Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini media sosial memang banyak digunakan untuk melakukan kegiatan promosi bisnis, khususnya Instagram Live. Pasalnya, salah satu fitur dari Instagram ini dapat membantu meningkatkan minat konsumen agar mereka tertarik membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Oleh karena itulah, kini saatnya bagi kamu para pelaku bisnis untuk membuat Instagram Live yang menarik dengan mengikuti beberapa tips berikut.
Seringkali Instagram Live dianggap membosankan oleh audiens karena tidak memiliki perencanaan topik pembahasan yang jelas dan matang. Oleh karena itulah, melansir dari laman Hootsuite, coba buat perencanaan menggunakan konsep SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely):
Baca Juga: 5 Media Sosial untuk Promosi Bisnis, Apa Saja?
Instagram Live juga akan lebih menarik jika kamu membuat pin berisi topik yang akan dibicarakan selama siaran berlangsung. Bagi yang belum mengetahui, fitur Pin ini dapat digunakan untuk menampilkan informasi penting bagi audiens yang sedang menonton. Tak hanya sekadar berisi topik pembahasan, tetapi pin juga dapat diisi dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh penonton.
Meningkatkan engagement di media sosial bisnis memang sangat penting untuk menunjang atau memperluas jangkauan pasar. Sehingga kamu harus memaksimalkan penggunaan fitur komentar bagi para audiens agar bisa menanggapi mereka secara real time. Jadi, pada saat penonton menanyakan sesuatu terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan, bisa langsung dijawab pada saat sesi Live berlangsung. Fitur lainnya yang juga bisa digunakan adalah membuat sesi Question & Answer (Q&A) pada bagian akhir Instagram Live.
Baca juga: 6 Strategi Penjualan Akhir Tahun dan Alasannya Ini Jadi Cara Promosi Paling Efektif
Cara yang juga tidak boleh dilewatkan saat melakukan Live adalah penggunaan atau menyampaikan call-to-action (CTA). Ini merupakan sebuah ajakan bagi audiens, agar mereka melakukan sesuatu yang kamu inginkan seperti, membeli produk.
Pernah melihat sebuah brand melakukan ig live bareng partner bisnis atau konten kreator? Kamu juga bisa melakukan Live dengan mengajak partner bisnis, kreator, atau penggemar. Lakukanlah kolaborasi agar mendapatkan jangkauan pasar lebih luas.
Baca Juga: Pentingnya Kolaborasi Bisnis
Terakhir, buatlah promosi sebelum melakukan Live. Tujuannya agar banyak orang mengetahui tentang siaranmu dan tertarik untuk mengikutinya. Selain itu dengan adanya promosi ini, para audiens juga dapat mengingat lebih mudah terkait informasi-informasi penting seperti waktu dan topik pembicaraan.
Baca Juga: Keuntungan Promosi di Instagram dan Cara Melakukannya
Itulah beberapa tips jitu agar Instagram Live bisnis milikmu lebih menarik bagi para penonton. Lalu, agar seluruh proses transaksi bisnis berjalan lebih praktis, cepat dan mudah maka gunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS, ya. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang tentunya dapat membantu seluruh kegiatan bisnis jadi lebih efektif dan efisien.