Seperti yang kita tahu, dalam mengelola bisnis dengan teman tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di mana salah satu kekurangan yang seringkali dialami adalah terjadinya konflik dengan rekan bisnis. Namun, ketika menghadapi kondisi tersebut sebaiknya diselesaikan dengan tepat, ya. Berikut beberapa caranya.
Konflik bisa terjadi kapan saja dan bahkan disebabkan oleh hal-hal sepele ketika menjalankan bisnis dengan teman atau keluarga. Namun, pastikan kamu dapat menyelesaikannya dengan bijak dan tepat agar tidak berdampak pada kelancaran bisnis, ya. Oleh karena itulah, simak beberapa cara tepat menyelesaikan konflik dengan rekan bisnis berikut, yuk.
Cara pertama, kamu harus lebih dulu mengetahui dan memahami akar masalah yang sedang terjadi. Ini perlu dilakukan sebelum kamu merespon atau mengambil keputusan dalam bisnis.
Pasalnya ketika kamu sudah mengetahui akar masalahnya, maka dapat dengan mudah mencari solusi paling tepat dan melanjutkan bisnis. Jadi, pastikan untuk lebih dulu memahami akar masalahnya daripada harus merespon masalah dengan serangan verbal atau emosi yang meluap-luap, ya.
Kedua, cobalah untuk melakukan mediasi setelah mengetahui akar permasalahannya. Pasalnya ada konflik yang memang bisa diselesaikan dengan sanksi atau membutuhkan campur tangan pihak lain menggunakan mediasi.
Mediasi umumnya dilakukan dengan campur tangan pihak lain yang netral dan memang berperan sebagai penengah. Orang yang menjadi penengah dalam konflik ini disebut sebagai mediator, di mana tugasnya untuk membuka ruang diskusi, dan menawarkan solusi tepat dan rasional bagi kedua belah pihak.
Terakhir, lakukanlah rujuk dan persuasi. Keduanya merupakan cara yang dapat dilakukan agar pihak yang berkonflik menyelesaikan masalah dan mampu melanjutkan kerjasama bisnis dengan baik.
Rujuk dan persuasi ini akan menawarkan sudut pandang atau solusi tertentu pada pihak yang berkonflik. Nantinya, apabila berhasil, maka tidak menutup kemungkinan pihak yang berselisih ingin berubah pikiran dan memilih metode rujuk.
Itulah beberapa cara menyelesaikan konflik dengan rekan bisnis. Melihat potensi berbagai macam masalah dapat terjadi kapan saja dan disebabkan oleh hal-hal sepele sekalipun, maka penting bagi kamu untuk melakukan manajemen konflik pada bisnis.
Manajemen konflik merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan pihak yang terkait. Pelaku konflik tersebut dapat memengaruhi kepentingan bersama dalam suatu organisasi, termasuk bisnis.
Walaupun sudah biasa terjadi di dalam sebuah bisnis, namun apabila konflik dibiarkan begitu saja maka dapat memperburuk keadaan dan kepentingan organisasi. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya manajemen konflik dalam perusahaan agar tidak terjadi masalah lebih besar.
Selain itu, manajemen konflik juga dapat meningkatkan kreativitas dan kinerja para pekerja, meningkatkan kemampuan karyawan, melatih kemampuan menyelesaikan konflik, hingga meningkatkan rasa saling menghormati saat bekerja. Tentu dengan kondisi seperti itu dapat membangun perusahaan menuju lebih baik kedepannya.
Strategi manajemen konflik yang dapat kamu lakukan adalah:
Jadi, dalam menyelesaikan konflik dengan rekan bisnis, tentu harus memahami terlebih dahulu akar masalah, kemudian melakukan mediasi dan baru melakukan rujuk dan persuasi. Namun, kamu juga bisa menghindari kondisi tersebut jika melakukan manajemen konflik yang baik. Oleh sebab itu, pastikan bisnis milikmu sudah melakukan pengelolaan berbasis digital menggunakan Aplikasi Youtap.