CRM atau Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang digunakan untuk mengelola hubungan antara pelanggan sehingga jadi lebih efisien. Dalam penerapannya strategi satu ini memang lebih banyak memanfaatkan teknologi yang menyederhanakan proses bisnis, sehingga lebih mudah membangun komunikasi dengan pelanggan. Lebih lengkapnya, simak penjelasan tentang CRM berikut ini, yuk.
Sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa CRM adalah sistem yang dapat digunakan untuk mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dalam sebuah bisnis. Strategi satu ini dilakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan lebih baik dan mendorong pertumbuhan penjualan.
Cara kerja strategi bisnis CRM yaitu dengan menyimpan setiap interaksi pelanggan di berbagai saluran atau channel tertentu. Nantinya, informasi yang dikumpulkan tersebut dapat meliputi data pribadi pelanggan, riwayat pembelian hingga beberapa kendala yang pernah dihadapi. Sehingga data-data tersebut dapat diakses oleh karyawan dengan mudah saat melayani pelanggan.
Penggunaan sistem CRM memang dapat membantu bisnis mengembangkan hubungan agar bertahan lebih lama dengan para pelanggan, mendorong pertumbuhan, dan meningkatkan loyalitas. Namun, tidak hanya itu saja, berikut ini juga beberapa tujuan sistem CRM lainnya:
Tahapan CRM yang pertama adalah Acquired untuk mendapatkan banyak pelanggan. Agar kamu bisa melakukan tahapan satu ini, maka perlu memberikan pelayanan pelanggan yang menyenangkan.
Salah satu kunci rahasia dari tahapan CRM yang pertama ini adalah menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Sehingga mereka akan lebih percaya pada brand milikmu.
Tahapan CRM yang kedua adalah Enhanced untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan bisnis. Kamu bisa coba lakukan up selling dan cross selling. Up selling sendiri dapat dilakukan dengan menawarkan produk yang sama ke pelanggan, namun dengan kualitas yang lebih baik. Sedangkan cross selling kamu harus menawarkan produk tambahan atau pelengkap yang sudah dimiliki oleh pelanggan.
Tahapan CRM yang terakhir adalah Retain untuk mempertahankan pelanggan. Dalam hal ini kamu harus bisa membangun kepercayaan pelanggan agar mereka ingin bertahan atau tetap loyal pada bisnis.
Sehingga, sangat perlu untuk mendengarkan pendapat atau masukkan dari pelanggan. Dengan begitu, pihak perusahaan pun dapat melakukan evaluasi dan memperbaiki sistem layanan serta fitur aplikasi yang dimiliki.
Itulah pengertian CRM, tujuan dan juga tahapan-tahapan untuk melakukannya. Jadi pengelolaan pelanggan ketika menjalankan sebuah bisnis itu memang sangatlah penting. Lalu, agar pengelolaan bisnis lebih efektif dan praktis, kini saatnya gunakan Aplikasi Youtap.