Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Saat ini mulai banyak sekali muncul bisnis fashion dengan desain sendiri. Meskipun sudah ramai dengan pesaing bisnis, namun bukan berarti kamu tidak memiliki peluang. Agar bisa berjalan lancar dan sukses, ikut beberapa cara memulai bisnis baju dengan desain sendiri berikut ini yuk. 

Cara Memulai Bisnis Baju yang Paling Jitu

1. Wajib Melakukan Riset Produk Sebelum Memulai Bisnis

cara memulai bisnis baju
Gambar: freepik.com/wayhomestudio

Tujuan melakukan riset produk untuk menentukan baju seperti apa yang akan dijual di pasaran. Metode ini juga akan membantu kamu menentukan desain seperti apa yang menarik konsumen. Jadi, saat melakukan riset coba amati pakaian sudah banyak dijual saat ini, apa masih jarang di pasaran hingga bahan-bahan baju yang nyaman saat digunakan. 

2. Perhatikan Tren dan Kenali Target Pasar

Seperti yang kita tahu, bahwa industri fashion bisa berubah dengan cepat apalagi bisnis baju. Beragam model terbaru bisa muncul dengan inovasi yang lebih segar untuk digunakan oleh masyarakat. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu mengikuti tren pakaian yang sedang digemari di pasaran. Agar tidak ketinggalan tren terbaru, gunakan media sosial, atau melakukan survei konsumen di lapangan. 

Apabila sudah mengetahui tren baju yang sedang banyak digemari, kamu bisa menentukan target pasar atau calon pembeli dengan mudah. Sehingga ketika memproduksi baju yang didesain sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan tren calon pembeli di pasaran.

3. Coba Lakukan Riset Terhadap Kompetitor Bisnis

cara memulai bisnis baju
Gambar: freepik.com/bedneyimages

Selanjutnya adalah mengenali kompetitor bisnis. Kamu harus mengetahui apakah desain baju yang kamu buat bisa bersaing dengan kompetitor. Cari tahu juga apa kelebihan dan kekurangannya. Tak lupa, kamu harus mempelajari bagaimana kompetitor melakukan pemasaran bisnis hingga distribusi produk bajunya. 

4. Membuat Desain Baju yang Menarik dan Memiliki Ciri Khas

Menarik memang penting agar, namun pastikan juga kamu membuat desain baju yang bisa menunjukkan ciri khas atau gaya sesuai dengan konsep bisnis. Ciri khas ini bisa ditampilkan dari warna-warna dan corak yang khas, serta bahan-bahan baju yang dipakai. 

5. Menentukan Konsep Bisnis Baju

cara memulai bisnis baju
Gambar: freepik.com/master1305

Agar bisa membuat desain dengan ciri khas sendiri, kamu juga perlu memikirkan konsep bisnis. Dengan adanya konsep unik dan menarik, bisa membuat bisnis berbeda dan mencolok dibandingkan dengan kompetitor. Sehingga masyarakat di pasaran akan lebih sadar dengan keberadaan bisnis baju milikmu. 

6. Melakukan Kerja Sama dengan Distributor Bahan 

Menggunakan bahan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari juga tidak kalah penting. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukanlah kerja sama dengan distributor bahan. Perlu kamu ketahui bahwa modal utama ketika berbisnis fashion adalah memiliki kualitas bahan pakaian yang bagus. Alasannya, karena bahan baju akan selalu menjadi poin pertama yang dilihat. 

7. Melakukan Promosi Bisnis Baju Milikmu

cara memulai bisnis baju
Gambar: freepik.com

Selanjutnya melakukan promosi produk milikmu. Penggunaan media sosial ini bisa menjadi cara promosi yang paling efektif di era digital. 

8. Memberikan Promo-Promo Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

Terakhir kamu juga bisa memberikan promo atau harga spesial pada produk-produk pilihan. Promo ini juga bisa dilakukan di waktu-waktu tertentu. Dengan begitu banyak calon pembeli tertarik untuk membeli produk milikmu karena dapat potongan harga. 

Itulah cara-cara sukses memulai bisnis baju dengan desain sendiri. Lalu, untuk mendukung kegiatan bisnis khususnya dalam hal transaksi kamu bisa menggunakan Youtap POS sebagai Kasir Digital yang menyediakan macam-macam fitur terlengkap. Selain itu, Youtap POS bisa digunakan multi device baik HP dan Tablet kapanpun dan di mana pun. Yuk segera download Aplikasi Kasir Online Youtap POS di Google Play Store maupun Apps Store. 

Kemudian, Youtap Indonesia juga berinovasi menghadirkan Youtap BOS, yaitu sebuah platform b2b marketplace yang mempertemukan antara supplier dengan pemilik usaha sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah dan tercepat bagi UMKM hingga pemilik usaha lainnya di seluruh Indonesia. Lebih menariknya lagi, Youtap POS dan Youtap BOS kini bisa terintegrasi hanya dengan 1 akun saja, lho!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
Tips

8 Cara Memulai Bisnis Baju dengan Desain Sendiri

December 12, 2023