Jangan Berlarut Terpuruk, Ini Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Kesuksesan dan kegagalan adalah dua hal penting yang tidak mungkin lepas dari sebuah usaha atau bisnis. Setiap pelaku usaha pasti menginginkan kesuksesan untuk usahanya, namun ada kemungkinan juga bisa mengalami kegagalan. Bagi kamu yang mengalaminya, simak tips bangkit dari kegagalan usaha berikut yuk. 

Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha 

1. Cobalah untuk Bersiap Gagal 

kegagalan usaha
Gambar: freepik.com/rawpixel.com/

Tips pertama yang perlu kamu terapkan ketika menjalankan sebuah usaha adalah mencoba untuk selalu siap saat mengalami kegagalan bahkan ketika terjadi secara tiba-tiba. Pasalnya, tidak semua hal bisa berjalan dengan sempurna, oleh karena itu berusahalah untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk. 

Salah satunya dengan mempersiapkan kegagalan dari usaha yang sedang dijalani saat ini. Tanpa persiapan diri, tentu masa-masa sulit bisa terasa lebih buruk dari yang dibayangkan. 

2. Tinjau Kembali dan Catat Setiap Kesalahan di Masa Lalu

Tips kedua kamu harus rutin meninjau kembali dan mencatat setiap kesalahan yang terjadi pada usaha. 

Tidak jarang seseorang akan mengalami kesalahan yang sama dan berulang. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut cobalah untuk mencatat kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi. 

Dengan adanya catatan kesalahan ini akan membantu kamu menghindari masalah yang sama. Sehingga bisa menampilkan hasil terbaik di masa depan. 

3. Jangan Membuat Keputusan Saat Sedang Emosi

Tips ketiga adalah menghindari membuat keputusan saat sedang emosi. Pasalnya, seringkali orang-orang membuat keputusan saat hal buruk sedang terjadi atau dalam keadaan emosi.  Hal ini justru akan menimbulkan kerugian di masa depan. 

Oleh karena itu, saat kamu dalam keadaan emosi sebaiknya tenangkan diri dulu sebelum mengambil keputusan. 

4. Cobalah untuk Bertanggung Jawab

kegagalan usaha
Gambar: freepik.com/mindandi

Ketika alami kegagalan, kamu juga harus bertanggung jawab atas tindakan yang telah dilakukan. Tidak perlu mencari tahu siapa orang yang salah dan benar atas kegagalan usaha, tetapi cobalah untuk bersama-sama bertanggung jawab memperbaiki dan menjadi lebih baik. 

Sebagai contoh, apabila kamu masih kurang baik dalam melakukan manajemen keuangan, maka cobalah untuk mencari cara alternatif agar kedepannya lebih baik. Solusi terbaiknya bisa dengan menggunakan Aplikasi Usaha Youtap. Di mana kamu mendapatkan laporan penjualan secara rutin, sehingga lebih mudah mengatur keuangan usaha. 

5. Coba Keluar dari Zona Nyaman

Ketika mulai usaha, kamu juga harus siap menerima segala risikonya baik sukses maupun gagal. Sehingga, untuk menjalankan usaha yang sukses kamu perlu keluar dari zona nyamanmu. 

Cobalah untuk mempelajari bidang lain yang mungkin lebih menarik, sehingga kamu akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan hal-hal lainnya yang tidak kalah berharga.

6. Cobalah untuk Bangkit Kembali  

Terakhir adalah coba untuk bangkit kembali. Dengan adanya awal yang baru, kamu bisa mengidentifikasi apa saja hal yang menjadi kekuatan maupun kesalahan dalam usaha. Selain itu, kamu juga bisa gunakan prinsip SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threats) untuk membantu menganalisis potensi usaha. 

Itulah beberapa tips bangkit dari kegagalan usaha. Perlu kamu ingat bahwa dalam menjalankan usaha, tidak ada yang namanya 100 persen sukses. Agar bisa mencapai kesuksesan tentu harus mengalami beberapa kegagalan, sehingga kesalahan yang dilakukan sebelumnya bisa jadi pelajaran di masa depan.

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat