Memiliki bisnis yang terus berkembang dan menguntungkan tentu menjadi impian setiap pelaku bisnis. Salah satu tanda kemajuan bisnis tersebut adalah dengan banyaknya konsumen repeat order. Artinya di mana pelanggan melakukan pembelian berulang di toko milikmu. Lalu, apa saja tips jitu agar konsumen repeat order?
Repeat order jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya pemesanan kembali. Kegiatan ini merujuk pada perilaku konsumen melakukan transaksi secara berulang kali dengan produk yang sama atau bahkan bisa berbeda namun tetap di tempat yang sama.
Biasanya ada banyak sekali faktor, konsumen melakukan pembelian berulang produk di bisnis milikmu. Contohnya, karena kualitas produk yang baik serta jadi kebutuhan utama konsumen seperti beras, sabun, dan makanan atau minuman.
Alasan lainnya konsumen melakukan repeat order juga karena produk yang ditawarkan memiliki nilai kualitas tinggi, serta sangat dibutuhkan. Konsumen akan melakukan pemesanan kembali apabila produk yang dibeli memang sesuai dengan apa yang diharapkan.
Selain itu, pelayanan juga memengaruhi pelanggan untuk melakukan repeat order, lho. Dengan adanya pelayanan yang baik, bisnis milikmu akan lebih disukai oleh konsumen.
Mendapatkan pelayanan yang baik saat berbelanja tentu membuat konsumen tertarik untuk berbelanja kembali di toko milikmu. Pelayanan yang dimaksud dengan menyambut mereka di depan pintu dan menanyakan kebutuhan atau produk yang sedang dicari.
Selanjutnya, kamu harus disiplin dalam mengelola stok produk dan pengiriman. Agar produk mendapatkan repeat order, kamu juga harus memastikan stok tersedia setiap saat. Dengan adanya stok yang selalu tersedia membuat pelanggan tidak pergi dan mencari ke kompetitor.
Kamu juga harus mengoptimalkan promosi, untuk menjaga konsumen tetap melakukan repeat order di toko milikmu. Promosi yang bisa kamu lakukan adalah memberikan bonus produk tertentu untuk sejumlah pembelian konsumen. Cara ini juga menjaga agar konsumen terus loyal terhadap bisnis.
Lakukan juga promosi yang berfokus pada testimoni pelanggan. Tujuan adanya testimoni ini agar dapat menarik pelanggan baru, dan meningkatkan kepercayaan produk.
Terakhir, menggunakan teknik retargeting yang merupakan salah satu teknik untuk merayu pelanggan terkait produk yang pernah mereka lihat sebelumnya dan membuat mereka kembali tertarik pada bisnis milikmu.
Itulah beberapa tips jitu agar konsumen repeat order di tokomu. Pastikan kamu juga mengelola bisnis dengan baik, agar proses kegiatan promosi, penyimpanan stok, serta belanja stok bisa berjalan lancar, ya.
Jika seluruh pengelolaan stok berjalan lancar, maka juga akan meningkatkan penjualan bisnis, karena konsumen tidak beralih ke kompetitor lain. Lalu, agar mampu menunjang kemajuan bisnis, segera gunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS untuk pengelolaannya. Di mana sistemnya dapat membantu kegiatan operasional bisni sehari-hari jadi lebih cepat, mudah dan praktis.
Yuk, buruan Mulai Usaha dengan Aplikasi Youtap dan dapatkan juga berbagai macam tips, promo, event dan informasi di Blog Youtap.