Ketika melihat perkembangan usaha yang semakin pesat, tentu kamu akan berharap untuk melakukan ekspansi. Di mana bisa memperluas jangkauan pasar usaha dengan cara menambah sumber daya manusia, fasilitas, hingga membuka cabang baru. Namun, bagaimana strategi ekspansi usaha yang tepat?
Seperti yang kita tahu bahwa umumnya kendala ekspansi usaha paling sering dialami adalah stok barang tidak merata, data berbeda di tiap lokasi, pengelolaan sering terabaikan, hingga borosnya biaya operasional.
Namun, beberapa kendala tersebut sebenarnya bisa kamu cegah dengan menyusun strategi yang tepat sehingga seluruh kegiatan pengelolaan usaha bisa berjalan efektif dan efisien.
Strategi pertama adalah membuat perencanaan ekspansi usaha yang matang. Ini akan membantu kamu agar tidak kehilangan kontrol dalam pengelolaan usaha. Perencanaan yang matang juga bisa mempermudah dalam mengarahkan arah usaha baru akan dibawa nantinya.
Dalam membuat perencanaan tersebut, utamakan untuk memahami kondisi usaha terlebih dahulu. Setelah itu, kamu buat rencana modal bisnis yang dibutuhkan serta langkah yang akan dilakukan.
Ketika melakukan ekspansi usaha, tidak ada salahnya untuk membuat produk atau layanan baru. Namun, dalam pelaksanaannya kamu harus analisis dan riset pasar untuk mengetahui apa yang diminati dan dibutuhkan konsumen.
Ini ada bagian penting ketika melakukan ekspansi usaha, yaitu membuka cabang baru yang juga harus didukung dengan poin-poin lainnya.
Strategi ekspansi usaha lainnya yang efektif adalah membuat target pasar baru. Selain terus memproduksi produk atau jasa yang lama, kamu juga harus mulai berinovasi baru untuk menambah target pasar baru. Dengan begini, produk baru tidak akan kesulitan untuk menarik konsumen.
Strategi ekspansi usaha juga bisa dilakukan dengan membeli perusahaan pesaing atau kompetitor melalui dua cara yaitu merger dan akuisisi. Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. Sedangkan akuisisi adalah pengambilalihan suatu perusahaan dengan membeli aset atau sahamnya.
Strategi ekspansi usaha yang terakhir adalah melakukan kerja sama agar saling menguntungkan.
Dengan cara ini ide dari kedua belah pihak yang bekerja sama dapat dengan mudah digabungkan agar lebih memperluas pasar.
Itulah beberapa strategi ekspansi usaha yang tepat. Jadi, ekspansi usaha tidak sekedar membuka cabang baru saja namun perlu merencanakan secara matang strategi apa yang akan dilakukan agar tetap bisa bertahan dan bersaing di pasar.
Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Usaha dengan berbagai produk dan fitur terlengkap mampu bantu kamu untuk mengelola usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise.
Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik dapat memudahkan kamu melihat keuntungan secara keseluruhan, sehingga akan lebih mudah menentukan strategi kedepannya.