh
AriantiK
December 18, 2023
Share this:

Ketika menjelang pergantian tahun, biasanya hampir semua brand akan mencari ide promo akhir tahun yang menarik perhatian konsumen lama maupun baru. Tujuannya sama, yaitu mencari kesempatan terakhir untuk mencapai target tahunan. Momen ini membuat seluruh pelaku bisnis harus memikirkan bagaimana caranya memberikan promo yang paling spesial agar terlihat berbeda dari yang sebelumnya. 

Adanya ide promo akhir tahun ini tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan maksimal, tapi juga dapat membantu menghabiskan seluruh produk yang masih tersisa, lho. Oleh karena itu, coba intip beberapa ide promo akhir tahun yang efektif untuk tingkatkan penjualan, yuk. 

Ide Promo Akhir Tahun

1. Diskon dengan Potongan Harga yang Besar

ide promo akhir tahun
Gambar: freepik.com

Diskon akhir tahun adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tak hanya offline, tetapi mereka yang berjualan di toko online pun juga menerapkan diskon besar-besaran. Biasanya, para penjual akan memberikan diskon untuk produk baru maupun yang sudah lama. Bedanya hanya pada syarat dan ketentuan diskon akan berbeda pada setiap produk. 

Hingga saat ini memberikan diskon besar-besaran ternyata masih menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, kamu juga bisa menjangkau pelanggan lebih banyak.

2. Mengadakan Giveaway Khusus Akhir Tahun

Selanjutnya bagi kamu yang ingin menjangkau pelanggan baru bisa dengan mengadakan Giveaway. Keuntungan lain dari Giveaway adalah peningkatan brand image agar lebih mudah dikenali masyarakat. 

Sebagai salah satu syarat dan ketentuan agar bisa berpartisipasi dalam Giveaway, berikan info kepada orang-orang untuk follow akun toko dan like lima unggahan terakhir. Kemudian, mention juga lima teman lainnya agar jangkauan awareness toko semakin luas.  

3. Buatlah Produk Tertentu Khusus Akhir Tahun atau Natal

ide promo akhir tahun
Gambar: freepik.com/wirestock

Warna identik yang menggambarkan suasana Natal adalah merah, hijau dan putih. Apabila memasuki Natal, umumnya banyak konten bahkan hingga produk tertentu akan dikemas dengan warna-warna tersebut. 

Hal itu bisa juga kamu terapkan jika menjalankan bisnis kuliner atau minuman, hadirkanlah produk dengan ciri khas Natal. Agar pelanggan lebih tertarik, sertakan bonus khusus seperti produk limited khusus di hari Natal.  

4. Acara Khusus untuk Malam Tahun baru

Tak hanya sekadar diskon atau produk khusus, kamu juga bisa memberikan kejutan spesial di malam tahun baru untuk para pengunjung toko. Khususnya bagi kamu yang memiliki toko offline. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan promo kejutan secara live dari akun media sosial bagi pemilik toko online, dengan memanfaatkan fitur Instagram Live. 

5. Memberikan Kupon Tahun Baru

ide promo akhir tahun
Gambar: freepik.com

Cara promo lain yang cukup menarik selain diskon adalah membagikan kupon belanja sebanyak-banyaknya. Kupon tersebut bisa berisi hadiah produk yang tak bernilai. Namun, syarat dan ketentuan yang seringnya dilakukan oleh para pemilik toko adalah kupon tersebut tidak bisa diuangkan. Sehingga, pelanggan harus menggunakan kupon tersebut dengan hadiah yang sudah ditentukan.

6. Melakukan Kolaborasi dengan Produk Lain

Ide promo akhir tahun yang terakhir adalah melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan produk lain yang memang memiliki banyak peminat di pasaran. Ketika melakukan kolaborasi ini pasti akan terjadi sebuah simbiosis mutualisme, di mana akan sama-sama menguntungkan untuk kedua pihak. 

Agar promo ini bisa berjalan lancar khususnya dalam proses penjualan, kamu membutuhkan pembayaran digital agar bisa menerima dan mengirim pembayaran secara cepat dan mudah.

Dengan Youtap POS, kamu dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, sehingga seluruh proses transaksi akan lebih mudah dan cepat diproses. Hal ini juga sangat menguntungkan bagi pembeli karena bisa membayar cashless. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download Aplikasi Youtap sekarang juga. Kini kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat