Wajib Tahu! Ini Cara Memahami Perilaku Konsumen yang Benar

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Ketika akan menyusun strategi marketing kamu harus lebih dulu memperhatikan perilaku konsumen. Apalagi di masa transformasi digital seperti sekarang, tentu akan ada banyak sekali perubahan perilaku konsumen. Oleh karena itu, ketahui yuk beberapa cara memahami perilaku konsumen berikut ini. 

Cara Memahami Perilaku Konsumen

1. Ketahui sasaran konsumen

cara memahami perilaku konsumen
Gambar: freepik.com/pch.vector

Hal pertama yang perlu diketahui adalah siapa konsumenmu agar bisa memahami perilaku mereka dengan jelas. Kamu dapat mengetahui sasaran konsumen melalui keadaan psikografis dan demografis mereka.

2. Kenali apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen

Jika sudah mengetahui sasaran konsumen, baru kamu pahami kebutuhan dan keinginan mereka. Apabila kamu bisa memberikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka mereka akan tertarik dan berdampak pada peningkatan penjualan usaha. 

3. Lakukan riset untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produkmu

cara memahami perilaku konsumen
Gambar: freepik.com/master1305

Kamu dapat memahami perilaku konsumen dengan melakukan sebuah riset melalui survei. Sehingga bisa memperoleh insight maupun feedback untuk menjadi media evaluasi. Hasil survei tersebut juga bisa digunakan untuk menyesuaikan cara komunikasi dengan konsumen di lapangan.

Melalui riset ini kamu juga bisa mengetahui tentang pengalaman dan apa saja keluhan dari konsumen tersebut terhadap suatu produkmu. Agar lebih mudah dan efektif melakukan riset di era digital seperti sekarang ini, kamu cukup pakai tools survei seperti Google Form atau form secara online menggunakan media sosial.

4. Kenali jenis konten yang menarik perhatian konsumen

Content marketing bermanfaat untuk melakukan konversi konsumen agar mereka ingin memakai produk milikmu. Sehingga mengenali jenis konten yang banyak menarik perhatian konsumen juga menjadi poin penting

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten yang sekiranya bermanfaat bagi para konsumen dengan menyesuaikan kebutuhan informasi mereka. 

Selanjutnya, sisipkan berbagai informasi mengenai produk milikmu yang bisa digunakan sebagai solusi terbaik dari masalah-masalah para konsumen. Sehingga bisa jadi sebuah content marketing yang dikonversi untuk penjualan. 

5. Lakukan analisis proses pembelian konsumen 

Cara memahami perilaku konsumen yang terakhir adalah lakukan analisis proses pembelian mereka terhadap produk milikmu. Dengan analisis ini kamu dapat melihat bagaimana cara konsumen memutuskan sampai dengan membeli produk. Selain itu, kamu juga bisa menilai apakah transaksi konsumen berjalan dengan mulus atau tidak hingga pengalaman yang mereka rasakan setelah membeli produk. 

Salah satu cara untuk memudahkan proses pembelian konsumen adalah dengan meningkatkan sistem layanan transaksi secara digital. Dalam hal ini kamu bisa gunakan Youtap POS, yang tentunya memiliki macam-macam fitur untuk mendukung pembayaran cashless. Tidak hanya itu saja, tapi Youtap POS juga dapat membantu melakukan pencatatan transaksi secara otomatis sehingga tidak perlu lagi manual untuk pengecekannya. 

Itulah beberapa cara memahami perilaku konsumen yang bisa berdampak besar pada penjualan usaha. Jadi, tidak hanya sekedar melihat apa yang mereka butuhkan dan inginkan, tetapi juga pastikan kamu melakukan riset bahkan hingga analisis perilaku konsumen untuk terus meningkatkan produk atau layanan yang dijual.

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat