7 Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Bagi kamu yang memiliki minat di bidang kreativitas atau keahlian lain, tak ada salahnya untuk berani mencoba melakukan sebuah usaha di tengah-tengah kesibukan sebagai mahasiswa. Apalagi saat ini dunia teknologi sudah semakin berkembang dan membuat pekerjaan bisa dilakukan secara online. Berikut beberapa peluang usaha sampingan untuk mahasiswa. 

Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

1. Menjadi Youtuber

peluang usaha sampingan untuk mahasiswa
Gambar: freepik.com/DCStudio

Seperti yang kita tahu bahwa profesi sebagai Youtuber saat ini sedang banyak digandrungi para generasi milenial. Selain memiliki jam kerja yang fleksibel, bisnis ini pun sangat menjanjikan dari segi penghasilan.

Bagi kamu yang memiliki suka membuat konten video, kini kegiatan tersebut bukan lagi hanya sekadar hobi tetapi bisa menjadi peluang usaha dapat dicoba. Apabila kamu menekuni profesi menjadi Youtuber ini, tak menutup kemungkinan bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah. 

2. Menjadi Copywriter

Selanjutnya adalah menawarkan jasa copywriter. Perlu kamu ketahui bahwa copywriter ini memiliki peran penting dalam dunia bisnis karena berperan penting untuk mengajak calon konsumen membeli suatu produk.

Bahkan, saat ini kamu bisa menawarkan jasa copywriter lebih mudah dengan menggunakan berbagai platform online

3. Menjadi Photographer 

peluang usaha sampingan untuk mahasiswa
Gambar: freepik.com/benzoix

Apabila kamu memiliki bakat di bidang foto, kemampuan ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya, kamu bisa menawarkan jasa foto dengan standar harga yang sudah ditetapkan. Namun pastikan agar harga tersebut memiliki hasil yang sesuai dengan keinginan klien. 

4. Menjadi Event Organizer (EO)

Event organizer pasti dibutuhkan dalam berbagai acara seperti pernikahan, lamaran, pengajian, seminar kampus bahkan acara kantor. 

Oleh sebab itulah, event organizer menjadi salah satu usaha mahasiswa yang cukup menjanjikan. Kamu juga bisa menentukan sendiri jam kerjanya dan disesuaikan dengan kegiatan perkuliahan. 

Umumnya, bagi mereka yang bekerja sebagai EO sambil kuliah akan mengambil waktu di hari libur untuk bekerja mengatur beberapa acara yang diminta klien. 

5. Menjadi Makeup Artist

peluang usaha sampingan untuk mahasiswa
Gambar: freepik.com

Berbeda dengan dulu, saat ini profesi makeup artist justru banyak diminati khususnya oleh anak-anak muda. Tidak hanya saat pernikahan, namun acara lain seperti pemotretan, wisuda, acara formal maupun non formal akan membutuhkan jasa makeup artist

Agar usaha ini bisa terus berkembang dan kamu ingin menjadi makeup artist yang andal atau profesional pastikan untuk memiliki sertifikat dari kelas rias tertentu. Sehingga para klien pun tidak lagi meragukan keahlian yang kamu punya. 

6. Membuka Jasa Les untuk Anak Sekolah

Membuka jasa les untuk anak sekolah juga bisa menjadi peluang usaha mahasiswa yang cukup menjanjikan saat ini. Kamu bisa melakukan usaha ini sendiri atau bersama orang lain. Pastikan bahwa orang yang kamu ajak untuk bekerja sama kompeten dalam bidang pelajaran yang diajarkannya. 

Peluang usaha yang satu ini juga bisa dijalankan tanpa modal, lho. Jadi cukup menguntungkan, bukan? 

7. Reparasi Laptop

Terakhir adalah peluang usaha reparasi laptop. Seperti yang kita tahu, bahwa kendala yang sering dialami oleh beberapa mahasiswa adalah laptop atau komputer rusak. Hal tersebut ternyata bisa menjadi peluang usaha bagi kamu yang suka otak-atik komponen komputer atau laptop seperti prosesor, motherboard dan kartu grafis. 

Itulah beberapa peluang usaha sampingan mahasiswa yang bisa dicoba. Selain mendapatkan penghasilan sendiri, kegiatan perkuliahan pun tidak terganggu karena waktu kerjanya yang bisa disesuaikan atau fleksibel. Yuk, Mulai Usaha dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat