Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini media sosial menjadi salah satu platform paling unggul yang dapat digunakan untuk membantu berjalannya strategi marketing jenis apapun. Namun, dalam pelaksanaannya sendiri, kamu harus paham cara meningkatkan engagement media sosial. Dan berikut ini beberapa cara yang perlu diketahui.
Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu pahami dulu bahwa keterlibatan atau engagement media sosial adalah sebuah tolak ukur tentang bagaimana orang-orang berinteraksi dengan akun dan konten bisnis milikmu secara online. Keterlibatan atau engagement yang dimaksud dapat mencakup like dan favorite, comment, direct massage, reply, share dan retweet, save, click, dan mention.
Ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena dengan adanya keterlibatan yang intens, kamu dapat dengan mudah mengukur apakah konten yang dibuat dapat menjangkau pelanggan serta calon pelanggan atau tidak.
Apabila banyak orang merasa tertarik dengan konten-konten milikmu maka mereka akan cenderung dengan cepat melakukan keterlibatan dalam hal tindakan seperti pembelian atau bertanya seputar produk bisnis. Bagi kamu yang ingin berhasil meningkatkan engagement media sosial bisnis, berikut beberapa cara yang perlu dilakukan:
Pertama, kamu harus lebih sosial dan interaktif. Di mana rajin dalam membalas komentar atau pesan, membuat questionnaire, atau juga mengadakan kegiatan apapun yang memungkinkan untuk berinteraksi lewat media sosial dengan pelanggan.
Kedua, cobalah untuk menciptakan konten yang unik secara konsisten. Ketika memiliki persona yang unik di media sosial, maka banyak orang akan tertarik dan penasaran dengan akun bisnis milikmu. Tak hanya itu saja, bahkan juga ada kemungkinan orang-orang membagikan ulasan positif atas brand milikmu, lho.
Ketiga, pastikan untuk memahami algoritma dan audiens media sosial. Perlu diketahui bahwa tidak semua platform mengukur keterlibatan media sosial dengan cara yang sama. Sehingga, biasakan dirimu memahami algoritma unik dari setiap media sosial yang digunakan, ya.
Pertama, bisa dimulai dengan pengaturan waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Ketahui dengan pasti melalui tools yang tersedia di media sosial tersebut, kira-kira kapan jam aktif para user atau pengguna.
Keempat, membuat dan bagikan konten yang bermanfaat bagi audiens media sosial bisnis. Pasalnya, dengan membagikan konten yang bermanfaat akan membuat mereka lebih relate terhadap brandmu.
Kelima, gunakan juga hashtag yang relevan pada konten. Hashtag ini dapat menjadi keyword atau kata kunci yang dapat membantu menonjolkan postingan konten milikmu. Namun, perlu diingat, pastikan tidak menggunakan terlalu banyak hashtag dalam satu konten yang sama, ya. Hal tersebut justru dapat merusak konten media sosial dan reputasi brand.
Keenam atau cara terakhir adalah menggunakan tools analytics. Ini akan membantu dalam memantau tingkat keterlibatan atau engagement di media sosial, situs web, dan juga lainnya. Nantinya, kamu bisa memperoleh wawasan data yang kaya dan sempurna untuk membuat perubahan strategi yang diperlukan dalam peningkatan.
Menggunakan tools, dapat membantu kamu melacak jumlah penayangan dan jumlah klik tautan atau gambar hingga menemukan waktu optimal memposting konten. Beberapa rekomendasi tools yang dapat digunakan seperti Google Analytics, Twitter Analytics dan Hootsuite.
Itulah penjelasan mengenai cara meningkatkan engagement media sosial, yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis agar lebih maju. Namun, pastikan juga bahwa pengelolaan bisnis milikmu juga sudah dilengkapi dengan sistem digital, agar lebih praktis, efektif dan efisien, salah satunya dengan menggunakan Youtap POS.