Kini jualan online sudah banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Selain lebih mudah dan praktis, jualan online juga dapat membantu memperluas jangkauan pasar. Agar bisa menarik perhatian, tentu kamu juga harus menuliskan deskripsi produk yang benar. Lalu, bagaimana cara membuat deskripsi produk? Simak yuk penjelasan berikut.
Sebelum masuk pada pembahasan cara membuatnya, kamu harus lebih dulu mengetahui pengertian deskripsi produk.
Ini adalah sebuah informasi singkat yang menjelaskan mengenai produk usahamu secara rinci. Biasanya deskripsi produk ini mencakup beberapa informasi penting seperti spesifikasi cara menggunakan, kelebihan, dan lain-lainnya.
Dan manfaat paling utama dari pembuatan deskripsi produk adalah memperkenalkan kepada konsumen secara spesifik. Lalu, manfaat penulisan deskripsi produk ini untuk pembeli adalah membantu mereka mempertimbangkan pembelian. Apakah produk yang kamu jual sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen atau tidak.
Telah disebutkan sebelumnya, bahwa pembuatan deskripsi ini agar pembeli bisa lebih mudah mengenal dan mengetahui informasi rinci dari produk. Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal dalam menuliskannya. Agar tepat sasaran dan menarik bagi konsumen, berikut beberapa cara membuat deskripsi produk:
Sebelum membuat deskripsi produk, kamu harus lebih dulu mengenali target konsumen atau target pelanggan. Caranya dengan pahami karakter konsumen usahamu yang mencakup tentang minat mereka, kebutuhan, seberapa sering mengunjungi platform jualanmu dan lain-lainnya.
Apabila sudah mengetahuinya, kamu akan lebih mudah memilih gaya bahasa yang tepat agar bisa menjalin komunikasi dengan konsumen. Selain itu, tampilkan juga informasi penting terkait keunggulan ataupun fitur terbaru produk.
Bila sudah mengenal siapa target konsumen, maka selanjutnya fokus pada penulisan manfaat produk. Perlu kamu pahami bahwa konsumen cenderung lebih tertarik dengan manfaat yang bisa didapatkan dari produk usahamu. Manfaat yang dimaksud adalah setiap hal yang didapatkan oleh para konsumen saat menggunakan atau mengonsumsi produk.
Sentuhan emosional juga sangat diperlukan saat membuat deskripsi produk. Jadi tidak melulu tentang fitur, spesifikasi, dan manfaat produk saja. Kamu juga bisa tambahkan kalimat emosional agar memberikan kesan yang lebih pada calon konsumen.
Perhatikan juga bahasa yang digunakan enak saat dibaca. Dengan melakukan jualan online, tentu kamu tidak bisa bertatap muka langsung dengan pembeli, sehingga penggunaan bahasa yang tepat juga menjadi faktor penting.
Gunakanlah bahasa yang lebih mudah untuk dicerna oleh calon pembeli. Jangan lupa juga untuk menuliskan kalimat persuasif atau ajakan agar meyakinkan mereka untuk membeli.
Biasanya konsumen akan membaca deskripsi produk secara cepat atau skimming, oleh sebab itu pastikan teksnya mudah dimengerti dan dibaca. Berikut beberapa cara membuat teks deskripsi produk agar mudah di skimming:
Terakhir adalah memaksimalkan penggunaan kata kunci SEO. Tentu tujuannya untuk mempermudah para calon pembeli mencari produk di mesin pencarian seperti Google. Baik itu saat memasarkan produk di website bisnis ataupun di website marketplace.
Dengan mengikuti beberapa cara membuat deskripsi produk diatas, tentu kamu bisa memberikan informasi yang lebih rinci dan menarik kepada konsumen. Hal itu juga dapat membantu menyakinkan konsumen untuk membeli produk usaha milikmu.
Kemudian, Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Usaha dapat membantu memaksimalkan penjualan secara online. Di mana kamu bisa mengunggah foto-foto dan deskripsi produk yang ingin dijual secara rinci. Ini juga membantu memperluas jangkauan pasar.