Tren digital marketing memang selalu berubah dan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, agar bisnis atau brand tetap bisa bersaing di tahun 2022 sebaiknya mulai merencanakan strategi pemasaran digital yang matang dengan mengikuti tren terbaru. Dan berikut ini tren digital marketing yang populer di tahun 2022.
Video pendek untuk pemasaran digital ini mulai banyak diminati oleh masyarakat karena konten yang ditampilkan berisi highlight seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, melalui video singkat ini kamu juga bisa menyampaikan pesan sederhana dan ringkas atau engaging contents untuk menarik perhatian masyarakat. Konten video dengan durasi pendek ini umumnya akan menunjukkan behind the scene, keunggulan produk atau bahkan pengalaman dari konsumen secara jujur.
Salah satu kunci dari digital marketing selanjutnya adalah storytelling. Di mana konsumen membagikan cerita mereka secara nyata terkait dengan penggunaan produk atau jasa. Seperti yang kita tahu bahwa masyarakat saat ini lebih berhati-hati ketika ingin membeli sebuah produk sehingga membutuhkan bukti. Dengan adanya cerita pengalaman lain atau review, konsumen pun bisa mengetahui apakah sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan mereka.
Jangan hanya fokus untuk memberitahu konsumen manfaat produk atau alasan produk lebih unggul dari kompetitor. Tetapi, berikan juga testimonial bagaimana produk atau layanan dapat membantu memecahkan masalah mereka.
Fitur obrolan otomatis yang terdapat di dalam sebuah situs website atau aplikasi marketplace lainnya disebut sebagai Chatbots. Di mana kamu dapat menggunakan bantuan robot virtual untuk menjawab chat dari pelanggan. Walaupun sudah banyak digunakan sejak beberapa tahun lalu, tetapi Chatbots ini akan tetap banyak digunakan dalam pemasaran digital kedepannya.
Tren digital marketing selanjutnya yaitu melakukan pemasaran dengan jasa influencer. Cara yang satu ini masih terus populer hingga tahun 2022. Walaupun Instagram telah menghilangkan fitur like di aplikasi, tetapi hal tersebut tidak akan mengurangi kehadiran influencer untuk memperkenalkan keberadaan sebuah brand pada masyarakat.
Pemasaran digital melalui jasa influencer masih tetap menjadi strategi digital marketing yang tepat. Pemasaran yang dilakukan oleh influencer sendiri melalui platform media sosial seperti Instagram saja, tetapi juga di Youtube, Facebook dan lainnya.
Jangan lupa untuk gunakan aplikasi Youtap untuk membantu mengelola kegiatan bisnis. Dan bagi kamu yang baru akan Mulai Usaha, bisa temukan berbagai solusi terlengkap dan terpercaya hanya di Youtap.