Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 1, 2022

Strategi Mengatur Keuangan Usaha

Berikut ini beberapa strategi mengatur keuangan usaha yang sehat agar perputaran modal yang dimiliki bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku usaha saat ini mengabaikan aspek pencatatan dan akibatnya berdampak besar pada keuangan usaha sehingga modal yang dimiliki tidak berputar sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kamu wajib membuat strategi mengatur keuangan usaha yang sehat. 

Strategi Mengatur Keuangan 

Agar keuangan usaha bisa berjalan sehat, berikut beberapa strategi yang perlu dilakukan: 

1. Mencatat Laporan Keuangan Secara Rinci 

mengatur keuangan usaha
Gambar: freepik.com/jcomp

Sebelumnya perlu kamu pahami bahwa sebuah usaha bisa dikatakan sehat jika memiliki keuntungan lebih besar daripada pengeluaran. Maka dari itu, sangat penting untuk mencatat laporan keuangan yang rapi. 

Dalam hal ini, kamu bisa gunakan Aplikasi Youtap  untuk membantu mencatat laporan keuangan secara digital sehingga lebih akurat dan rinci. Dengan adanya laporan keuangan, kamu bisa gunakan sebagai dasar pertimbangan ketika hendak mengambil keputusan finansial usaha.

2. Tentukan Pembagian Biaya Usaha Secara Jelas 

Pembagian biaya usaha yang dimaksud adalah porsi keuangan untuk berbagai kebutuhan seperti pembayaran gaji, hutang, kegiatan operasional dan lain sebagainya. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk seluruh kegiatan usaha. Penentuan pembagian biaya ini usaha  ini harus disepakati dari awal, agar nantinya dapat berjalan secara terstruktur.

3. Buat Pembukuan dengan Rapi

mengatur keuangan usaha
Gambar: freepik.com/our-team

Baik usaha skala besar maupun kecil, pembukuan keuangan ini sangatlah penting. Dengan adanya pembukuan, kamu bisa mencatat semua transaksi berupa pemasukan dan pengeluaran usaha. Ini harus dilakukan agar lebih mudah memantau bagaimana situasi keuangan usaha. 

4. Mengurangi Risiko Usaha yang Mungkin Terjadi

Risiko usaha memang bisa datang kapan saja, maka dari itu kamu harus mengelola keuangan secara profesional. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko usaha adalah menghindari pinjam uang karena ada beban bunga tiap bulannya. 

Tentu ini akan menjadi beban pengeluaran yang harus ditanggung secara berkala. Apabila kamu membutuhkan modal untuk operasional, lebih baik tawarkan mekanisme kerja sama usaha yang saling menguntungkan dan perhatikan juga durasi kerja samanya. 

5. Mengontrol Kas Usaha

mengatur keuangan usaha
Gambar: freepik.com/jcomp

Strategi mengatur keuangan usaha yang terakhir yaitu mengontrol arus kas. Banyak pelaku usaha yang masih pemula saat ini mempersepsikan bahwa kas dan laba adalah hal sama. Namun, laba adalah angka yang muncul di laporan keuangan pada akhir tahun. Sedangkan kas merupakan uang yang dimiliki saat ini. Jadi, dana yang ada di pos kas menentukan apakah bisa membayar seluruh kebutuhan operasional usaha atau tidak. 

Itulah beberapa strategi mengatur keuangan usaha yang perlu kamu tahu. Cara-cara di atas dapat membantu kamu mencapai keuangan usaha yang sehat. Tetapi agar bisa berjalan lebih efektif dan efisien, kamu bisa gunakan Youtap POS dalam membantu pencatatan laporan keuangan. Sehingga kamu tidak perlu lagi melakukannya secara manual. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan usaha dengan fitur terlengkap dan terpercaya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama