Saat ini banyak pelaku usaha sedang berlomba-lomba melakukan upaya untuk pemulihan. Berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan digitalisasi usaha mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dan berikut juga beberapa strategi pemulihan usaha yang bisa kamu lakukan.
Kunci utama agar usaha tetap bisa bertahan di pasaran adalah membuat inovasi yang relevan dengan keadaan. Memang di era baru ini pasti dibutuhkan inovasi dan perombakan besar-besaran, namun pastikan agar tidak terlalu menyimpang dan justru membuat pasar tidak tertarik.
Jadi, upayakan agar inovasi yang dilakukan untuk usaha tetap selaras dengan sektor industri bisnis yang kamu jalankan, ya. Dalam hal ini, kamu bisa fokus pada kebutuhan target market bisnis. Tetaplah melakukan riset untuk mengetahui apa yang berguna dan cocok untuk bisnis.
Seperti yang kita tahu bahwa dampak dari social distancing menyebabkan sistem belanja yang umumnya dilakukan menjadi sulit. Oleh sebab itu jadikanlah sistem online ini sebagai salah satu cara jitu agar usaha milikmu bisa kembali pulih.
Kini, segala kegiatan memang sudah dilakukan serba online. Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk memaksimalkan sistem online usaha milikmu, tujuannya agar calon pembeli lebih mudah menemukan dan membeli produk tertentu.
Demi membantu pemulihan usaha atau UMKM saat ini dengan melakukan pemasaran digital melalui media sosial. Dengan menggunakan pemasaran digital, para pelaku usaha akan lebih mudah menghitung konversi & mengukur keberhasilan. Dan berikut beberapa langkah pemasaran digital di era teknologi seperti sekarang ini:
Lebih praktis dan mudah, kini kamu bisa membuat iklan berbasis digital melalui Youtube ads, Facebook ads, & Google ads. Cara ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan awareness sebuah brand dan memudahkan UMKM dalam menjangkau konsumen yg lebih luas.
Selanjutnya adalah penggunaan media sosial. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sudah hampir semua kalangan masyarakat menggunakan handphone (HP) dan dapat meluangkan waktu selama tiga jam untuk beraktivitas di berbagai media sosial. Jadi, melakukan pemasaran digital melalui media sosial terbilang cukup efektif. Cara ini juga akan membantu brand atau toko milikmu cepat dikenal oleh banyak orang.
Adanya perubahan kebiasaan konsumen pada masa pandemi, membuat belanja online banyak diminati untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, penggunaan Youtap di era seperti sekarang ini menjadi solusi yang tepat untuk para pelaku usaha.
Dengan penggunaan Youtap POS kamu bisa mendigitalisasi usaha di mana ada banyak sekali fitur canggih yang bisa digunakan untuk membantu segala aktivitas jual beli. Contohnya seperti, aplikasi kasir, laporan transaksi digital, pembayaran QRIS, belanja stok dan masih banyak fitur canggih lainnya.
Layanan pesan-antar saat ini memang sebagai primadona usaha UMKM khususnya di bidang kuliner. Selain dinilai aman sejak pandemi kemarin, layanan pesan antar ini juga membuat konsumen lebih mudah mendapatkan sebuah produk atau jasa yang diinginkan. Karena tidak perlu jauh-jauh datang ke restoran atau toko tertentu.
Terakhir adalah melakukan manajemen risiko. Tujuannya untuk merumuskan strategi seperti apa yang mampu menghadapi potensi kerugian. Atau sebagai alternatif rencana usaha apabila terjadi hal-hal tidak terduga seperti adanya pandemi.
Jadi, pastikan untuk melakukan analisis resiko apa saja yang akan terjadi di usaha milikmu, ya. Pasalnya, melalui cara seperti ini usaha lebih mudah untuk menghindari resiko, mengurangi potensi resiko bahkan dapat mencari solusi cepat atas kerugian yang dialami. Agar seluruh pengelolaan bisnis bisa dilakukan lebih efektif dan efisien, kamu bisa mulai gunakan Youtap POS dengan macam-macam fitur canggih yang sudah disediakan.