6 Macam Usaha Perkebunan yang Memiliki Banyak Peminat di Pasaran

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Mulai usaha di era serba teknologi memang bukanlah hal yang sulit. Tak hanya sekadar usaha pakaian dan makanan, tetapi bidang perkebunan juga memiliki banyak peminat saat ini. Bagi kamu yang tertarik menjalankan usaha di dunia agrobisnis, berikut ini beberapa macam usaha perkebunan yang paling banyak peminat di pasaran: 

Macam-Macam Usaha Perkebunan

1. Usaha Bibit dan Pupuk

usaha perkebunan
Gambar: freepik.com

Tak harus memiliki lahan yang besar, banyak juga orang yang ingin melengkapi rumah mereka dengan berbagai jenis tanaman. Melihat hal tersebut, ternyata bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Modal yang kamu butuhkan pun tidak terlalu besar.  

2. Membangun Usaha Kebun Sayur Organik

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak sekali masyarakat yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Tak hanya sekadar berolahraga secara rutin, tetapi juga mengonsumsi sayur-sayuran. Dan usaha perkebunan sayur organik pun bisa sangat menguntungkan apabila kamu mengelola dengan baik.   

Bedanya dengan jenis usaha sayuran biasa adalah sayur organik ini merupakan hasil dari perkebunan bebas dari pestisida. Selain itu juga dikembangbiakkan melalui metode hidroponik. 

Modal yang dibutuhkan terbilang sangat terjangkau, tetapi hasil yang didapatkan bisa sangat besar. Apabila kamu ingin menjual hasil perkebunannya, cobalah untuk langsung kerjasama dengan toko di pasar atau toko sayur tradisional.  

3. Buka Usaha Wisata Kebun Buah

usaha perkebunan
Gambar: freepik.com/standret

Tingkat pengunjung wisata saat ini memang semakin meningkat. Tak hanya dalam, tetapi dari luar kota pun banyak yang bepergian untuk menikmati waktu libur bersama keluarga dan teman.  

Ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi kamu. Cobalah untuk membangun sebuah tempat usaha wisata kebun buah. Berikan penawaran atau pengalaman menarik kepada para pengunjung wisata, seperti memperbolehkan melihat dan memetik secara langsung buah yang diinginkan.   

Dengan cara seperti itu, kamu tidak hanya sekadar mendapatkan keuntungan dari hasil menjual buah saja tetapi juga tempat wisatanya. Agar banyak yang tertarik, coba buat konsep tempat wisata menjadi lebih edukatif, seperti memberikan pelajaran singkat terkait tanaman buah. 

4. Usaha Perkebunan Kelapa

Tahukah kamu bahwa Indonesia salah satu pemasok kelapa terbesar di dunia? Oleh karena itu, mulai usaha perkebunan kelapa bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Perlu kamu ketahui bahwa setiap bagian kelapa ini bisa dimanfaatkan dan dijual. Contohnya seperti buahnya kelapa bisa dijual untuk diolah kembali menjadi makanan dan minuman oleh para pedagang.  

Kemudian kulit kelapa atau sering disebut sebagai batok bisa dipasok ke pengrajin. Bahkan hingga minyak hasil olahan buahnya bisa dijadikan bahan baku perusahaan minyak goreng. 

5. Usaha Kebun Jati

Pasti kamu sudah tidak lagi asing dengan kayu jati, bukan? Kayu jenis ini memang yang paling baik kualitasnya jika diolah dan merupakan salah satu dengan harga jual cukup tinggi. Apabila kamu tertarik untuk mulai usaha dan memiliki lahan luas, mungkin membangun perkebunan jati ini bisa sangat menguntungkan. Tapi sebelum itu, pastikan kamu telah memahami setiap risikonya. Salah satunya yaitu waktu panen yang cukup lama, sekitar 20 tahun.  

6. Usaha Tanaman Rempah-Rempah

usaha perkebunan
Gambar: freepik.com/valeria-aksakova

Terakhir adalah usaha tanaman rempah-rempah yang juga tidak kalah menguntungkan. Jenis tanaman yang satu ini memiliki banyak peminat yang hampir sama dengan kebutuhan sayur dan buah. Agar lebih mudah melakukan usaha tanaman rempah-rempah ini, sebaiknya pilih jenis yang mudah ditanam di rumah. 

Itulah beberapa macam usaha perkebunan yang memiliki banyak peminat di pasaran. Kemudian, untuk menunjang seluruh kegiatan pengelolaan usaha, ada baiknya untuk menggunakan Youtap POS yang menyediakan fitur-fitur canggih seperti QRIS dan semua Cashless, E-menu, Analisa Pintar, POS Kasir, Kalkulator Digital, Riwayat Transaksi, Cetak Struk Sekali Tap, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak, dan lain-lainnya.

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat