Karyawan adalah salah satu aset penting ketika kamu membangun sebuah bisnis. Sehingga tidak boleh asal-asalan memutuskan saat merekrut karyawan, pastikan mereka sesuai dengan kriteria posisi pekerjaan dan melakukannya di waktu yang tepat. Lalu, kapan waktu ideal untuk merekrut karyawan?
Bagi kamu yang masih pemula di dunia bisnis, simak yuk waktu ideal untuk merekrut karyawan berikut:
Memiliki karyawan berarti akan ada pengeluaran tambahan untuk membayar gaji. Tak hanya sekadar gaji pokok, tetapi juga menyanggupi fasilitas-fasilitas tunjangan yang perlu diberikan kepada karyawan, seperti asuransi kesehatan & ketenagakerjaan (BPJS), serta yang lainnya.
Setelah merasa siap dari segi finansial kamu juga harus melihat pertumbuhan serta laju bisnis kedepannya. Sebab, gaji yang perlu dibayarkan kepada karyawan tidak berhenti pada satu bulan pertama tetapi juga seterusnya selama mereka masih tergabung dalam tim.
Khususnya bagi karyawan yang sudah berkeluarga, artinya ada individu-individu lain yang hidupnya memiliki ketergantungan dengan kelangsungan bisnis. Jadi, pastikan bahwa bisnis yang kamu bangun tersebut memiliki prospek baik kedepannya.
Waktu ideal untuk merekrut karyawan selanjutnya adalah ketika kamu sudah membutuhkan tenaga ekstra untuk membantu perkembangan bisnis. Jadi, itulah alasan mengapa kamu harus merekrut karyawan dengan skill tertentu sesuai kebutuhan. Sehingga hadirnya karyawan dapat mendorong percepatan pertumbuhan bisnis tersebut.
Ketika skala bisnis semakin berkembang pesat, tentu jumlah pekerjaan yang ada semakin bertambah banyak. Oleh karena itulah, kamu akan membutuhkan banyak karyawan untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
Sebelum merekrut karyawan kamu perlu membuat daftar kriteria kualifikasi yang sesuai dengan posisi serta tanggung jawab mereka nantinya. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menyertakan beberapa soft skill serta preferensi cara kerja di dalam daftar kualifikasi.
Adanya uraian pekerjaan ini akan berguna bagi karyawan untuk membayangkan hal-hal yang akan mereka kerjakan nantinya. Sehingga bisa membantu memberi gambaran dengan baik dari sisi kamu maupun karyawan.
Selanjutnya komunikasikan juga besaran gaji yang telah kamu siapkan. Kamu juga harus memberikan kesempatan kepada pelamar kerja untuk bernegosiasi mengenai besaran gaji. amun, sebagai acuan kamu harus berangkat dari Upah Minimum Regional (UMR) di tempat bisnis berdomisili, ya.
Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan dokumen legal tertentu agar memiliki keterikatan hukum. Dokumen legal yang dimaksud adalah surat kontrak kerja untuk karyawan.
Surat kontrak kerja ini akan mengikat secara hukum kewajiban serta hak kedua belah pihak, baik untuk karyawan dan perusahaan.
Terakhir adalah memperhatikan alur proses rekrutmen. Sebaiknya buatlah perencanaan secara matang terkait proses wawancara agar dapat lebih mengenal kandidat dan mengetahui kecocokan mereka dengan posisi yang diminta.
Itulah waktu ideal untuk merekrut karyawan dan beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Kemudian dalam pengelolaan bisnisnya sendiri, kamu bisa gunakan Aplikasi Youtap sehingga seluruh kegiatan bisa berjalan lebih efektif dan efisien karena telah dilengkapi berbagai fitur canggih.
Selain itu, kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan usaha dengan fitur terlengkap dan terpercaya.