5 Strategi Ekspansi Usaha yang Tepat Agar Mampu Berjalan Sukses!

Oleh
AriantiK
September 27, 2024
Share this:

Ketika melihat perkembangan usaha yang semakin pesat, tentu kamu akan berharap untuk melakukan ekspansi. Di mana bisa memperluas jangkauan pasar usaha dengan cara menambah sumber daya manusia, fasilitas, hingga membuka cabang baru. Namun, bagaimana strategi ekspansi usaha yang tepat? 

Strategi Ekspansi Usaha yang Tepat

ekspansi usaha
Gambar: freepik.com

Seperti yang kita tahu bahwa umumnya kendala ekspansi usaha paling sering dialami adalah stok barang tidak merata, data berbeda di tiap lokasi, pengelolaan sering terabaikan, hingga borosnya biaya operasional. 

Namun, beberapa kendala tersebut sebenarnya bisa kamu cegah dengan menyusun strategi yang tepat sehingga seluruh kegiatan pengelolaan usaha bisa berjalan efektif dan efisien. 

1. Buat rencana ekspansi usaha yang matang

Strategi pertama adalah membuat perencanaan ekspansi usaha yang matang. Ini akan membantu kamu agar tidak kehilangan kontrol dalam pengelolaan usaha. Perencanaan yang matang juga bisa mempermudah dalam mengarahkan arah usaha baru akan dibawa nantinya.

Dalam membuat perencanaan tersebut, utamakan untuk memahami kondisi usaha terlebih dahulu. Setelah itu, kamu buat rencana modal bisnis yang dibutuhkan serta langkah yang akan dilakukan.

2. Buatlah produk dan layanan baru

ekspansi usaha
Gambar: freepik.com/benzoix

Ketika melakukan ekspansi usaha, tidak ada salahnya untuk membuat produk atau layanan baru. Namun, dalam pelaksanaannya kamu harus analisis dan riset pasar untuk mengetahui apa yang diminati dan dibutuhkan konsumen.

3. Bersiap untuk membuka cabang baru

Ini ada bagian penting ketika melakukan ekspansi usaha, yaitu membuka cabang baru yang juga harus didukung dengan poin-poin lainnya.

4. Membuat target pasar baru

Strategi ekspansi usaha lainnya yang efektif adalah membuat target pasar baru. Selain terus memproduksi produk atau jasa yang lama, kamu juga harus mulai berinovasi baru untuk menambah target pasar baru. Dengan begini, produk baru tidak akan kesulitan untuk menarik konsumen.

5. Membeli perusahaan kompetitor

Strategi ekspansi usaha juga bisa dilakukan dengan membeli perusahaan pesaing atau kompetitor melalui dua cara yaitu merger dan akuisisi. Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. Sedangkan akuisisi adalah pengambilalihan suatu perusahaan dengan membeli aset atau sahamnya. 

6. Lakukan kerja sama usaha yang saling menguntungkan

Strategi ekspansi usaha yang terakhir adalah melakukan kerja sama agar saling menguntungkan.

Dengan cara ini ide dari kedua belah pihak yang bekerja sama dapat dengan mudah digabungkan agar lebih memperluas pasar.

Sudah Siap Rencanakan Strategi Ekspansi Usahamu?

ekspansi usaha
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Itulah beberapa strategi ekspansi usaha yang tepat. Jadi, ekspansi usaha tidak sekedar membuka cabang baru saja namun perlu merencanakan secara matang strategi apa yang akan dilakukan agar tetap bisa bertahan dan bersaing di pasar. 

Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Usaha dengan berbagai produk dan fitur terlengkap mampu bantu kamu untuk mengelola usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise. 

Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik dapat memudahkan kamu melihat keuntungan secara keseluruhan, sehingga akan lebih mudah menentukan strategi kedepannya.

Share this:
AriantiK
Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat