Ketika sedang menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya sebagai pemilik usaha pastikan untuk lebih dulu mengenal seperti apa target market konsumennya. Hal itu sangat dibutuhkan karena bisa membantu kamu menentukan prioritas produk atau jasa mana yang bisa ditawarkan ke pasar dan memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengetahui cara menentukan target market dengan tepat. Apabila kamu sudah menentukan target market tersebut, maka kedepannya akan lebih mudah untuk membuat strategi marketing bisnis, lho.
Menurut situs hubspot.com, target market atau biasa disebut target pasar merupakan sekelompok konsumen yang menjadi sasaran produk atau layanan kamu. Target pasar ini biasanya ditentukan pertama kali oleh pemilik usaha atau bisnis yang didasarkan pada faktor-faktor seperti kebiasaan perilaku, lokasi, dan karakter demografis.
Lalu apa tujuan menentukan target market atau pasar untuk bisnis dan usaha kamu? Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menentukan target market penjualan sebelum memulai sebuah usaha:
Berikut ini 7 cara yang efektif yang bisa kamu lakukan untuk menentukan target market untuk usaha atau bisnis yang kamu jalani:
Langkah awal setelah memiliki produk yang dipasarkan, kamu bisa melihat konsumen dan buatlah target pasar yang potensial. Sebagai salah satu contoh, produk yang kamu tawarkan berupa barang fashion anak muda yang memiliki desain menarik dan dijual dengan harga terjangkau. Maka, target pasar bisnis milikmu adalah anak muda yang cenderung ingin tampil dengan desain unik. Mereka adalah pengguna smartphone yang gemar berbelanja secara online. Kemudian, apabila kamu baru menciptakan sebuah produk, cobalah untuk berasumsi dan tentukan siapa target pasarnya seperti cara di atas.
Setiap bisnis di semua bidang pasti memiliki kompetitornya masing-masing, oleh karena itu kamu harus cermat dalam mengamati persaingan di pasar. Hal ini akan membuat kamu mendapatkan peluang untuk memenangkan hati pelanggan untuk membeli produk milikmu. Dengan mempelajari bagaimana pasar merespon produk yang kamu jual dan seperti apa kompetitor menawarkan produk, tentu kamu dapat menciptakan atau mengembangkan produk terbaik.
Cara lainnya, kamu juga bisa lakukan komunikasi langsung ke lapangan dengan pelanggan. Bertanya langsung kepada mereka akan membuat kamu mengetahui secara jelas tentang kebutuhan pasar dan apakah produk bisa menjadi solusi terbaik mereka.
Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, tentu memudahkan kamu untuk menentukan target market dengan tools atau alat pendukung yang sudah tersedia. Kamu bisa menggunakan perangkat yang mengolah data seperti analytics tools untuk mengetahui target pasar. Salah satunya dengan Google Trend untuk mengetahui apa yang paling dicari di mesin pencari Google saat ini.
Buyer persona adalah sebuah representasi dari pelanggan. Di mana kamu akan menggambarkan sosok calon pembeli berdasarkan pada ciri fisik, demografi, hingga hal lainnya. Agar bisa membangun buyer persona, kamu harus memulai dengan menentukan jenis kelamin, usia, serta gaya hidup konsumen. Adanya data yang spesifik, target pasar bisnis pun akan menjadi lebih unik.
Jika sudah menentukan buyer persona calon konsumen serta kompetitor, kamu juga perlu menunjukkan kelebihan produk. Fokus pada penjelasan tentang kecanggihan produk yang kamu tawarkan.
Branding adalah hal yang penting untuk dilakukan ketika kamu menjalankan sebuah bisnis. Cara ini bertujuan untuk menciptakan persepsi atau membangun citra sebuah produk bagi pelanggan. Apabila kamu sudah berhasil menciptakan brand positioning, maka target pasar bisnis akan terbentuk dengan baik. Dan selanjutnya, kamu hanya perlu menjaga brand untuk mendapatkan potensi pasar yang maksimal.
Itulah beberapa cara menentukan target market yang paling jitu. Selain melakukan komunikasi ke lapangan dan bertemu langsung dengan pelanggan, kamu juga perlu menggunakan beberapa tools atau alat pendukung seperti Google Analytics. Selain itu, kamu juga membutuhkan tools lain yang dapat membantu dalam pengelolaan usaha yakni Aplikasi Usaha Youtap.
Tak hanya membantu mengelola usaha, tapi juga bisa untuk bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise. Salah satu fitur Youtap yang juga bisa digunakan adalah pencatatan laporan penjualan. Di mana kamu dapat melihat grafik penjualan yang nantinya memudahkan melihat keuntungan secara keseluruhan. Sehingga penentuan strategi kedepannya pun semakin mudah.