Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Salah satu aset bisnis yang utama selain alat produksi dan modal yaitu loyalitas konsumen. Faktor ini menjadi penentu apakah sebuah usaha dikatakan sukses atau tidak. Oleh sebab itu, kamu harus mencari strategi untuk mempertahankan agar konsumen tetap loyal. Dan berikut ini beberapa cara meningkatkan loyalitas konsumen. 

Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen yang Paling Jitu

Seperti yang kita tahu bahwa persaingan bisnis di Indonesia kini semakin ketat dan pada akhirnya alasan tersebut yang membuat sebuah perusahaan harus memiliki strategi khusus agar tetap diminati oleh konsumen. Tetapi bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan loyalitas konsumen? Simak beberapa caranya berikut ini, yuk. 

1. Berikan Member Card Khusus Kepada Konsumen 

cara meningkatkan loyalitas konsumen
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Membuat program member card seperti itu sangat efektif untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan adanya member card untuk konsumen seperti ini bisa menjadi sebuah sarana bagi perusahaan untuk memberikan layanan atau fasilitas tambahan. Sebagai contoh, konsumen yang memiliki member card bisa mendapatkan fasilitas atau layanan khusus, potongan harga serta reward yang lebih. 

2. Adanya Peningkatan Kualitas Produk

Peningkatan kualitas produk juga menjadi salah satu faktor penting agar konsumen tetap loyal. Perusahaan atau pemilik bisnis harus memastikan untuk terus melakukan pengecekan hingga peningkatan kualitas produk secara berkala. 

Usahakan tidak terjadi  penurunan kualitas produk akan sangat berdampak besar pada konsumen. Hal terburuknya para konsumen yang loyal pada perusahaanmu bisa mencoba untuk beralih ke tempat lain. 

3. Memberikan Voucher atau Hadiah Tertentu Kepada Konsumen

cara meningkatkan loyalitas konsumen
Gambar: freepik.com

Selanjutnya yaitu dengan memberikan voucher atau hadiah tertentu setelah konsumen membeli sebuah produk atau sebagai cara promosi produk baru. Namun, pada umumnya voucher akan diberikan secara gratis saat perusahaan akan meluncurkan produk baru atau promosi pembukaan toko. Voucher ini sebagai kode khusus untuk konsumen agar bisa mendapatkan potongan harga ketika membeli produk yang ditawarkan atau dijual. 

4.  Memberikan Reward

Cara ampuh meningkatkan loyalitas konsumen yang juga sering dilakukan adalah menggunakan program reward. Walaupun program reward ini terbilang konvensional tetapi masih terbukti efektif untuk meningkatkan loyalitas konsumen. 

Reward ini nantinya bisa digunakan dalam bentuk potongan harga untuk produk tertentu atau juga bisa ditukarkan dengan produk. Ketika memberikan reward pada konsumen ini juga dapat memberikan citra baik pada perusahan. 

5. Berikan Pelayanan yang Memuaskan Konsumen

cara meningkatkan loyalitas konsumen
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Pelayanan adalah bagian penting ketika kamu memiliki sebuah toko baik online maupun offline. Pelayanan baik akan mendatangkan banyak pelanggan karena merasa nyaman berbelanja produk di toko milikmu. Jadi, pastikan konsumen merasa puas atas pelayanan yang telah diberikan oleh toko atau perusahaan milikmu. 

6. Adanya Inovasi Produk

Kebutuhan konsumen setiap harinya pasti ada saja yang mengalami perubahan. Oleh karena itu, kamu harus terus memiliki inovasi produk agar  loyalitas konsumen bisa terbentuk dengan sendirinya. Inovasi produk yang dimaksud di sini adalah kemasan produk baru, jasa layanan bahkan hingga cara pengiriman kepada konsumen agar mereka merasa puas dan tidak bosan. 

7. Buatlah Varian Baru Pada Produk yang Ditawarkan 

Terakhir, perusahaan bisa membuat varian baru pada produk yang dijual agar konsumen masih terus tertarik dan tidak merasa bosan dengan pilihan yang itu-itu saja. 

Itulah beberapa cara meningkatkan loyalitas konsumen yang perlu kamu lakukan agar mereka tidak beralih ke tempat atau perusahaan lain. Dalam hal ini, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha seperti E-menu, Cetak Struk Sekali Tap, QRIS dan semua Cashless, Riwayat Transaksi, Analisa Pintar, Multi Perangkat Terkoneksi, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
Tips

Wajib Tahu, Ternyata Begini Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen Paling Jitu!

December 12, 2023