9 Ide Usaha untuk Pensiunan, Apa Saja Ya?

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Bagi kamu yang sudah pensiun bekerja, dan ingin mulai usaha berikut ini ada beberapa ide bisnis yang cocok untuk dilakukan. Dengan membuka usaha, kamu bisa mendapatkan sumber penghasilan sekaligus penghilang penat ketika sudah tidak bekerja lagi. Dan berikut beberapa usaha yang cocok dilakukan setelah pensiun. 

Ide Usaha untuk Pensiunan

1. Membuka Usaha Peternakan

usaha untuk pensiunan
Gambar: freepik.com/senivpetro

Mulai usaha peternakan bisa menjadi pilihan tepat setelah masa kerja berakhir atau pensiun. Usaha peternakan ini cocok bagi kamu yang tinggal di kawasan pedesaan, karena nanti saat menjalankannya pasti membutuhkan lahan luas. 

Selain itu, juga ada beberapa jenis peternakan yang bisa kamu jalankan yaitu ayam pedaging, ayam petelur, sapi perah dan pedaging, bebek hingga burung. Seperti yang kamu tahu bahwa setiap jenis usaha pasti memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Cara menjalankannya pun berbeda-beda.

Jadi, ada baiknya terlebih dahulu belajar atau meminta saran dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang usaha peternakan ini. Pastikan juga kamu memahami target pasar yang tepat, agar hasil ternak bisa terjual dengan baik. 

2. Membangun Usaha Kontrakan

Selanjutnya, kamu yang memiliki modal besar dari dana tabungan atau pesangon pensiunan  bisa membangun usaha kontrakan atau rumah kos. dari perusahaan untuk keperluan ini. Tetapi pastikan juga sudah melakukan survei tentang potensi di lingkungan yang kamu tuju sebagai tempat usaha. 

Apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan maksimal saat membangun usaha kontrakan atau rumah kos, bisa memilih tempat paling ideal yaitu wilayah dekat perkantoran hingga kampus. 

Selain tempat yang ideal, upayakan juga agar fasilitas yang disediakan dapat memenuhi kebutuhan penyewa. Jadi, perhitungkan dengan tepat harga sewa agar sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

3. Membuka Usaha Agen Travel

usaha untuk pensiunan
Gambar: freepik.com/KamranAydinov

Bisnis agen travel juga bisa menjadi pilihan usaha yang tepat untuk orang pensiunan. Hingga saat ini paket travel yang paling dicari oleh masyarakat adalah pariwisata dan perjalanan ibadah seperti umroh atau haji. 

Usaha ini cukup menjanjikan karena minat masyarakat untuk melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri cukup besar. Untuk memulainya, kamu bisa mencoba jalin kerja sama dengan perusahaan penyedia armada transportasi tertentu. 

4. Membuka Usaha Toko Alat Tulis

Alternatif usaha lainnya adalah membuka toko alat tulis. Apalagi jika tempat usaha milikmu berada di sekitar sekolah, kampus hingga kawasan perkantoran. Usaha ini cukup menjanjikan karena, alat tulis merupakan salah satu kebutuhan pokok dan banyak dicari oleh hampir semua orang.

Pilihan lainnya kamu juga bisa melengkapi usaha toko tulis ini dengan fasilitas fotocopy. Apabila kedua usaha ini dijalankan secara bersama tentu keuntungan yang didapatkan pun juga akan semakin besar. 

5. Usaha Jual Beli Tanah

usaha untuk pensiunan
Gambar: freepik.com/pressfoto

Usaha jual beli tanah juga cocok dilakukan bagi pensiunan yang ingin terjun ke dunia bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini harga tanah hampir tak pernah mengalami penurunan bahkan di setiap tahunnya. Dengan peningkatan harga tanah setiap tahunnya, membuat peluang usaha di bidang ini pun sangat menjanjikan.

6. Usaha Fotokopi

Kemudian, ada juga usaha fotokopi. Walaupun kini dunia sudah semakin canggih karena serba teknologi, namun fotokopi ternyata masih memiliki peminat yang cukup banyak apalagi untuk anak sekolah, mahasiswa bahkan ada juga sebagian orang perkantoran. Bagi kamu yang ingin mengembangkan usaha fotokopi, bisa juga tambahkan layanan warnet untuk print dokumen-dokumen tertentu. 

7. Usaha Franchise

usaha untuk pensiunan
Gambar: freepik.com/tirachardz

Apabila kamu ingin proses mulai usaha lebih praktis, bisa coba membeli satu merek franchise dari berbagai bidang seperti laundry, minimarket atau bahkan kuliner. 

8. Usaha Laundry

Usaha laundry juga menjadi peluang yang cukup menjanjikan untuk pensiunan, lho. Kamu bisa coba tawarkan berbagai macam layanan seperti cuci pakaian, sepatu, tas dan lain-lainnya. Biasanya, banyak sekali mahasiswa atau pekerja kantoran yang tinggal sendiri akan membutuhkan jasa cuci laundry. 

9. Usaha Warung Sembako

usaha untuk pensiunan
Gambar: freepik.com/bearfotos

Terakhir, membuka usaha warung sembako yang menjual persediaan harian seperti minyak goreng, beras, telur, snack, bahan makanan dan peralatan rumah lainnya. Bagi kamu yang ingin berbelanja memenuhi kebutuhan usaha dengan lebih praktis dan cepat, bisa langsung pesan produk-produk pilihanmu Youtap BOS

Aplikasi ini menjadi platform b2b marketplace, yaitu wadah untuk membantu para pelaku usaha di seluruh Indonesia memenuhi kebutuhan berjualan mereka. Selain itu, untuk mendukung proses transaksi usaha setiap harinya agar lebih cepat, praktis dan efektif serta mudah beradaptasi dengan sistem pembayaran masyarakat masa kini, pastikan menggunakan Youtap POS, ya. 

Tidak hanya menyediakan metode pembayaran secara cashless, tapi Youtap POS juga memiliki beberapa fitur canggih lainnya yang akan membantu kegiatan usaha jadi lebih praktis, serta sudah bisa langsung terhubung dengan Youtap BOS, karena saling terintegrasi.  

Bagi kamu yang ingin melakukan bisnis ini cobalah untuk membeli tanah di tempat strategis. Jika sudah, jual kembali tanah tersebut di masa mendatang agar mendapatkan keuntungan lebih besar. Yuk, segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat