Saat ini konten marketing yang menarik menjadi sebuah kebutuhan dasar untuk melakukan pemasaran produk atau jasa bisnis. Dengan adanya konten marketing yang menarik, kamu dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dan berikut ini beberapa tips membuat konten marketing yang menarik.
Agar dapat membuat konten yang berkualitas kamu perlu mengetahui apa yang sedang menjadi tren di mesin pencari seperti Google atau media sosial saat ini.
Cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan research melalui Google Trends atau platform media sosial lainnya. Lihat apa yang saat ini sedang menjadi bahan perbincangan di tengah masyarakat.
Apabila telah mengetahui tren topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, selanjutnya memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis. Kemudian aplikasikan tren yang ada ke dalam konten melalui visual menarik.
Kamu juga harus mengetahui secara detail siapa target audiens dan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka.
Jadi, saat membuat konten kamu bisa memberikan informasi yang memang benar-benar dicari oleh target audiens sehingga meningkatkan trafik bisnis.
Selain itu, ketahuilah lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan karakteristik masing-masing audiens. Data-data tersebut bisa kamu dapatkan melalui beberapa tools media sosial.
Pastikan saat membuat konten, bisa memposisikan diri sebagai audiens dan paham tentang motivasi apa yang dibutuhkan.
Memang benar bahwa sebuah konten harus dibuat original, akan tetapi terkadang melakukan repurpose konten yang sudah pernah dibuat sebelumnya juga bisa menarik.
Kamu bisa menampilkan informasi lama dengan penyampaian atau cara yang berbeda, namun mengandung informasi yang sama.
Setelah membuat konten, selanjutnya adalah adalah mendistribusikannya ke berbagai platform. Umumnya konten marketing ini bisa didistribusikan melalui media sosial, website, blog, dan channel promosi lainnya. Pastikan kamu mendistribusikan konten yang dibuat secara rutin agar lebih banyak audiens yang tertarik.
Terakhir adalah konsisten membagikan konten-konten yang telah dibuat. Sebenarnya, pembuatan konten tidak hanya berbentuk hard selling saja, tetapi soft selling pun juga perlu.
Agar kamu bisa menemukan konten yang tepat, konsistensi merupakan kunci penting yang perlu dilakukan. Dengan cara ini audiens akan lebih mudah mengenal produk bisnis serta memberikan ciri khas tersendiri.
Itulah beberapa tips membuat konten marketing yang menarik. Tak hanya sekadar menyampaikan atau menawarkan produk bisnis, tetapi juga harus dikemas secara modern mengikuti tren saat ini, sesuai kebutuhan audiens, dan konsisten mengunggahnya di berbagai platform jualan. Lalu, agar mampu menunjang kemajuan bisnis, segera gunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS untuk pengelolaannya.