Kasir Portable: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya untuk Kemajuan Usaha

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata membantu lahirnya mesin kasir portable untuk memudahkan para pelaku usaha dalam operasional sistem pembayaran. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan tentang apa itu kasir portable dan pentingnya untuk kemajuan usaha. 

Apa Itu Kasir Portable

kasir portable
Gambar: freepik.com/pch.vector

Kasir portable adalah sebuah mesin hasil dari perkembangan teknologi yang membantu para pelaku usaha melakukan operasional pembayaran dalam kegiatan usaha. 

Kasir portable ini merupakan sebuah perangkat seperti ponsel atau alat kasir toko modern yang di mana seluruh transaksi bisa dilakukan secara digital. 

Bagi pelanggan yang menggunakan ponsel dapat melakukan pembayaran kartu kredit bahkan nontunai secara real-time.

Cara Kerja Kasir Portable

Seperti yang kita ketahui bahwa dulu kamu akan menghitung transaksi jual beli menggunakan kalkulator secara manual. Dan juga tidak ada cetakan perhitungan dalam bentuk nota atau struk. 

Namun, ketika adanya mesin kasir kamu sudah mulai bisa menghitung sekaligus mencetak hasilnya. Dan mesin ini terhubung ke berbagai gadget tambahan seperti scanner dan timbangan digital.

Lalu, semakin berkembangnya teknologi saat ini, mesin kasir tersebut mulai digantikan oleh kasir portable yang cara kerjanya cukup sederhana. Kamu hanya akan membutuhkan handphone atau tablet serta bisa langsung terhubung ke printer.  

Dalam hal ini, kamu bisa gunakan Aplikasi Kasir Youtap di handphone atau tablet kemudian dihubungkan ke printer. Sehingga seluruh kegiatan transaksi jual beli dengan pelanggan bisa lebih mudah. Kegiatan usaha pun menjadi lebih efektif dan efisien tanpa harus menghitung secara manual. 

Baca juga: 5 Poin Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Fungsi Kasir Portable

kasir portable
Gambar: freepik.com

Fungsi-fungsi yang dulunya dilakukan secara manual seperti perhitungan uang kembalian dan laporan harian, kini bisa dilakukan secara otomatis, dengan bantuan perangkat kasir portable. Menggunakan kasir portable untuk kegiatan usaha juga akan membantu kamu menghindari terjadinya human error atau kesalahan yang mungkin dilakukan oleh staf.

Kamu juga bisa melakukan pencatatan secara real-time karena setiap transaksi yang terjadi sudah otomatis disimpan oleh kasir portable. Hal ini memperkecil risiko terjadinya fraud atau penipuan.

Oleh karena itu, kamu harus memilih kasir portable yang berkualitas agar dapat membantu mengorganisir dan menangani tugas sehari-hari yang dilakukan dalam menjalankan usaha.

Sederhananya perangkat kasir portable ini dapat melakukan beberapa kegiatan seperti pemrosesan transaksi, pelaporan, analisis, pemasaran dan akuntansi pelanggan.

Yuk, Mulai Gunakan Kasir Portable Agar Operasional Pembayaran dalam Kegiatan Usaha Lebih Efektif!

Itulah penjelasan mengenai kasir portable, cara kerja dan fungsinya untuk membantu dalam proses transaksi usaha setiap harinya. Bagi kamu yang ingin upgrade dari kasir konvesional menjadi portable, bisa gunakan Youtap POS. Di mana sistem dalam aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang akan membantu melakukan pembayaran, pencatatan hingga analisis penjualan. 

Tak hanya itu saja, tapi dengan kasir portable, kamu juga dapat input pesanan secara online,  dan hal itu akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itulah, yuk mulai gunakan kasir portable agar bisa menyederhanakan operasional usaha. 

Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Share this:
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat