Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
Isi Artikel
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete

Meskipun UMKM saat ini sudah mulai banyak yang berkembang, tetapi masih ada juga pelaku usaha yang harus menghadapi beberapa kendala. Agar kamu bisa terhindari dari hal tersebut, berikut beberapa masalah UMKM yang sering dihadapi dan cara mengatasinya. 

Masalah UMKM yang sering dihadapi 

1. Minimnya Modal Usaha yang Dimiliki 

masalah umkm
Gambar: freepik.com

Masalah UMKM yang umumnya sering dihadapi adalah sedikitnya modal yang dimiliki. Di mana dengan modal yang sedikit ini para pelaku usaha akan kesulitan meningkatkan jumlah produksi sehingga tidak bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Namun, jangan dulu putus asa agar kamu memiliki tambahan modal dengan melakukan penggalangan dana melalui website yang biasanya harus melengkapi dengan berbagai persyaratannya. Selain itu, juga bisa bekerja sama dengan beberapa perusahaan atau bahkan seseorang yang mungkin ingin memberikan investasi pada usaha milikmu

2. Tidak Memiliki Sistem Manajemen Usaha yang Baik

Kendala selanjutnya yang sering dihadapi oleh para pelaku UMKM yaitu kurangnya pengalaman tentang manajemen usaha. Banyak pelaku usaha yang justru hanya fokus pada produksi barang, tetapi menyepelekan cara ekspansi bisnisnya.

Cara mengatasi kendala tersebut kamu bisa coba mulai mempelajari tentang manajemen usaha dan strategi apa yang harus dilakukan. Alternatif lainnya, bisa coba ikut bergabung dengan berbagai komunitas bisnis sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan wawasan.

3. Tidak Memiliki Inovasi Produk 

masalah umkm
Gambar: freepik.com

Inovasi produk adalah kunci utama agar usaha bisa terus bersaing dengan kompetitor di pasaran. Namun sayangnya hal itu seringkali menjadi kendala bagi para pelaku usaha. Sebenarnya kamu bisa mengatasi masalah inovasi produk ini dengan meningkatkan daya saing produk sehingga dapat memicu untuk lebih kreatif dalam memproduksi barang. 

Kemudian, agar produk milikmu bisa dilihat oleh orang banyak, maka tawarkan dengan cara yang lebih inovatif menggunakan berbagai strategi pemasaran. Tak lupa kamu juga wajib aktif menganalisis berbagai produk kompetitor. Tujuannya agar mampu membaca tren bisnis, serta mendapatkan ide inovatif untuk diterapkan pada produk. 

4. Kendala Pada Distribusi Barang

Distribusi barang ternyata juga masih menjadi masalah UMKM yang paling sering dihadapi. Selama ini, kebanyakan pelaku UMKM kurang mendapatkan kenalan dalam hal mendistribusikan produknya.Hal itu membuat usaha milikmu tidak memiliki tingkat jangkauan konsumen yang luas sehingga berdampak pada penjualan.

Cara mudah mengatasinya, kamu bisa mulai bergabung di berbagai pameran produk untuk memperluas jangkauan pasar. Tak ada salahnya juga melakukan kerjasama dengan berbagai merchant yang mampu membantu mempromosikan produk. Dengan cara begitu tingkat pendistribusian produk tentu bisa lebih luas khususnya dalam menjangkau pasar secara global.

5. Kurang Memahami Pemasaran Digital

masalah UMKM
Gambar: freepik.com/pressfoto

Di era teknologi yang semakin canggih ini, sudah saatnya bagi kamu untuk melakukan digitalisasi UMKM. Upayakan untuk menjual produk-produk milikmu secara online melalui media sosial didukung dengan menggunakan Aplikasi UMKM Youtap

Pemahaman tentang pemasaran digital yang tidak maksimal, membuat para pelaku UMKM pun belum optimal mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, tingkatkan pengetahuan untuk melakukan pemasaran digital dengan tepat sehingga angka penjualan produk bisa terus bertambah.

6. Mengalami Kendala Dalam Hal Perizinan

Terakhir adalah masalah perizinan, di mana para pelaku UMKM kesulitan untuk mendapatkannya. Izin usaha secara resmi padahal menjadi hal penting bagi kamu yang ingin melakukan pengembangan dan akses pembiayaan. 

Tanpa adanya izin secara resmi, UMKM milikmu tidak akan bisa mengajukan modal nantinya. Oleh karena itu, untuk memastikannya setiap pelaku UMKM sebaiknya memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP yang diterbitkan berdasarkan domisili usaha.

Itulah beberapa masalah UMKM yang seringkali dihadapi oleh para pelaku usaha. Namun, hal tersebut bisa segera diatasi dengan pengelolaan usaha menggunakan Aplikasi UMKM Youtap di mana sistemnya sudah berbasis digital yang tentunya akan membantu memberikan laporan keuangan, pencatatan transaksi, belanja stok hingga fitur canggih lainnya. 

Kamu juga bisa segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
Lainnya

Wajib Tahu! Ternyata Ini 6 Masalah UMKM yang Sering Dihadapi dan Cara Mengatasinya

December 12, 2023