6 Keuntungan Transaksi Online untuk Pelaku Bisnis 

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Di era digital, transaksi online adalah hal yang umum untuk dilakukan. Khususnya sejak pandemi, seluruh mobilitas masyarakat terbatas, dan membuat transaksi online menjadi pilihan tepat untuk membeli berbagai kebutuhan secara digital. Tak hanya untuk pembeli, berikut juga beberapa keuntungan transaksi online untuk pelaku bisnis. 

Keuntungan Transaksi Online untuk Pelaku Bisnis 

1. Mampu Memberikan Rasa Aman untuk Konsumen

keuntungan transaksi online
Gambar: freepik.com/upklyak

Dengan adanya transaksi online yang terpercaya akan membuat konsumen merasa aman saat melakukan pembayaran. Sama halnya dengan pembayaran tunai pada toko offline, nantinya konsumen tetap memiliki bukti yang sah saat bertransaksi.

Sebagai contoh pada sebuah bisnis e-commerce, dana pembayaran tidak akan dikirimkan ke penjual apabila barang belum diterima oleh pembeli. Cara tersebut efektif mengurangi terjadinya penipuan yang bisa dilakukan oleh oknum penjual yang tidak bertanggung jawab.

2. Sistem Pembayaran Pada Transaksi Online Lebih Praktis

Selain itu, transaksi online juga akan memberikan kemudahan untuk para konsumen maupun pemilik bisnis. Alasannya karena fitur pembayaran transaksi online dapat melakukan proses verifikasi pembayaran secara cepat dan real time.

Cara ini juga dapat mengurangi terjadinya beberapa kesalahan yang mungkin terjadi akibat human error seperti salah memasukkan data pembeli hingga hilangnya catatan atau file transaksi.

3. Mampu Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

keuntungan transaksi online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Transaksi online ini juga sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis, karena dapat menjangkau konsumen lebih luas dan tidak terbatas dengan jarak di sekitar toko saja. Jadi, kamu bisa memasarkan produk kepada siapapun yang ada di internet tanpa harus khawatir konsumen akan kesulitan membelinya. 

Tentu dengan penggunaan transaksi online akan sangat membantu konsumen untuk membeli apapun yang mereka inginkan hanya melalui internet. Selain metode pembayaran, bisnis yang kamu jalankan juga perlu menyediakan berbagai pilihan ekspedisi yang menjangkau pengiriman jauh.

4. Lebih Mudah Saat Melakukan Promosi

Penawaran layanan transaksi online ini juga bisa menjadi strategi marketing yang cukup efektif untuk dilakukan. Kamu dapat menghadirkan promo yang sesuai dengan target konsumen bisnis. Selain itu, buatlah analisis kebiasaan konsumen ketika melakukan transaksi digital. Hasil dari analisis tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat promo yang sesuai.

5. Mampu Membantu Tingkatkan Customer Retention Rate

keuntungan transaksi online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Transaksi online juga sangat berdampak pada peningkatan customer retention rate. Ini adalah matriks yang menunjukkan sejauh mana sebuah bisnis bisa mempertahankan pelanggan mereka dari satu periode ke periode lainnya.  

Transaksi online ini menjadi salah satu cara untuk tingkatkan customer retention rate karena konsumen yang akan melakukan pembelian, pasti diwajibkan untuk registrasi di website atau aplikasi terlebih dahulu. Di mana data-data dari konsumen seperti nama, alamat, nomor telepon, email hingga pengiriman dapat digunakan untuk kepentingan marketing. 

Selain itu, data yang telah disetujui oleh konsumen juga bisa digunakan untuk pengiriman newsletter dan review kepuasan konsumen. 

6. Proses Verifikasi Lebih Cepat

Terakhir, proses verifikasi pada setiap transaksi dari konsumen akan jauh lebih cepat. Pasalnya, melalui transaksi online seluruh verifikasi sudah dilakukan secara otomatis, tidak perlu lagi pembukuan manual. 

Itulah beberapa keuntungan melakukan transaksi online untuk pelaku bisnis. Di mana dengan menggunakan Youtap POS seluruh pencatatan laporan penjualan, dan analisis lainnya sudah dilakukan secara digital, yang membuat seluruh proses bisnis tentu jadi lebih mudah, praktis dan juga akurat. 

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat