Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 15, 2022

Cara Tepat Menentukan Menu Usaha Kuliner 

Ketika ingin membuka usaha kuliner, tentu pilihan menu harus direncanakan secara matang. Dan berikut ini cara menentukan menu usaha kuliner yang tepat.

Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Ketika ingin membuka usaha kuliner, tentu pilihan menu harus direncanakan terlebih dahulu secara matang. Tak hanya sekadar memilih makanan dengan kualitas rasa terbaik, tapi juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat menu usaha kuliner. Dan berikut ini cara  menentukan menu usaha kuliner yang tepat. 

Cara Menentukan Menu Usaha Kuliner

1. Ketahui Ketersediaan Bahan Baku Pokok

menu usaha kuliner
Gambar: freepik.com/KamranAydinov

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui ketersediaan bahan baku makanan. Pastikan bisa mendapatkan suplai bahan baku dengan mudah, karena jika tidak akan mempersulit proses pengolahan makanan. 

Selain itu, carilah supplier bahan baku yang terdekat dengan tempat usaha karena akan mempercepat proses pengiriman. Bagi tempat usaha dengan skala yang sudah besar mungkin memiliki modal untuk mengimpor bahan makanan eksklusif atau langka, tetapi untuk pemula sebaiknya tidak nekat mencoba melakukan hal yang sama. 

2. Tentukan Konsep Usaha Kuliner dan Pelanggan Potensial

Cara menentukan menu usaha kuliner selanjutnya adalah konsep serta pelanggan potensial. Kamu harus bisa melihat jenis-jenis hidangan apa yang kira-kira sesuai dengan konsep usaha dan memiliki banyak pelanggan potensial. 

Namun, bagi kamu yang membuka tempat usaha kuliner untuk umum mungkin bisa memasukkan berbagai macam hidangan makanan. Tetapi, jika membuka kafe berkonsep modern ada baiknya untuk menentukan pilihan menu yang khas atau sesuai. 

3. Hitung Waktu Masak Setiap Menu

menu usaha kuliner
Gambar: freepik.com/KamranAydinov

Bagi kamu yang pemula di dunia usaha kuliner, salah satu hal yang sering dilupakan dalam perencanaan menu adalah waktu memasaknya.

Tentunya akan ada jenis makanan yang persediaannya cukup lama dan menyita waktu karena perlu ketelitian dalam memasaknya, namun ada juga yang terbilang mudah hanya perlu diolah dalam waktu singkat. Oleh karena itu, pastikan kamu mengetahui waktu masak dari tiap pilihan menu sebelum mulai menetapkannya. Sehingga, akan lebih mudah menentukan waktu persiapannya. 

4. Menentukan Jumlah Menu 

Perlu kamu pahami, bahwa memiliki banyak pilihan menu tidak menjamin usaha kuliner milikmu akan cepat sukses. 

Jadi, daripada harus merencanakan banyak pilihan menu yang bisa saja membuat kamu atau juru masak kewalahan, sebaiknya fokuslah pada sedikit hidangan di awal tetapi bisa maksimal. 

Ada juga sebagian tempat usaha kuliner di luar negeri yang lebih memilih sistem rotasi menu, di mana mereka akan mengubah beberapa pilihan hidangan makanan setiap minggu atau bulan agar ada variasi.

5. Pilih Menu Makanan yang Paling Diunggulkan

menu usaha kuliner
Gambar: freepik.com

Cara menentukan menu usaha kuliner yang terakhir adalah memilih hidangan makanan yang paling diunggulkan. 

Sebagai contoh, apabila kamu pandai membuat makanan yang serba digoreng, maka fokus saja pada menu tersebut. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mempekerjakan orang lain untuk mengerjakan menu-menu yang bukan keahlianmu, seperti membuat minuman tertentu atau makanan berkuah. 

Sehingga, nanti seiring berjalannya waktu, kamu bisa belajar menangani masakan yang lain atau mempekerjakan lebih banyak orang saat menu semakin bervariasi.

Sudah Tidak Bingung Lagi Menentukan Menu Usaha Kuliner, Bukan?

Itulah beberapa cara menentukan menu usaha kuliner yang perlu kamu ketahui. Meskipun tidak terlalu banyak variasinya, tetapi fokus pada hidangan makanan yang memang diunggulkan terlebih dahulu justru lebih baik.

Kemudian, untuk bisa menunjang seluruh kegiatan usaha khususnya dalam proses transaksi, pencatatan hingga analisis kamu dapat menggunakan Youtap POS dengan berbagai produk dan fitur terlengkap mampu bantu kamu untuk mengelola usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise. 

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga tips, promo, hingga informasi selengkapnya di Blog Youtap, ya! 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama