Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 6, 2022

6 Tips Mulai Usaha Ramah Lingkungan

Demi merawat bumi agar lebih nyaman untuk ditinggali, kini waktunya mulai usaha berbasis go green industry. Berikut beberapa tips mulai usaha ramah lingkungan.

Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Seperti yang kita tahu, bahwa adanya pembangunan industri saat ini sering menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu, ini waktunya kamu mulai usaha yang sudah berbasis go green industry. Dan berikut beberapa tips mulai usaha ramah lingkungan. 

Tips Mulai Usaha Ramah Lingkungan

1.Memanfaatkan Barang Bekas 

mulai usaha ramah lingkungan
Gambar: freepik.com

Sebagai langkah awal untuk mulai usaha ramah lingkungan adalah kamu harus bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang berada disekitar. Upayakan agar barang bekas bisa diolah sehingga dapat menjadi kerajinan tangan dengan nilai guna yang cukup tinggi. Contohnya seperti, membuat bunga berbahan sedotan plastik atau hiasan dinding dari kertas.

2. Mulai Menggunakan Energi Terbarukan

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa Indonesia memiliki potensi tenaga panas bumi global yang relatif besar. Dan tenaga panas bumi tersebut bisa digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis. Contohnya seperti penggunaan hydro power untuk energi listrik, teknologi hemat air serta menjadikan bahan bakar dari biogas. 

3. Gunakan Produk Organik 

mulai usaha ramah lingkungan
Gambar: freepik.com

Selanjutnya, khusus bagi kamu yang menjalankan usaha kuliner, sangat disarankan untuk selalu menggunakan bahan baku organik. Produk makanan yang kamu miliki tentu akan lebih sehat karena tidak mengandung pestisida dan obat kimia berbahaya. 

Tak hanya bahan-bahan untuk olahan makanan saja, kamu juga perlu memperhatikan kemasan produk. Sebaiknya mulai manfaatkan wadah ramah lingkungan, seperti food grade.  

4. Gunakan Media Online untuk Kebutuhan Promosi Usaha

Sebaiknya jangan lagi menggunakan brosur atau bahan promosi cetak seperti dulu, karena akan berdampak pada lingkungan. Demi bisa melaksanakan usaha ramah lingkungan, cobalah untuk ganti cara promosi dengan memanfaatkan media online seperti blog, media sosial, atau bisa juga melalui aplikasi.

5. Gunakan Tas Belanja Ramah Lingkungan

usaha ramah lingkungan

Tidak lagi menggunakan plastik, kini saatnya kamu mulai mengurangi plastik dengan menggunakan tas daur ulang. Kamu bisa menggunakan barang-barang bekas untuk membuat tas daur ulang seperti bungkus kopi atau anyaman bambu.

6. Bangun Tempat Usaha Ramah Lingkungan

Terakhir, apabila kamu juga memiliki toko atau tempat usaha sebaiknya bangun yang ramah lingkungan. Cukup dengan ventilasi udara sehingga lebih segar dan matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Dan dengan melakukan cara ini, kamu bisa lebih hemat biaya operasional karena sudah mendapatkan cukup udara. 

Itulah beberapa tips mulai usaha ramah lingkungan yang bisa kamu coba terapkan. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Yuk, Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dengan fitur-fitur canggihnya. Bahkan kamu bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih cepat, praktis dan efektif hanya menggunakan Youtap POS

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama