Saat ini memang event organizer (EO) memang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, mulai banyak masyarakat yang tertarik untuk mengadakan sebuah pesta dengan berbagai konsep unik. Sehingga mereka akan sangat membutuhkan bantuan EO. Namun, apa itu event organizer (EO) dan bagaimana tips memulainya?
Bisnis Event Organizer (EO) belakangan ini memang menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya mulai banyak orang maupun organisasi tertentu memilih menggunakan layanan jasa EO untuk menggelar sebuah acara.
Selain lebih mudah dan praktis, menggunakan EO akan membuat pemilik acara lebih bisa fokus pada persiapan lainnya sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Apalagi untuk acara berskala besar dan membutuhkan sejumlah persiapan, penggunaan jasa layanan EO sangat membantu.
Jadi, sederhananya EO adalah sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang acara, untuk membantu mempersiapkannya baik untuk skala kecil maupun besar.
Pastikan bahwa pemilik bisnis EO ini sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Alasannya karena, kegiatan EO banyak yang harus dilakukan mulai dari 0 seperti membantu pemilihan tata letak, konsep hingga susunan acara dan lain-lainnya.
Dalam bisnis EO ini kamu tidak bekerja sendiri, melainkan bersama tim. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa akan ada banyak hal yang diurus, sehingga kamu harus membagi beberapa tim untuk bisa handle seluruh pekerjaan di acara tersebut.
Agar bisa berjalan lancar, tentu harus memiliki tim yang solid dan kompak. Maka, kamu tidak boleh asal memilih rekan untuk menjalankan bisnis. Pilihlah orang yang memang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing.
Selain melakukan promosi offline, kamu juga harus memaksimalkan penggunaan media sosial. Unggah beberapa acara yang telah sukses diadakan dengan menggunakan bisnis jasa layanan EO milikmu.
Selain itu, kamu juga bisa memasang iklan melalui facebook ads atau google ads. Agar bisa memperkenalkan bisnis milikmu kepada khalayak ramai melalui dunia maya dan membangun branding dengan cepat.
Modal yang cukup juga harus jadi pertimbangan awal sebelum kamu memulai bisnis EO karena nantinya semua pembiayaan pesta ditanggung penyedia jasa EO. Dan pelanggan akan membayarnya setelah acara selesai.
Kamu juga harus selalu melakukan evaluasi setelah acara selesai. Tujuan dari evaluasi ini agar bisa melihat kendala apa yang ditemui dan memperbaiki pada kegiatan selanjutnya. Sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan mencegah terjadinya masalah.
Terakhir, pastikan bahwa semua tim mengetahui dan memahami informasi terbaru agar tidak terjadi kesalahpahaman selama acara. Dan juga tim bisa menyesuaikan layanan dengan permintaan pelanggan.
Itulah beberapa tips memulai bisnis EO agar bisa berjalan lancar dan sukses. Selain modal yang cukup, kamu juga harus memperhatikan hal lain seperti kerjasama tim harus baik, perencanaan dan konsep matang, evaluasi, adanya pengalaman bahkan hingga memaksimalkan promosi online.
Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Usaha dengan berbagai produk dan fitur terlengkap mampu bantu kamu untuk mengelola usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise.
Salah satu fitur Youtap yaitu dapat membantu melakukan pencatatan laporan keuangan yang sudah dilengkapi dengan grafik. Hal itu tentu akan memudahkan kamu melihat keuntungan secara keseluruhan, sehingga dalam penentuan strategi bisnis bisa lebih jelas dan rinci.